SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Mencari Peluang Usaha di Masa Pandemi, Masa Suram Berbisnis

Faktanya, perubahan yang sangat signifikan pada dunia bisnis yang terjadi akibat dari adanya serangan dari pandemi COVID 19 lalu. Menjadikan seluruh masyarakat Indonesia untuk berlomba lomba dalam mencari peluang usaha di masa pandemi. Karena, pandemi sendiri tidak hanya menyerang kehidupan dan gaya pribadi mereka sendiri pada tahun lalu. Melainkan, banyak sekali sektor dan aspek yang juga ikut terpengaruh, terlebih lagi pada sektor perekonomian dan daya jual masyarakat Indonesia.

Sehingga, sayang sekali banyak masyarakat Indonesia yang terpaksa berkurang penghasilannya ataupun tidak mendapatkan penghasilan sama sekali dengan adanya pandemi COVID 19 lalu. Karena itulah, mereka pun akhirnya mencari peluang usaha di masa pandemi untuk mengatasi permasalahan dalam sektor perekonomian tersebut. Selain itu, sering juga masyarakat Indonesia telah berhasil dalam mencari peluang usaha di masa pandemi ini. Akan tetapi, mereka masih saja terhalang dengan beberapa hal lain.

Mulai dari pengetahuan dan wawasan, pengalaman bisnis yang minim, kurangnya koneksi bisnis, kurang percaya diri, hingga pada modal usaha. Karena itulah, walaupun pandemi sendiri sudah mengalami penurunan yang cukup besar saat ini. Namun, karena perekonomian Indonesia sendiri belum pulih secara maksimal. Berikut adalah beberapa cara mencari peluang usaha di masa pandemi untuk membantu anda dalam persaingan dunia bisnis. Nah, apa saja kira kira?

Mencari Peluang Usaha di Masa Pandemi, Sudah Siapkah Bisnis Anda

Mencari Peluang Usaha di Masa Pandemi, Sudah Siapkah Bisnis Anda?

Memang, keinginan dalam memulai bisnis saat ataupun setelah pandemi ini sangatlah besar dalam kalangan masyarakat Indonesia. Sayangnya, realita sendiri umumnya tidak akan sejalan dengan ekspektasi yang anda miliki. Terlebih lagi untuk mereka yang baru baru ini mulai terjun dalam dunia bisnis tersebut. Karena itulah, ada baiknya juga apabila anda dapat memahami juga beberapa cara mencari peluang usaha di masa pandemi seperti berikut ini:

Perhatikan Terlebih Dahulu Potensi dan Peluang Bisnis

Pertama, mencari peluang usaha pada masa pandemi dengan memperhatikan potensi bisnis. Umumnya, sebuah bisnis sendiri dapat muncul karena mereka merupakan sebuah solusi dari permasalahan yang muncul. Sehingga, apabila anda berhasil dalam mendalami situasi dan kondisi sekitar yang sedang terjadi. Maka, anda pun nantinya akan lebih mudah lagi menemukan sebuah masalah masyarakat dan mempersiapkan solusi untuk mereka juga.

Dengan begitu, anda pun nantinya akan memperoleh sebuah peluang bisnis juga yang mempunyai potensi besar. Walaupun sedang terkendala oleh serangan pandemi COVID 19 ini. Kemudian, dalam mencari peluang usaha di masa pandemi ini. Pastikan juga bahwa anda tidak menjalankan sebuah bisnis yang hanya berjalan karena ada trend musiman saja ya!

Mempelajari Produk, Jasa, dan Usaha Anda

Kedua, mencari peluang usaha pada masa pandemi dengan mempelajari  seluk beluk usaha anda. Pastinya anda akan merasa setuju bukan? Bahwa gaya hidup masyarakat Indonesia sendiri sangat mengalami perubahan. Apabila anda bandingkan saat sebelum dan sesudah pandemi COVID 19 menyerang wilayah Indonesia. Sehingga, anda pun harus memperhatikan juga apakah produk maupun jasa yang anda tawarkan ini akan sesuai atau tidak dengan gaya hidup baru mereka.

Awalnya, anda dapat mencoba untuk mempelajari produk tersebut melalui informasi yang tersebar bebas pada internet. Atau, anda pun juga dapat menggunakan produk maupun jasa yang sudah tersedia sebelumnya. Namun anda berikan sebuah variasi dan inovasi agar lebih sesuai lagi dengan gaya hidup baru masyarakat Indonesia.

Pastikan Anda Mempunyai Bisnis yang Sesuai Modal

Ketiga, mempersiapkan modal. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, pandemi sendiri langsung berpengaruh pada daya beli dan juga penghasilan dari masyarakat Indonesia. Sehingga, dalam mencari peluang usaha di masa pandemi ini. Pastikan bahwa anda akan memulai dengan usaha yang mempunyai modal bersahabat ataupun tidak membutuhkan modal sama sekali. Bahkan, saat ini pun banyak sekali peluang bisnis yang memungkinkan walaupun tanpa modal ini. Mulai dari reseller, dropshipper, freelance, jasa penitipan, jasa kursus, dan lain sebagainya.

Jangan Lupa Peran Penting Sosial Media

Sosial media saat ini mempunyai peran yang sangat krusial dalam mendukung perkembangan langsung dari sebuah bisnis. Sehingga, dengan memanfaatkan beragam fitur dan perkembangan sosial media ini. Anda pun nantinya dapat membangun sebuah akun bisnis khusus yang berpusat pada strategi pemasaran dan promosi bisnis anda saja. Selain itu, anda pun juga dapat mencoba untuk menggunakan akun pribadi anda juga dalam proses promosi bisnis ini. Bahkan, website yang telah teroptimasi penuh oleh konsultan SEO pun juga masih saja membutuhkan peran sosial media ini.

Optimalkan Teknik ‘Mulut Ke Mulut’

Mulut ke mulut sendiri merupakan salah satu Teknik pemasaran jaman dahulu yang sampai sekarang pun tidak berkurang sedikit pun manfaat dan kegunaannya. Apabila anda ingin mencari peluang usaha di masa pandemi ini. Maka, Teknik mulut ke mulut sendiri merupakan salah satu hal penting yang harus anda gunakan juga. Awalnya, anda dapat mencoba untuk meminta kenalan, saudara, tetangga, dan juga kerabat anda untuk mempromosikan bisnis yang anda jalankan tersebut.

Onlinekan Produk Anda Dengan Marketplace

Apabila anda telah menggunakan platform sosial media dan Teknik pemasaran mulut ke mulut. Maka, Teknik selanjutnya yang dapat anda gunakan dalam mencari peluang usaha di masa pandemi ini adalah marketplace. Karena pandemi COVID 19 ini sangat membatasi interaksi antara manusia satu dengan manusia lainnya. Maka, mereka pun pastinya akan mulai untuk menjelajahi platform marketplace ini untuk menemukan sebuah produk ataupun jasa dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Terlebih lagi marketplace saat ini sudah mempunyai banyak sekali variasi yang dapat anda jadikan sebagai media promosi langsung untuk bisnis anda. Sehingga, anda pun hanya perlu membuat sebuah akun saja dan mulai untuk mempelajari fitur untuk mendapatkan hasil pasar yang maksimal. Selain itu, ada juga fitur iklan marketplace yang nantinya akan dapat mempeluas jangkauan pasar bisnis anda.

Selalu Utamakan Kreatifitas dan Inovasi Dalam Bisnis

Apabila anda mencari peluang usaha di masa pandemi ini, terlebih lagi untuk usaha yang bersifat jangka Panjang. Maka, kreatifitas dan inovasi anda akan menjadi senjata anda langsung untuk melakukan persaingan pasar terlebih dalam situasi setelah pandemi ini. Faktanya, sebuah bisnis yang berhasil berdiri dengan bermodalkan kreatifitas dan inovasi ini akan mempunyai peluang yang sangat besar loh untuk berhasil! Karena itulah, selalu tingkatkan lagi kreatifitas dan inovasi ini dengan menggali informasi langsung dari pasar bisnis anda.

Selalu Konsisten Terhadap Komitmen Bisnis Anda

Memang, mempunyai sebuah tujuan dan rencana untuk sukses dalam pandemi ini adalah sebuah hal yang sangat mudah. Namun, tingkat konsistensi terhadap komitmen sukses ini adalah satu hal yang nantinya sangat sulit untuk anda jaga nantinya. Terlebih lagi dunia bisnis sendiri merupakan sebuah dunia yang mempunyai kenaikan dan penurunan juga oleh para pelakunya. Sehingga, hal tersebut pun nantinya akan sangat mempengaruhi konsistensi dalam niat sukses tersebut. Karena itulah, apabila anda sudah bertekad untuk sukses dari awal. Pastikan bahwa sedikit kerugian dalam bisnis anda ini tidak menjadi sebuah rintangan untuk mengembangkan diri anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang