SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Peluang Usaha Makanan di Masa Pandemi yang Menjanjikan

Usaha dalam bidang kuliner sendiri terbilang sebagai salah satu bidang usaha yang jarang sekali mengalami kemunduran. Selagi masih ada manusia yang membutuhkan makanan ataupun minuman untuk membantu mereka bertahan hidup. Selain itu, adanya usaha makanan ini pun juga menjadi sebuah kabar baik juga untuk mereka yang tertarik dengan beragam olahan makanan. Namun, mereka tidak bisa mengolah makanan ataupun tidak mempunyai waktu untuk proses pengolahan tersebut. Kemudian, usaha kuliner pun kemudian menjadi salah satu pilihan untuk mereka yang seringkali beraktivitas harian ditemani oleh camilan ringan. Karena itulah, peluang usaha makanan di masa pandemi sekalipun tidak akan hancur walaupun kondisi ekonomi masyarakat Indonesia yang sayangnya semakin mengalami penurunan.

Pada waktu pandemi covid 19 lalu, banyak sekali masyarakat Indonesia yang berdiam saja dalam rumah mereka dan melakukan pemesanan makanan secara online. Hal itu mereka lakukan baik untuk menjaga Kesehatan langsung. Serta mematuhi dan menghormati protokol Kesehatan yang sudah menjadi aturan pemerintah. Sehingga, potensi ini menghadirkan sebuah peluang terhadap usaha kuliner yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Baik dalam bentuk makanan berat, ataupun juga camilan ringan agar semakin luas lagi target pasarnya. Nah, walaupun pandemi covid 19 sendiri sudah mengalami penurunan. Nyatanya, ada beberapa peluang usaha makanan di masa pandemi yang tetap bertahan hingga saat ini loh! Apa saja ya kira kira?

Peluang Usaha Makanan di Masa Pandemi, Pernahkah Anda Mencobanya

Peluang Usaha Makanan di Masa Pandemi, Pernahkah Anda Mencobanya?

Sayangnya, pandemi covid 19 tahun lalu sangat mempengaruhi kondisi perekonomian dan daya beli dari seluruh masyarakat Indonesia. Akan tetapi, ada juga beberapa dari mereka yang berhasil dalam membentuk sebuah peluang usaha makanan di masa pandemi. Hingga kekuatannya peluang usaha makanan ini pun dapat anda rasakan walaupun pandemi berakhir, banyak masyrakat Indonesia yang masih mencintai makanan tersebut. Seperti :

1. Kopi dan Susu Kemasan Botol

Pertama, peluang usaha makanan pasa masa pandemi dengan kopi dan susu kemasan botol. Usaha minuman sendiri memang akhir akhir ini mengalami berkembangan yang sangat besar dalam kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih lagi pandemi covid 19 yang mengharuskan banyak sekali café terpaksa tutup. Karena adanya larangan dine in yang menjadikan seluruh masyarakat dunia tidak dapat nongkrong pada area café. Sehingga, minuman seperti halnya susu dan kopi yang identik dengan suasana café ini. Secara otomatis tidak dapat masyarakat rasakan karena banyaknya café yang tutup akibat larangan dine in ini.

Sehingga, salah satu ide peluang usaha makanan di masa pandemi yang kemudian terlaksana ini. Adalah dengan memasukkan susu dan kopi tersebut dalam kemasan botol yang unik dan menarik. Selain itu, hal ini pun juga menjadikan minuman tersebut mempunyai nilai tambah lagi karena tampilan mereka yang unik. Terlebih lagi dengan kemasan mereka yang cukup menarik untuk dikoleksi juga. Sehingga, anda pun nantinya tidak hanya bersaing dengan memberikan rasa minuman terbaik saja untuk para konsumen. Melainkan, anda pun juga memberikan sebuah nilai tambah atau value melalui kemasan tersebut.

2. Frozen Food

Selanjutnya, peluang usaha makanan pasa masa pandemi dengan berjualan frozen food. Frozen food sendiri merupakan sebuah bentuk olahan makanan yang sangat popular pada kalangan masyarakat indoneisa. Karena Teknik pengolahan yang mudah, cepat, dan praktis, serta dapat mereka jadikan sebagai camilan ringan untuk menemani aktivitas harian dari masyarakat Indonesia tersebut. Selain itu, variasi dari frozen food pun juga mempunyai banyak sekali pilihan juga. Baik itu pentol, tahu bakso, nugget, ramen, sosi, kornet, tempura, ramen, dan lain lain.

Selain itu, harga dari frozen food yang murah ini pun juga menjadi salah satu alasan. Akan mengapa usaha ini terbilang sebagai peluang usaha makanan di masa pandemi yang cukup menjanjikan. Selain itu, konsumen pun akan lebih senang untuk membeli lagi produk frozen food anda apabila anda dapat menyediakan frozen food yang : berkualitas tinggi, pelayanan ramah tamah, kecepatan pengiriman yang tinggi, variasi produk yang beragam, dan lain sebagainya. Terlebih lagi jika anda memanfaatkan website yang teroptimasi penuh oleh konsultan SEO.

3. Daging Grill Serta Shabu Shabu

Apabila anda merupakan salah satu orang yang mempunyai minat dalam melakukan wisata kuliner ini. Maka, anda pun pastinya tidak akan asing lagi bukan dengan istilah daging grill maupun shabu shabu ini. Bahkan, beberapa orang sendiri pun tidak menjadikan pandemi ini sebagai sebuah alasan juga untuk berhenti menikmati kelezatan daging grill maupun shabu shabu ini. Sehingga, banyak dari mereka yang akhirnya rela untuk membeli sendiri peralatan bakar dan rebusan dari daging ini. Hanya untuk mendapatkan cita rasa dan suasana yang khas dari wisata kuliner ini.

Nah, hal ini pun pastinya dapat anda jadikan juga sebagai salah satu peluang usaha makanan di masa pandemi. Dengan memulai untuk menjual olahan grill dan shabu shabu yang dapat diolah sendiri secara praktis dan simple. Terlebih lagi mereka tidak harus memotong motong daging terlebih dahulu yang pastinya akan sangat melelahkan juga.

4. Sambal Kemasan

Umumnya, peluang usaha makanan di masa pandemi dari sambal kemasan ini sendiri akan sangat sesuai untuk mereka. Yang sangat mencintai makanan pedas, ataupun yang ingin makan pedas namun tidak ingin repot membuat sambal. Selain itu, ide peluang usaha makanan di masa pandemi sambal kemasan ini pun juga akan cocok untuk anda dalam menumbuhkan kreatifitas membuat sebuah variasi rasa sambal.

Perlu anda ketahui juga, Indonesia sendiri mempunyai banyak sekali variasi sambal yang berbeda dari setiap daerahnya masing masing. Sehingga, apabila anda merasa jago dalam membuat sebuah sambal khas daerah tertentu. Maka, anda pun dapat menjadikan ini sebagai nilai jual lagi dari sambal kemasan yang akan anda jual nantinya. Kemudian, untuk penggunaan kemasan sendiri, pastikan bahwa anda mempunyai kemasan yang aman dan tidak mudah untuk tumpah ataupun rusak.

Pastinya akan sangat merugikan bukan apabila sambal anda nanti akan rusak pada proses pengiriman? Karena itulah, pemilihan kemasan ini adalah salah satu hal yang tidak boleh anda sepelekan juga pemilihannya. Selain itu, kemasan yang baik pun juga akan berperan dalam menjaga kualitas dan cita rasa sambal agar lebih tahan lama untuk para konsumen anda.

5. Bahan Baku dan Resep

Nyatanya, ide dari usaha ini mungkin belum dapat anda temukan secara langsung dalam wilayah Indonesia sendiri. Akan tetapi, ide usaha ini sudah berkembang pesat loh untuk masyarakat luar negeri. Dengan menyediakan bahan baku dan resep ini sebagai peluang usaha makanan di masa pandemi. Anda nantinya akan mempersiapkan beragam bahan baku makanan.

Serta memberikan sebuah resep dan panduan bagaimana cara untuk mengolah bahan baku tersebut. Misalnya saja apabila anda ingin membuat pecel. Maka, anda dapat menyiapkan sayur sayuran, bumbu pecel, telur, kecamba, tahu, daging ayam, dan lain sebagainya untuk konsumen anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang