SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 5 Juni, 2024

Franchise Spaghetti, Peluang Bisnis Kuliner Menjanjikan dari Italia

Konsep franchise spaghetti berhasil menjadi sebuah fenomena kuliner yang menarik selera di seluruh warga Indonesia. Makanan lezat khas Italia ini terkenal dengan bentuk helai pasta yang panjang dan ramping. Yang disiram dengan saus yang lezat dan beraroma. Menjadikannya sebagai salah satu makanan favorit di masyarakat di berbagai belahan dunia.

Mulai dari jalanan yang ramai di daerah kota, hingga di daerah pinggiran desa, saat ini cukup banyak ditemukan outlet franchise spaghetti. Dengan pengunjung yang juga tidak main main jumlahnya. Dengan iringan saus yang khas seperti alfredo yang kirim, saus marinara klasik, atau arrabbiata yang pedas, serta berbagai inovasi saus lokal lainnya. Franchise spaghetti telah berhasil menarik minat dari warga Indonesia.

Karenanya, bagi Anda yang tidak ingin tertinggal dari potensi menjanjikan makanan khas Italia yang satu ini. Berikut adalah beberapa rekomendasi franchise spaghetti yang bisa Anda jadikan sebagai ide untuk memulai bisnis.

Jangan Bingung, Inilah Beberapa Rekomendasi Franchise Spaghetti Menjanjikan

1. Choky Spaghetti

Pertama, yakni franchise Choky Spaghetti. Brand yang satu ini pertama kali beroperasi pada tahun 2018 lalu. Dengan menu utama mereka yang berupa spaghetti steak pedas, yang ternyata berhasil menarik perhatian dari warga Indonesia. Dengan omset yang terus tumbuh dari waktu ke waktu.

Selama kurang lebih 5 tahun beroperasi, franchise Choky Spaghetti telah menghadirkan beragam menu dan resep lezat lainnya. Serta terus mengembangkan strategi marketing, sistem operasional yang efektif, memaksimalkan SOP, memperluang jaringan kerja sama bisnis, serta mengembangkan tim kreatif mereka.

Hingga kini, telah tersedia lebih dari 15 outlet franchise Choky Spaghetti, yang tersedia di beberapa kota besar Indonesia seperti halnya Yogyakarta dan Magelang. Bagi Anda yang ingin menjalin kemitraan bersama franchise Choky Spaghetti, Anda dapat mempersiapkan modal investasi senilai Rp 65 juta terlebih dahulu. Dan Anda pun berkesempatan untuk memperoleh omset hingga Rp 7 juta per bulannya.

2. Bella Pasta

Kedua, yaitu franchise spaghetti Bella Pasta. Tak hanya menawarkan konsep menu makanan on the go saja, waralaba spaghetti Bella Pasta juga menyediakan hiding pasta Italia klasik yang disajikan dengan kemasan cone. Sehingga pembeli dapat menikmati pasta tersebut kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Mengambil konsep gaya hidup kekinian yang serba cepat, penuh kesibukan, dan dinamis. Akhirnya waralaba spaghetti Bella Pasta menggunakan ide dari orang Italia dalam menyajikan makanan di era tahun 50 an yang lalu. Dan mencoba untuk mengenalkannya ke warga Indonesia dengan sebutan budaya eat pasta live fasta.

Ada banyak sekali pilihan menu yang bisa pembeli temukan dalam waralaba spaghetti Bella Pasta. Mulai dari Fettucini Carbonara, Fettuciniafredo, Spagetti bolognesse, Spagettiaglio E Olio, Spagetti Spicy Tuna, Spagetti Spicy Chicken.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi mitra dari waralaba spaghetti Bella Pasta. Anda dapat mempersiapkan modal investasi senilai Rp 30 juta terlebih dahulu untuk 1 paket booth, bahan baku awal, dan hak penggunaan brand. Tenang saja, karena pihak pusat akan memberikan Anda bantuan dalam distribusi bahan baku, pendampingan usaha, dan juga cara untuk mempertahankan kualitas produk.

Satu hal yang harus Anda ingat dalam kemitraan waralaba spaghetti Bella Pasta yakni mitra wajib membayar biaya sebesar Rp 500 ribu per bulan untuk license fee di tahun pertama. Dan senilai Rp 1 juta per bulan di tahun kedua. Apabila bisnis mitra dirasa sudah berhasil, maka mitra nantinya akan mulai diterapkan sistem bagi hasil.

3. Demen Spaghetti

Ketiga, yakni franchise Demen Spaghetti. Hingga saat ini, tercatat ada sekitar 5 outlet Demen Spaghetti yang berada di wilayah Jawa Barat. Berbeda dengan beberapa restoran spaghetti lainnya yang berusaha untuk membawa cita rasa khas negara Italia, franchise Demen Spaghetti berusaha untuk berinovasi dengan menghadirkan cita rasa lokal.

Untuk Anda yang tertarik untuk menjalin kemitraan dengan franchise Demen Spaghetti, ada 2 pilihan paket usaha yang bisa Anda pertimbangkan. Paket pertama adalah paket senilai Rp 35 juta, dengan kontrak kerja sama untuk 5 tahun. Nantinya, mitra franchise Demen Spaghetti akan memperoleh berbagai macam fasilitas usaha seperti booth, peralatan masak lengkap, kulkas satu pintu, bahan baku awal, dan lain lain.

Kemudian, ada juga paket investasi kedua dengan harga senilai Rp 60 juta. Dalam paket usaha ini, mitra franchise Demen Spaghetti dapat membuka dua outlet sekaligus. Serta memperoleh fasilitas usaha yang sama dengan paket sebelumnya. Bedanya, dalam paket usaha ini mitra akan memperoleh karting biaya senilai Rp 10 juta.

Franchise Demen Spaghetti memperkirakan mitra dapat memperoleh omset Rp 800 ribu, hingga Rp 1 juta per hari untuk setiap outletnya. Sehingga, mitra yang memilih paket kedua tentunya dapat memperoleh hasil dua kali lipat dari perhitungan tersebut. Dengan perhitungan tadi, mitra diperkirakan dapat memperoleh balik modal selama 5 hingga 6 bulan lamanya. Selain itu, mitra juga wajib untuk membayar franchise fee sebesar 2 persen per tahun, dari total harga investasi awal.

4. Pasta Kangen

Terakhir namun bukan akhir, adalah franchise spaghetti Pasta Kangen. Brand ini mungkin akan jauh berbeda dengan beberapa waralaba spaghetti lainnya. Yang mana Pasta Kangen adalah sebuah brand bisnis komunitas pertama yang hadir di Indonesia. Maksudnya, seluruh mitra dan anggota mereka akan Bersatu padu menjadi sebuah keluarga besar yang saling bahu membahu.

Melalui berbagai macam trial dan error untuk menemukan konsep bisnis franchise spaghetti yang sempurna. Pasta Kangen akhirnya menemukan sebuah solusi bagi seluruh permasalahan pelaku bisnis kuliner di Indonesia. Menjadikan Pasta Kangen memiliki perkembangan yang sangat pesat walaupun baru saja berdiri dalam beberapa waktu saja sebelumnya.

Pasalnya, hanya dalam kurun waktu 3 tahun saja, waralaba spaghetti Pasta Kangen telah memiliki lebih dari 450 outlet yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Karena itulah, bisa dikatakan bahwa franchise spaghetti ini sudah berhasil menumbuhkan semangat dan ketertarikan dari warga Indonesia. Terutama dalam bidang bisnis kuliner kekinian.

Bagi Anda yang ingin menjadi anggota keluarga dari waralaba spaghetti Pasta Kangen, ada beberapa pilihan paket usaha yang bisa Anda pertimbangkan. Berikut adalah rincian paket usaha dari franchise spaghetti Pasta Kangen, serta modal investasi yang Anda butuhkan:

  1. Paket Small, mulai dari harga senilai Rp 99.6 juta, hingga Rp 189.8 juta tergantung varian;
  2. Paket Medium, mulai dari harga senilai Rp 299.0 juta, hingga Rp 496 juta tergantung dari varian;
  3. Paket Large, mulai dari harga senilai Rp 796 juta, hingga Rp 2.7 milyar tergantung dari varian yang dipilih.

Dari setiap paket tersebut, ada masing masing 3 varian, yang bisa Anda dapatkan informasinya lebih lanjut setelah menghubungi pihak pusat secara langsung.

Analisa Usaha dari Kemitraan Franchise Spaghetti

Perkiraan Break-Even Point (BEP)

Rata-rata BEP: Franchise spaghetti umumnya mencapai BEP dalam waktu 5 hingga 6 bulan, tergantung pada lokasi, manajemen operasional, dan efektivitas promosi.

Potensi Penghasilan

  • Estimasi Penghasilan: Potensi penghasilan dari franchise spaghetti bervariasi, dengan beberapa franchise melaporkan omset hingga Rp 7 juta per bulan untuk satu outlet, dan bahkan lebih tinggi dengan pengembangan lebih lanjut.
  • Omset Harian: Franchise yang sukses dapat memperoleh omset harian antara Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta per outlet.

Fasilitas atau Perlengkapan Usaha

Mitra dari franchise spaghetti biasanya menerima fasilitas berikut:

Peralatan dan Bahan Baku:

  • Booth dan peralatan masak lengkap
  • Kulkas satu pintu
  • Bahan baku awal

Pendampingan Usaha:

  • Distribusi bahan baku
  • Pendampingan dan konsultasi operasional
  • Dukungan marketing dan branding

Sistem Operasional:

  • Standar Operasional Prosedur (SOP) yang efektif
  • Sistem manajemen bisnis yang teruji

Syarat Pendaftaran Mitra

Beberapa syarat umum untuk menjadi mitra waralaba spaghetti meliputi:

Modal Investasi:

  • Persiapan modal investasi sesuai dengan paket yang dipilih

Lokasi Usaha:

  • Lokasi strategis yang mendukung konsep brand

Komitmen:

  • Komitmen dalam menjalankan bisnis dan mengikuti standar operasional yang ditetapkan oleh franchise

Harga Paket Usaha

Harga paket usaha untuk waralaba spaghetti biasanya bervariasi, dengan contoh berikut:

  • Paket Kecil: Mulai dari Rp 30 juta hingga Rp 65 juta
  • Paket Menengah: Mulai dari Rp 99.6 juta hingga Rp 496 juta
  • Paket Besar: Mulai dari Rp 796 juta hingga Rp 2.7 milyar

Cara Mendaftar Sebagai Mitra

Untuk mendaftar sebagai mitra waralaba spaghetti, calon mitra dapat menghubungi franchise melalui media sosial atau email bisnis yang disediakan oleh pihak pusat. Proses pendaftaran biasanya melibatkan pengisian formulir aplikasi dan persiapan tempat usaha yang memenuhi syarat.

Keuntungan Menjadi Mitra

Ada beberapa keuntungan untuk menjadi mitra franchise spaghetti:

  • Dukungan Berkelanjutan: Dukungan dari pihak pusat untuk perizinan usaha dan operasional
  • Peralatan dan Bahan Baku: Peralatan masak lengkap dan bahan baku berkualitas tinggi
  • Sistem Operasional: SOP yang efektif dan sistem manajemen bisnis yang teruji
  • Brand Recognition: Manfaat dari popularitas dan pengakuan brand yang sudah terkenal di kalangan pecinta pasta

Ingin Memiliki Sebuah Bisnis? Daftarkan Diri Anda Sebagai Mitra Franchise

Hubungi Sekarang