SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Peluang Menjanjikan Mata Kuliah Manajemen Bisnis Internasional!

Perlu anda ketahui sebelumnya, manajemen bisnis internasional adalah salah satu prodi perkuliahan yang akan mengajarkan mahasiswa. Untuk memahami berbagai macam tantangan dan rintangan dalam mengembangkan sebuah bisnis pada skala internasional. Sehingga, anda nantinya akan belajar berbagai macam hal dalam berbisnis internasional. Seperti etika serta hukum dalam menajalankan bisnis internasional.

Yang pastinya akan jauh berbeda dengan etika dan hukum bisnis dalam skala lokal. Selain itu, prodi manajemen bisnis internasional adalah sebuah prodi yang akan mengajarkan anda dalam membangun sebuah ide. Serta mendapatkan sebuah solusi dalam permasalahan ekonomi dan bisnis pada skala internasional.

Umumnya, manajemen bisnis internasional adalah sebuah prodi yang akan menggunakan dan melatih kemampuan anda dalam berbahasa Inggris untuk memulai kegiatan perkuliahan. Tenang saja, anda tidak harus menguasai Bahasa Inggris untuk memasuki prodi manajemen bisnis internasional ini. Melainkan, anda akan berlatih dan terus mengasah kemampuan komunikasi Bahasa Inggris anda hingga dapat menggunakannya dengan sempurna. Selain itu, prodi manajemen bisnis internasional ini juga seringkali bekerja sama dengan pihak perusahaan internasional. Yang nantinya dapat anda manfaatkan untuk memperoleh pengalaman dengan program magang, ataupun kerja melalui hubungan kerja sama tersebut.

Manajemen Bisnis Internasional, Bagaimana Peluang Kerjanya

Manajemen Bisnis Internasional, Bagaimana Peluang Kerjanya?

Perlu anda ketahui, lulusan dari prodi manajemen bisnis internasional adalah salah satu lulusan yang prospek kerjanya sangat menjanjikan dalam dunia kerja. Baik itu bergabung dengan organisasi internasional, perusahaan multinasional, perusahaan investasi, ekspor impor, dan lain lain. Bahkan, tingginya peluang ini juga didukung oleh negara Indonesia yang akan ikut serta dalam gabungan MEA atau Masyarakat Ekonomi Asia. Sebagai bentuk kerja sama ekonomi, antar negera Asia.

Sayangnya, hal ini juga dapat menjadikan MEA sebagai ancaman bagi para pelaku bisnis lokal dengan meningkatnya kompetisi dan persaingan. Karena itulah, anda akan membutuhkan banyak sekali kemampuan bisnis, dan salah satu jawaban dari permasalahan ini adalah dengan prodi manajemen bisnis internasional. Kemudian, apa saja yang menjadi prospek menjanjikan dari prodi manajemen bisnis internasional ini? Berikut pembahasannya!

Ekspor Impor

Ekspor impor sendiri sudah banyak sekali tersedia pada wilayah Indonesia. Bahkan, anda pun dapat mencoba jenis usaha ekspor impor ini secara mandiri tanpa bergabung dengan perusahaan apapun. Faktanya, banyak sekali pemuda Indonesia yang berhasil sukses dalam usaha ekspor impor ini walaupun mereka tidak memiliki pengalaman apapun sebelumnya. Nah, tertarik untuk memulai usaha ekspor impor anda sendiri?

Modal Ventura

Singkatnya, modal ventura sendiri merupakan jenis perusahan yang mirip dengan perusahaan investasi pada umumnya. Yakni, sebuah perusahaan modal ventura akan menanam saham pada sebuah perusahaan yang baru berdiri. Lalu mereka akan mendapatkan dana Kembali saat perusahaan tersebut berhasil sukses. Salah satu hal yang membedakan perusahaan modal ventura dengan perusahaan investasi pada umumnya adalah. Perusahaan modal ventura ini hadir untuk menyediakana dana, sedangkan perusahaan investasi hadir sebagai perantara.

Organisasi Internasional

Seperti Namanya, organisasi internasional adalah sebuah ogranisasi yang berasal dari masyarakat dari seluruh dunia. Yang terbentuk untuk mendiskusikan sebuah cara dalam mencapai target atau menyelesaikan permasalahan tertentu. Umumnya, organisasi internasional ini termasuk dalam sebuah perusahaan non profit. Namun, anda yang mendaftar sebagai anggota pada perusahaan ini akan mendapatkan sebuah gaji dan pendapatan individu.

Perusahaan Investasi

Pemerintah Indonesia sendiri sudah membuka pintu yang sangat lebar untuk perusahaan internasional dalam berinvestasi pada negara Indonesia. Bahkan, beberapa negara berkembang selain Indonesia pun saat ini ramai melakukan kompetisi untuk menarik perusahaan internasional agar segera berinvestasi pada negara mereka. Nah, dalam sistem investasi pada suatu negara ini, ada sebuah perusahaan penanaman modal. Yang akan mengatur penanaman modal dari sebuah perusahaan asing kepada beberapa pihak tertentu.

Sehingga, apabila anda merupakan salah satu lulusan manajemen bisnis internasional. Anda mungkin akan cocok dengan prospek kerja pada perusahaan investasi. Terlebih jika anda tertarik dan ahli pada bidang saham, obligasi, maupun juga investasi.

Analis Bisnis Internasional

Selanjutnya, prospek kerja dari manajemen bisnis internasional adalah dengan menjadi seorang analis bisnis internasional. Nantinya, peran anda adalah untuk memberikan sebuah evaluasi dan strategi untuk mengembangkan sebuah perusahaan. Agar perusahaan tersebut dapat terus bersaing dengan kompetitor dan tidak tertinggal. Analis bisnis internasional ini juga akan bertugas dalam beberapa aspek bisnis. Mulai dari memperhitungkan strategi, potensi, hambatan dan rintangan perusahaan, serta pembiayaan.

Manajer Perusahaan Multinasional

Ada juga prospek kerja dari lulusan manajemen bisnis internasional dengan profesi sebagai seorang manager dari perusahaan multinasioanal. Jika anda memutuskan untuk berkarir sebagai seorang manajer perusahaan multinasional ini. Maka, tugas anda nantinya adalah memastikan agar seluruh divisi perusahaan tersebut dapat bekerja sama secara optimal untuk mencapai target perusahaan yang telah ditetapkan.

Government Development

Tak hanya bekerja pada lingkup perusahaan swasta internasional saja. Melainkan, anda yang merupakan lulusan dari mata kuliah manajemen bisnis internasional juga memiliki peluang yang cukup besar dengan instansi pemerintah. Sebagai seorang government development internasional. Tugas anda nantinya adalah mengurus seluruh aktivitas pemerintah yang bersangkutan dengan dunia internasional. Mulai dari program sosial, pengembangan infrastruktur, ekonomi, bantuan asing, penanganan bencana, dan lain lain.

Manager Ekspor dan Impor

Selain dengan membangun bisnis ekspor impor sendiri, anda juga dapat menjadi seorang manager dalam perusahaan ekspor impor yang sudah professional. Karena perdagangan dengan sistem ekspor impor ini membutuhkan banyak sekali hal yang harus anda perhatikan. Maka, anda nantinya harus lebih teliti lagi dalam mengelola perusahaan ini. Peran anda sebagai seorang manager nantinya akan meliputi beberapa hal. Mulai dari memastikan arus barang, administrasi, pengelolaan hukum , perizinan, dan lain lain.

Peneliti Pasar

Peneliti pasar sendiri ternyata juga salah satu prospek pekerjaan yang cukup menjanjikan untuk para lulusan manajemen bisnis internasional. Sebagai seorang peneliti pasar, anda nantinya akan berperan untuk mencatat dan membukukan seluruh data dan informasi yang penting dalam mengembangkan sebuah bisnis. Mulai dari tren pasar, kondisi finansial, demografi, persaingan pasar, perilaku konsumen, dan lain lain. Perlu anda ingat, peneliti pasar dalam perusahaan internasional akan lebih menantang daripada perusahaan lokal.

Perusahaan Lisensi

Salah satu hal penting yang harus ada Ketika sebuah perusahaan ingin menginjakkan kaki pada negara lain adalah dengan mengurus perizinan atau lisensi. Sehingga, menjadi seorang manager pada perusahaan lisensi merupakan salah satu prospek kerja yang cukup menjanjikan untuk para lulusan manajemen bisnis internasional. Umumnya, anda akan sering berurusan dengan perusahaan yang bergerak pada bidang keuangan, franchise, retail hingga asuransi.

Konsultan Dagang dan Keuangan

Terakhir namun bukan akhir, prospek kerja dalam manajemen bisnis internasional adalah dengan menjadi seorang konsultan dagang dan keuangan. Nantinya anda akan betugas untuk membantu client dalam menganalisa masalah, dan memberikan mereka sebuah solusi untuk permasalahan tersebut.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang