SupportStartup

Digital Marketing Landing Page yang Optimal Untuk Menambah Penjualan

Dalam dunia bisnis dengan teknik digital marketing, landing page ini merupakan salah satu hal penting yang dapat membantu penjualan bisnis. Akan tetapi, sayangnya banyak sekali pebisnis pemula yang tidak terlalu memahami apa itu sebenarnya halaman landasan. Selain itu, mereka juga tidak mengetahui manfaat yang akan mereka dapatkan dengan menggunakan halaman landasan ini sebagai strategi digital marketing, terlebih lagi jika mereka menerima bantuan dari digital konsultan marketing. Karena itulah, artikel ini akan membahas tuntas tentang landing page, tata cara membuat landing page di web wordpress, paket landing page blogspot, dan juga jasa copywriting landing page. Agar anda mampu meningkatkan penjualan bisnis anda.

Sebelumnya, penerapan teknik digital marketing online untuk bisnis ini bukanlah hal yang dapat dengan mudah diterapkan oleh semua orang. Walaupun seorang pebisnis tersebut telah mempunyai sebuah toko online, sering kali ia tidak mengetahui strategi apa lagi yang harus ia terapkan. Karena itulah, digital marketing ini merupakan teknik yang sedikit “tricky” penerapannya dalam dunia bisnis. Banyak sekali berbagai macam aspek yang harus dipahami oleh seorang pebisnis untuk mendapatkan strategi yang optimal dan efektif. Nah, halaman landasan inilah yang tergolong dalam salah satu strategi tersebut. Dengan begitu, anda pun juga harus benar benar mengetahui berbagai macam hal dari landing page ini. Mulai dari jenisnya, manfaat, cara pembuatan, hingga beberapa layanan seperti jasa copywriting landing page & paket landing page blogspot. Selanjutnya, anda pun dapat mengetahui landing page mana yang nantinya akan sesuai untuk anda gunakan dalam bisnis.

infografis digital marketing landing page

Akan tetapi, Apa Sebenarnya Marketing Digital Landing Page Itu?

Umumnya, digital marketing landing page ini merupakan sebuah halaman website yang mempunyai desain khusus yang mengedepankan unsur marketing. Karenanya, peran landing page inipun sangatlah penting bagi pemasar seperti konsultan internet marketing. Kemudian, anda mungkin pernah melihat sebuah iklan pada aplikasi youtube yang muncul sebelum sebuah video mulai. Selanjutnya, apabila anda mengklik iklan tersebut, seringkali anda akan diarahkan menuju sebuah halaman dari suatu website. Halaman itulah yang biasanya disebut sebagai halaman landasan. Singkatnya, halaman itu tadi merupakan sebuah halaman yang akan ditampilkan untuk pengguna internet apabila mereka memasuki sebuah website. Baik itu mereka masuk melalui hasil pencarian, ataupun melalui iklan tadi.

Selanjutnya, anda mungkin akan berpikir bahwa halaman landasan ini mengapa mempunyai sebuah kesamaan dengan halaman utama (homepage). Nah, pada umumnya, marketing digital landing page ini memang mempunyai satu atau dua hal yang sama dengan sebuah homepage. Akan tetapi, anda tentunya akan melihat sebuah perbedaan juga apabila anda membandingkan kedua halaman tersebut secara langsung. Baik dengan peran ataupun tata cara membuat landing page di web wordpress. Kemudian, selain membandingkan secara langsung, anda juga dapat menemukan sebuah perbedaan dari kedua jenis halaman tersebut dengan menggunakan hasil pencarian dari search engine.

Anda mungkin sering melihat sebuah hasil pencarian Google yang sering sekali mengedepankan layanan iklan mereka dengan posisi pertama hingga ketiga. Selanjutnya, hasil pencarian tersebut nantinya akan berlanjut dengan beberapa featured snippets dan dibawahnya lagi anda akan menemukan beberapa hasil pencarian organik lainnya yang telah teroptimasi dengan maksimal oleh konsultan analisa website SEO. Pada umumnya, hasil pencarian organik dan beberapa featured snippets ini merupakan hal yang akan sulit anda kalahkan posisinya. Akan tetapi, hal tersebut juga tergantung dengan seberapa baik optimasi yang diberikan pemilik website tersebut kepada halaman yang menempati peringkat pertama itu. Optimasi itu tentunya merupakan sebuah optimasi SEO baik Off Page maupun On Page yang merupakan sebuah strategi lain dalam teknik digital marketing. Akan tetapi, tak jarang juga sebuah mesin pencari akan memberikan hasil pencarian yang “random” yang mempunyai keterkaitan dengan keyword yang anda masukkan.

Hal tersebut tentunya akan sangat berbeda dengan proses pemberian peringkat pencarian yang terjadi dengan paid result atau layanan iklan. Singkatnya, dengan layanan iklan ini. Anda dapat mempersiapkan sebuah halaman website khusus yang mempunyai fungsi dan peran yang unik juga. Sebagai contohnya, seorang pengguna internet ini akan membuat sebuah logo untuk bisnis nya. Kemudian, ia pun akan memasukkan sebuah keyword yang berkaitan dengan jasa pembuatan website tersebut. Dengan begitu, Google pun akan memberikan beberapa pilihan hasil penelusuran yang sesuai dengan keyword pengguna internet tersebut. Saat itulah, anda dapat menggunakan layanan iklan seperti Google ads ini yang dapat menunjukkan portfolio dan beberapa riwayat kerja anda dalam jasa pembuatan logo perusahaan. Dengan begitu, orang yang mencari jasa tersebut dapat tertarik untuk menggunakan jasa atau bahkan bekerja sama dengan perusahaan/bisnis anda.

Secara keseluruhan, homepage ini merupakan sebuah halaman yang mempunyai tugas yang bersifat umum dalam sebuah website. Sedangkan untuk halaman landasan sendiri, lebih mempunyai tugas yang spesifik lagi dalam suatu website. Karena itulah, website dan landing page mempunyai tata cara membuat landing page di web wordpress yang berbeda satu sama lain. Selanjutnya, anda juga dapat membayangkan bahwa sebuah website ini merupakan majalah yang berisi tentang informasi bisnis anda. Homepage ini akan berperan sebagai sebuah cover majalah tersebut yang berfungsi untuk menarik perhatian pengguna internet. Sedangkan, halaman landasan ini lebih mengarah kepada sebuah salah satu halaman yang berisi tentang salah satu topik tertentu. Dengan begitu, pebisnis pun akan lebih berminat lagi dalam membaca konten pada halaman tersebut. Kemudian, karena halaman landasan ini sangat pouler, maka saat ini pun banyak tersedia jasa landing page.

Peran yang Dimiliki Marketing Digital Landing Page Untuk Bisnis Anda

Sesuai dengan pembahasan tadi, dapat disimpulkan bahwa halaman landasan ini berperan untuk menarik perhatian customer kedalam bisnis anda. Terlebih lagi jika anda menggunakan jasa copywriting yang profesional. Selain itu, landing page sendiri juga akan dapat mengumpulkan berbagai macam data calon customer potensial yang dapat anda Kelola hingga menjadi customer anda. Akan tetapi, anda mungkin juga akan berpikir mengapa kita harus dengan susah payah mengumpulkan berbagai macam data calon customer tersebut. Nah, data tersebut tentunya merupakan sebuah aset terpenting dalam bisnis anda untuk menghindari hilangnya customer anda nantinya.

Selanjutnya, halaman landasan  sendiri juga sering kali berguna untuk memudahkan pengunjung website anda apabila mereka ingin melakukan sebuah transaksi. Dengan penggunaan marketing digital landing page ini. Calon customer anda pun tidak perlu bersusah payah untuk menemukan sebuah tombol apabila mereka tertarik dengan salah satu produk maupun jasa. Selain itu, mereka pun juga dapat terbebas dengan segala hal yang dapat mengalihkan perhatian mereka pada hal lain. Karena itulah, banyak sekali konsultan digital marketing yang menyukai peranan landing page ini.

Kemudian, pengalihan perhatian pengunjung website ini merupakan hal yang sangat penting untuk anda perhatikan. Dengan jumlah pengalihan yang sedikit dan alur membaca yang lebih “lurus” lagi dengan jasa copywriting. Pengunjung website pun dapat menikmati konten yang tersedia pada sebuah halaman website anda dan persentase dari bounce rate dapat berkurang. Singkatnya, bisnis anda dapat lebih cepat dalam memperoleh keutungan melalui website. Karena itulah, halaman landasan ini merupakan salah satu elemen penting dalam proses mempromosikan bisnis anda dengan digital marketing. Akan tetapi, anda tentunya tidak dapat membuat sebuah landing page ini dengan sembarang. Ada beberapa landing page yang mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda antara satu sama lain. Karena itulah, anda juga harus menentukan landing page mana yang lebih sesuai dengan bisnis anda. Kemudian, anda pun dapat langsung membuat halaman landasan tersebut apabila anda telah memiliki ilmu dari kursus online digital marketing. Atau, anda dapat menggunakan jasa paket landing page blogspot & jasa copywriting landing page.

Memilih Tipe Marketing Digital Landing Page yang Sesuai Dengan Bisnis Anda

Lead Generation Marketing Digital Landing Page

Sesuai dengan namanya, landing page jenis ini berperan sebagai penghasil lead atau data calon customer untuk bisnis anda. Pada umumnya, landing page ini akan mempunyai tampilan berupa formulir yang tersedia pada halaman tersebut. Dengan begitu, anda mempunyai peluang yang besar dalam mendapatkan data tersebut, seringkali seperti nama pengunjung website dan juga alamat email.

Selanjutnya, data tersebut pun dapat anda Kelola dengan baik agar calon customer tersebut dapat menjadi seorang customer untuk bisnis anda. Kemudian, salah satu cara yang sering digunakan pada fase ini adalah email marketing. Dengan email marketing ini, anda dapat memberikan informasi tentang beragam promo dan produk terbaru dalam bisnis anda. Selain itu, anda pun juga dapat memberikan berbagai macam konten yang menarik untuk mendapatkan perhatian calon customer anda.

Bahkan, marketing digital landing page lead generation ini juga dapat anda manfaatkan juga dalam strategi bisnis B2B. Tak hanya itu, anda pun juga menerapkan strategi yang sama apabila anda membuka sebuah layanan dan jasa yang mempunyai tarif ongkos yang terbilang cukup tinggi. Seperti jasa pembuatan  website company profile contohnya.

Click Through Marketing Digital Landing Page

Setelah lead generation, terdapat juga jenis click through marketing digital landing page. Dengan jenis halaman landasan ini. Anda dapat dengan mudah untuk mengarahkan calon customer anda untuk melakukan sebuah transaksi pada halaman tertentu. Selanjutnya, anda juga akan menemukan berbagai macam tombol yang bertuliskan “Beli sekarang”, “Tambahkan ke keranjang”, dan lain sebagainya.

Kemudian, sesuai dengan tampilannya, halaman landasan click through ini sangat cocok sekali apabila anda gunakan dalam website e-commerce atau bisnis B2C. Minimnya berbagai macam pengalihan seperti tombol yang dapat berpindah pada halaman lain dan juga inbound link akan dapat menjaga fokus calon customer anda untuk mempercepat proses transaksi.

Karena itulah, anda sendiri harus memperhatikan jenis marketing digital landing mana yang sesuai dengan bisnis anda. Jangan menggunakan sebuah halaman landasan yang tidak sesuai dengan tujuan yang dapat menurunkan peluang anda dalam mendapatkan customer. Apabila anda masih bingung dalam memilih landing page ini, anda pun dapat mencoba untuk mengikuti sebuah kursus online murah terlebih dahulu untuk memahami landing page ini.

Panduan Dalam Pembuatan Halaman Landasan

Karena halaman landasan ini merupakan salah satu bagian dari sebuah website. Maka anda yang paham tentang ilmu coding dan website pun dapat dengan mudah memahami tata cara membuat landing page di web wordpress ini. Akan tetapi, anda tentunya juga harus mempelajari sedikit ilmu pakar digital marketing karena seperti pembahasan sebelumnya. Halaman landasan ini merupakan sebuah halaman yang terbentuk berdasarkan ilmu marketing. Selanjutnya, anda yang masih baru dalam dunia website dan coding juga tidak perlu khawatir pada tata cara membuat landing page di web wordpress. Karena, CMS wordpress saat ini juga telah banyak berkembang.

Dengan menggunakan CMS wordpress ini, anda dapat memanfaatkan salah satu plugin website builder yang tersedia saat ini. Seperti : guttenberg, elementor, divi, oxygen, beaver builder, dan lain sebagainya. Setelah itu, anda dapat melakukan konfigurasi pengaturan untuk anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Dengan begitu, anda pun telah siap untuk membuat sebuat halaman landasan.

Setelah proses pengaturan tadi selesai, anda pun dapat mencoba untuk membuat sebuah kerangka atau desain dasar dari halaman landasan anda. Setelah itu, anda dapat menuju pada halaman “pages” pada dashboard wordpress dan langsung saja menekan tombol “add new” yang tersedia. Selanjutnya, anda dapat melakukan eksperimen dengan menggunakan berbagai macam tema dan yang tersedia. Akan tetapi, anda juga harus selalu waspada karena beberapa tema wordpress tidak selalu kompatibel dengan plugin website builder yang anda gunakan.

Apabila anda tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan desain dan penataan halaman. Anda pun dapat dengan langsung menggunakan template desain yang tersedia baik dari tema yang anda gunakan, atau dari plugin website builder itu sendiri. Anda juga tidak perlu khawatir karena template yang tersedia tersebut mempunyai berbagai macam variasi yang berbeda juga. Selain itu, anda juga bisa melihat hasil desain anda dengan fitur “preview” sebelum anda mempublikasikannnya.

