SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Cara Memulai Usaha Dropship Tanpa Modal Hingga Sukses Besar!

Rasanya pada saat ini, tidak ada masyarakat Indonesia yang tidak tertarik untuk menjalankan usaha masing masing. Terlebih lagi untuk mereka yang sudah bosan dan jenuh menjadi seorang karyawan kantor, atau PNS. Sayangnya, dalam membangun usaha sendiri, banyak sekali masyarakat Indonesia yang terkendala dalam masalah pendanaan bisnis mereka. Sehingga, tak jarang juga mereka akhirnya mengurungkan niat membangun sebuah usaha sendiri. Tanpa mengetahui jika saat ini sudah ada cara memulai usaha dropship tanpa modal serta cukup menjanjikan.

Beruntungnya, beberapa waktu belakangan ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang sadar bahwa membangun bisnis. Tidak harus memiliki modal, ataupun juga koneksi yang sangat luas. Bahkan, beberapa kalangan remaja juga telah berhasil dalam memperoleh penghasilan, hanya dengan memanfaatkan peralatan se adanya saja. Inilah yang terkenal dengan jenis usaha dropship, yang pelakunya tidak membutuhkan modal sama sekali untuk memulai. Tak hanya itu, usaha dropship juga dapat anda lakukan darimana pun dan kapanpun itu juga semau anda.

Nah, apabila anda tertarik untuk memulai usaha dropship ini, ada beberapa cara memulai usaha dropship tanpa modal. Karena, dropship walaupun dapat berjalan tanpa modal, anda masih harus melakukan pengawasan serta memastikan. Agar anda tetap rutin mendapatkan penghasilan dari usaha tersebut. Tertarik mempelajari Teknik usaha ini?

Cara Memulai Usaha Dropship Tanpa Modal, Cocok Untuk Pemula Bisnis

Cara Memulai Usaha Dropship Tanpa Modal, Cocok Untuk Pemula Bisnis!

Setelah kita membahas singkat dengan jenis usaha dropship ini. Maka, Langkah selanjutnya adalah mempelajari bagaimana cara memulai usaha dropship tanpa modal. Agar anda dapat segera memulai usaha ini. Sama halnya dengan bisnis pada umumnya, dropship juga mengharuskan anda untuk selalu waspada terhadap kegagalan. Sekalipun bisnis ini dapat anda jalankan langsung tanpa membutuhkan modal. Nah, kira kira apa saja yang harus anda perhatikan dalam cara memulai usaha dropship tanpa modal ini?

Memilih Produk Jualan yang Sesuai Dengan Bisnis Anda

Pertama, dalam cara memulai usaha dropship tanpa modal adalah dengan memilih produk jualan yang sesuai dengan bisnis anda. Pastikan anda benar benar memilih sebuah produk yang dapat memperoleh penjualan sehari hari. Karena anda tidak akan mendapatkan keuntungan yang besar dalam usaha dropship ini. Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari terlebih dahulu produk yang akan anda jual. Karena nantinya anda juga harus memberikan informasi kepada calon konsumen mengenai produk tersebut.

Anda dapat memilih sebuah produk yang saat ini sedang menjadi trend dalam kalangan pengguna internet Indonesia. Agar anda dapat memperoleh penjualan yang cukup besar. Namun, jangan lupa Ketika anda memilih produk yang sedang trending tersebut. Akan ada banyak sekali kompetitor bisnis yang ikut serta menjual produk yang sama dengan anda. Ada baiknya juga anda mulai mencari sebuah produk yang sedang trending, namun jarang anda temukan orang yang menjual produk tersebut.

Kemudian, anda juga dapat menjual produk yang mungkin anda gunakan dalam kegiatan sehari hari. Sehingga, anda tidak harus menghadapi kompetisi pasar yang sangat ketat dalam menjual produk tersebut. Memang, kompetisi akan selalu ada tak peduli produk apapun yang akan anda jual nantinya. Jadi, cobalah untuk mencari produk yang lebih spesifik lagi untuk memperkecil tingkat kompetisi usaha dropship anda.

Menjalin Kerja Sama Dengan Supplier

Kedua, dalam cara memulai usaha dropship tanpa modal adalah dengan menjalin kerja sama dengan supplier yang produknya akan anda jual nantinya. Apabila anda mencari seorang supplier, jangan lupa untuk terus memperhatikan kualitas layanan serta Teknik pengiriman mereka. Karena, tak jarang juga banyak sekali usaha dropship yang gagal karena kesalahan pelakunya dalam memilih seorang supplier. Baik itu karena pengiriman produk yang sangat terlambat, atau kualitas produk yang kurang sesuai permintaan.

Jika anda menemukan seorang supplier melalui platform seperti website atau sosial media. Cobalah untuk melakukan background check terlebih dahulu. Sebelum anda menghubungi dan mengajak mereka untuk bekerja sama. Anda dapat mencari informasi mengenai proses mereka mendapatkan atau memproduksi barang, wilayah yang menjadi area penjualan mereka, serta hubungan mereka dengan pihak dropshipper lain. Selain itu, anda pun juga dapat mengajak tetangga sekitar, keluarga, ataupun teman kenalan anda jika mereka memiliki sebuah pabrik produksi tertentu.

Untuk menentukan seberapa tinggi kualitas supplier, anda dapat mencoba untuk membeli sebuah produk terlebih dahulu dari mereka. Pada bagian ini, cobalah untuk memperhatikan beberapa hal seperti kualitas produk yang anda dapatkan, serta lamanya waktu pengiriman mereka. Kemudian, anda mungkin dapat mencoba untuk mencari supplier alternatif lain, untuk anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum memulai kerja sama.

Memasang Harga Jual yang Bersahabat

Ketiga, cara memulai usaha dropship tanpa modal adalah memasang harga jual yang bersahabat. Jika anda berhasil menentukan produk serta memilih seorang supplier yang tepat. Selanjutnya, adalah memasang harga jual produk anda agar bersahabat dengan calon konsumen. Fase ini adalah fase yang harus anda perhatikan dengan baik karena harga jual merupakan pertimbangan penting. Seorang konsumen sebelum mereka membeli sesuatu, khususnya pada online shop yang menyediakan banyak sekali variasi produk. Perlu anda catat bahwa saat ini persaingan pada platform toko online sudah sangat ketat dan para pelaku usaha disana seringkali melakukan perang harga antara satu dengan lainnya.

Jangan selalu mengikuti trend perang harga dan kemudian memasang harga jual yang terlalu murah pada produk anda. Melainkan, pahami dulu kira kira berapa kisaran harga yang produk anda miliki, seberapa baik kualitas produk. Serta bagaimana kondisi perekonomian dari target pasar anda. Faktanya, produk yang harganya hanya berbeda 1 atau 2 ribu rupiah saja ternyata dapat mempengaruhi pilihan konsumen sebelum membeli sebuah produk.

Memilih Tempat Jualan Usaha Anda

Keempat, salah satu cara memulai usaha dropship tanpa modal yang harus anda perhatikan adalah pemilihan tempat jualan. Memang, anda dapat menjalankan usaha dropship ini secara online ataupun juga offline. Akan tetapi, anda yang menggunakan online shop akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Termasuk dalam modal usaha yang dapat anda tekan atau bahkan hilangkan jika menggunakan platform online.

Memasarkan Usaha Dropship Anda

Kelima, cara memulai usaha dropship tanpa modal adalah dengan memasarkan usaha. Percuma saja jika anda telah menyiapkan produk, supplier, toko online, serta harga yang sesuai untuk calon konsumen. Namun tidak ada sama sekali masyarakat Indonesia yang mengetahui toko anda tersebut. Karenanya, anda juga harus rutin memasarkan toko anda baik itu secara online ataupun offline. Untuk memperoleh hasil maksimal dari cara memulai usaha dropship tanpa modal ini.

Evaluasi Rutin

Terakhir namun bukan akhir, cara memulai usaha dropship tanpa modal yang tidak boleh anda lewatkan adalah evaluasi rutin. Tidak semua strategi usaha yang anda gunakan akan menghasilkan dampak yang positif pada usaha anda. Sehingga, cobalah untuk terus memperbarui dan memperbaiki lagi strategi tersebut agar penjualan anda benar benar maksimal. Selain itu, evaluasi juga dapat membantu anda, dalam menghadapi situasi pasar yang akan terus berubah ubah.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang