SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 13 Juni, 2024

Franchise Toko Bangunan, Potensi Bisnis yang Menjanjikan

Toko bangunan sendiri mungkin sudah menjadi salah satu bisnis yang banyak Anda temukan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Akan tetapi, pernahkah Anda mendengar istilah franchise toko bangunan? Jika sebelumnya franchise identik dengan kuliner, ekspedisi, travel, spa, apotek, dan karaoke saja. Maka saat ini tersedia 2 perusahaan besar yang menawarkan kemitraan franchise toko bangunan. Untuk membangun toko bahan bangunan dengan konsep yang jauh lebih modern.

Memang, franchise toko bangunan sendiri masih terbilang sangat sedikit, dan hanya 2 perusahaan besar saja yang berani membuka penawaran tersebut. Yakni Home Builders Center atau HBC, dan juga Solusi Rumah Mandiri dari PT Holcim. Karena toko bangunan sendiri membutuhkan modal yang tidak main main jumlahnya, maka kedua franchise toko bangunan ini pun memberlakukan persyaratan yang cukup ketat untuk para mitra yang ingin bergabung dengan kemitraan mereka. Hal tersebut tentunya dilakukan agar tidak sembarangan orang saja yang dapat bergabung menjadi mitra franchise toko bangunan.

Mitra membutuhkan pengetahuan khusus terlebih dahulu, terlebih lagi pada dunia bahan bangunan dan alat alat berat. Pasalnya, kedua franchise toko bangunan ini tidak hanya menjadi sebuah toko bahan bangunan secara tradisional saja. Akan tetapi, mereka juga berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan mereka. Memang benar, modal investasi dan persyaratan dari franchise toko bangunan ini cukup tinggi. Namun, ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan menjadi mitra dari waralaba toko bangunan. Yakni:

Keuntungan Menjanjikan Bermitra Dengan Franchise Toko Bangunan

Sebelumnya, kita telah membahas bahwa menjadi mitra dari franchise toko bangunan membutuhkan modal dan syarat yang cukup tinggi. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa syarat syarat tersebut nantinya akan membuahkan hasil yang sangat menguntungkan. Pasalnya, banyak sekali warga Indonesia yang tertarik dengan peluang dari toko bahan bangunan. Namun mereka terkendala dengan biaya yang cukup tinggi. Nah, apa saja kira kira keuntungan bermitra dengan waralaba toko bangunan? Inilah pembahasannya.

1. Material atau Bahan Bahan Toko Bangunan Tidak Bisa Kadarluasa

Keuntungan pertama dalam bermitra Bersama franchise toko bangunan adalah, barang barang yang Anda jual nantinya tidak akan pernah kadarluasa. Sehingga, Anda pun dapat menyimpan bahan material tersebut dalam waktu yang sangat lama, hingga Anda menemukan pembeli yang ingin membelinya.

Keuntungan dari waralaba toko bangunan ini tentunya akan sangat berbeda dengan franchise makanan atau bahkan pakaian. Yang mana kedua franchise tersebut produknya dapat mengalami kadarluasa jika terus saja disimpan dalam waktu yang lama.

Dengan peluang itulah, akhirnya banyak sekali warga Indonesia yang tertarik untuk menjalankan usaha toko bangunan mereka masing masing. Terlebih lagi karena mereka tidak harus buru buru menemukan pembeli pada produk jualan mereka.

2. Hampir Semua Material yang Terdapat Pada Toko Bangunan Harganya Stabil

Selain dengan produk jualan yang tidak bisa kadarluasa, keuntungan lain dari bermitra Bersama franchise toko bangunan adalah. Material bahan bangunan harganya cukup stabil di pasaran Indonesia.

Terlebih lagi, beberapa bahan material bangunan seperti semen, pipa cat, dan pasir sendiri memiliki harga yang akan selalu sama. Asalkan kualitas dan kondisi barang masih sama seperti awalnya. Itulah mengapa, bisa dikatakan bahwa barang barang dari waralaba toko bangunan memiliki umur yang cukup Panjang.

Nantinya, tugas Anda sebagai mitra dari waralaba toko bangunan adalah menemukan cara optimal untuk menjaga barang barang tersebut, sehingga tidak terjadi kerugian. Pastikan Anda menyimpan barang tersebut dengan baik agar mereka bisa bertahan lama dan harganya tidak menurun.

3. Jangkauan Pasar dari Toko Bangunan Itu Luas

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh warga Indonesia. Karenanya, peran dari toko bahan bangunan pun sangat penting bagi mereka yang ingin membangun rumah dan bangunan lainnya. Selain itu, Anda pun juga pastinya mengetahui bahwa bangunan sendiri membutuhkan proses perawatan yang juga membutuhkan biaya bukan? Dari sanalah, toko bangunan Anda pun masih akan tetap laku, sekalipun banyak warga Indonesia yang sudah memiliki rumah masing masing.

4. Hampir Semua Kalangan Warga Indonesia Mencari Toko Bangunan

Ada banyak sekali kebutuhan akan toko bangunan selain dengan membangun rumah saja. Mulai dari perbaikan jalan, pembuatan taman, pembuatan perabotan perabotan tertentu, dan lain lain. Karenanya, bisa dibilang hampir semua orang membutuhkan toko bangunan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Inilah Franchise Toko Bangunan yang Bisa Anda Jadikan Sebagai Mitra

1. Solusi Rumah

Pertama, adalah franchise toko bangunan Solusi Rumah. Untuk menjalin kerja sama dengan waralaba toko bangunan ini, Anda dapat mempersiapkan modal investasi sebesar Rp 50 juta apabila sudah memiliki toko bangunan. Hingga Rp 700 juta untuk Anda yang ingin paket usaha lengkap termasuk dengan kosnultasi pembangunan rumah. Dalam kemitraan waralaba toko bangunan Solusi Rumah, mitra akan memperoleh pelatihan lengkap, dan balik modal dalam kurun waktu 3.5 tahun saja. Hingga saat ini, tercatat ada lebih dari 90 outlet yang tersebar di pulau Jawa.

Seperti yang telah kita sebut sebelumnya, waralaba toko bangunan Solusi Rumah tidak hanya berperan sebagai toko bangunan tradisional saja. Akan tetapi, mereka juga memberikan layanan konsultasi pada warga Indonesia yang hendak membangun rumah. Selain mempercepat proses pembangunan, solusi rumah pun juga dapat memotong ongkos pembangunan rumah hingga lebih dari 20 persen.

2. Home Builder Center

Kedua, yaitu franchise toko bangunan Home Builder Center atau HBC. Brand yang satu ini menawarkan 3 pilihan paket usaha untuk calon mitra mereka. Dengan Paket A untuk bangunan supermarket seluas 200 meter persegi dengan modal investasi Rp 300 juta. Paket B unutk bangunan supermarket seluas 450 meter persegi dengan harga Rp 425 juta. Terakhir Paket C dengan luas bangunan 650 meter persegi dengan investasi senilai Rp 525 juta.

Fasilitas yang akan Anda peroleh pun juga bervarasi sesuai dengan paket usaha mana yang Anda pilih nantinya. Selain itu, modal investasi tersebut nantinya tidak termasuk dengan biaya sewa, namun sudah memuat seluruh kebutuhan toko nantinya. Termasuk juga dengan manajemen fee untuk 6 tahun senilai Rp 44 juta untuk Paket A, Rp 55 juta untuk Paket B, dan juga Rp 60.5 juta untuk Paket C. Lalu, modal tersebut juga termasuk perizinan, perlengkapan toko, pelatihan dan gaji karyawan, hingga renovasi toko.

Dengan sistem bagi hasil, pihak mitra akan memperoleh pembagian penghasilan sebesar 3.5 persen hingga 6.5 persen omset per bulan. Apabila outlet bisa memperoleh omset sebesar Rp 300 juta per bulan. Mitra pun dapat memperoleh keuntungan bersih hingga Rp 19.5 juta, dan balik modal dalam kurun waktu 21 bulan.

Analisa Usaha dari Kemitraan Franchise Toko Bangunan

Modal Investasi dan Paket Usaha

Franchise toko bangunan menawarkan berbagai paket usaha dengan kisaran modal investasi sebagai berikut:

  • Paket dasar: Rp 50 juta hingga Rp 300 juta.
  • Paket menengah: Rp 425 juta.
  • Paket lengkap: Hingga Rp 700 juta.

Periode Balik Modal (BEP)

Periode balik modal: Antara 21 bulan hingga 3,5 tahun, tergantung pada jenis paket dan performa toko.

Potensi Penghasilan

  • Potensi penghasilan bersih: Hingga Rp 19,5 juta per bulan dengan omset toko mencapai Rp 300 juta per bulan.
  • Pembagian hasil: Mitra dapat memperoleh 3,5% hingga 6,5% dari omset per bulan.

Fasilitas dan Perlengkapan yang Diperoleh Mitra

  • Perlengkapan toko: Termasuk renovasi toko, perizinan, dan perlengkapan toko.
  • Pelatihan dan manajemen: Pelatihan untuk karyawan, gaji karyawan selama masa awal, serta manajemen fee yang bervariasi sesuai dengan paket.
  • Layanan tambahan: Beberapa franchise juga menyediakan layanan konsultasi pembangunan rumah, yang membantu mempercepat proses dan mengurangi biaya pembangunan hingga 20%.

Syarat Pendaftaran

  • Modal investasi: Sesuai dengan paket yang dipilih, mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 700 juta.
  • Lokasi: Menyediakan atau menyewa tempat dengan luas yang bervariasi (200 m² hingga 650 m²).
  • Biaya tambahan: Termasuk biaya sewa tempat jika tidak memiliki toko sendiri, dan manajemen fee untuk beberapa tahun pertama.

Keunggulan

  • Pelatihan lengkap: Mitra akan memperoleh pelatihan operasional dan manajerial.
  • Jaringan luas: Banyak franchise telah memiliki jaringan outlet yang tersebar luas, terutama di Pulau Jawa.
  • Pendapatan cepat: Potensi balik modal yang relatif cepat membuat investasi ini menarik.

Ingin Memiliki Sebuah Bisnis? Daftarkan Diri Anda Sebagai Mitra Franchise

Hubungi Sekarang