Setelah anda selesai dalam pembuatan desain dan tata letak. Maka langkah selanjutnya adalah mengisi desain tersebut dengan berbagai macam konten. Dengan bantuan plugin page builder tadi, anda pun dapat mudah untuk mengisi konten halaman tersebut. Selain itu, anda pun juga dapat menambahkan berbagai macam elemen untuk melengkapi dan menyempurnakan halaman landasan tersebut.

Selanjutnya, adalah proses pengaturan warna, gaya tulisan, dan berbagai macam lainnya untuk menyempurnakan desain anda. Selain itu, anda juga dapat memberikan berbagai macam fitur lainnya seperti gambar, audio, bahkan video yang dapat menarik perhatian pengunjung website anda. Setelah itu, anda pun dapat menyimpan hasil desain tersebut atau memilih untuk mempublikasikannya secara langsung.

Akan tetapi, desain dan pengisian konten saja tidaklah cukup untuk halaman landasan anda. Berbagai macam tombol “Call To Action” atau CTA sendiri harus anda optimasikan juga agar pengunjung anda lebih terarah lagi dalam membaca halaman tersebut. Dengan begitu, anda pun dapat meningkatkan tingkat konversi website anda dengan menggunakan tombol CTA yang teroptimasi. Selain itu, tombol CTA ini juga dapat mempermudah pengunjung website anda apabila mereka telah melakukan untuk membeli produk yang anda tawarkan tersebut. Akan tetapi, apabila anda tidak mempunyai waktu. Tentunya anda dapat dengan mudah menggunakan jasa paket landing page blogspot & jasa copywriting landing page untuk meringankan tugas anda.

Hal yang Perlu Anda Lakukan Setelah Pembuatan Halaman Landasan

Selesai membuat sebuah halaman landasan ataupun jasa paket landing page blogspot & jasa copywriting landing page sendiri bukan berarti anda telah menggunakan strategi ini dengan benar. Ada berbagai macam tips dari pembicara seminar bisnis kewirausahaan yang perlu anda lakukan agar landing page ini dapat menarik perhatian pengguna internet lainnya. Selanjutnya, anda pun dapat mencoba untuk menerapkan berbagai macam hal berikut. Seperti :

1. Mengoptimalkan Penggunaan Gambar

Penelitian sendiri mengungkapkan bahwa gambar merupakan sebuah hal yang lebih mudah dipahami oleh manusia dibandingkan dengan tulisan. Karena itulah, anda tentunya harus mengoptimalkan penggunaan gambar ini untuk halaman landasan anda. Selain itu, anda pun juga dapat mempertimbangkan penggunaan video juga yang bersifat informatif dan menarik. Selanjutnya, dengan menggunakan jasa paket landing page blogspot & jasa copywriting landing page. Tentunya anda akan mendapat berbagai macam pilihan gambar yang bagus dan menarik.

2. Mengiklankan Landing Page Anda

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, landing page ini dapat meningkatkan penjualan anda dengan layanan iklan atau paid search. Karena itulah, untuk meninkatkan pengunjung website anda, layanan iklan ini pun merupakan pilihan yang sangat tepat. Selain itu, sebuah halaman landasan yang bagus dan iklan yang bagus ini merupakan kombinasi yang sempurna untuk meningkatkan angka penjualan bisnis anda. Jadi, iklan ini tidak hanya tersedia pada jasa marketing sosial media saja. Namun, landing page pun juga dapat menggunakannya.

3. Memberikan Review, Testimoni, dan Bukti Lainnya

Sebuah review dan testimoni dalam bisnis merupakan hal yang sangat penting dalam menjadi pedoman seseorang dalam membeli produk atau menggunakan sebuah jasa. Karena itulah, kredibilitas anda pun dapat meningkat apabila anda menyertakan berbagai macam review positif pada marketing digital landing page anda. Selain itu, calon customer anda lainnya pun juga tidak ragu lagi untuk merekomendasikan bisnis dan produk anda pada kenalan mereka.

4. Memasangkan Tools Analytic Untuk Landing Page Anda

Dengan memasangkan tools analytic ini, anda pun dapat menganalisa performa halaman landasan anda pada hasil pencarian. Berbagai tools ini, anda dapat mengetahui berbagai macam data pengunjung website anda seperti lokasi dan karakteristik. Dengan begitu, anda pun dapat meningkatkan lagi kekurangan yang ada pada halaman landasan anda. Selain itu, anda juga dapat mengevaluasi lagi cara merancang strategi pemasaran usaha online yang sesuai dengan bisnis anda. Selanjutnya, anda pun mempunyai berbagai macam pilihan tools Analisa ini. Seperti : Google Search Console, Google Anaylitic, Histat, dan lain sebagainya. Tentu saja anda akan dibantu secara langsung dalam memasang tools ini apabila menggunakan jasa paket landing page blogspot & jasa copywriting landing page.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang