SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Cara Menyusun Strategi Bisnis yang Efektif Untuk Penjualan!

Strategi merupakan satu hal penting yang tidak pernah lepas dari sejarah kehidupan manusia sejak dari dulu. Bahkan, tanpa menggunakan strategi pun Indonesia pastinya tidak akan pernah lepas dari genggaman Jepang ataupun juga Belanda. Karena itulah, mengapa kita tidak mencoba melihat sudut pandang bisnis ini, sebagai sebuah medan pertempuran antara bisnis anda dengan para kompetitor lainnya? Sehingga, hal ini pun menjadikan bahwa setiap para pelaku bisnis, harus memiliki cara menyusun strategi bisnis yang efektif mereka. Untuk memenangkan pertempuran tersebut dengan kompetitor. Nah, bagaimana kira kira cara menyusun strategi bisnis yang efektif ini? Berikut pembahasannya!

Cara Menyusun Strategi Bisnis yang Efektif Untuk Menarik Konsumen

Cara Menyusun Strategi Bisnis yang Efektif Untuk Menarik Konsumen

Ketika seseorang sangat bersemangat dalam memasarkan produk ataupun jasa mereka untuk menarik perhatian para konsumen. Seringkali seseorang tersebut akan menemukan kegagalan saja dalam kegiatan pemasaran tersebut. Karena, semangat saja bukan berarti seseorang ini memiliki sebuah strategi ya! Melainkan, bisa saja seseorang tersebut melakukan pemasaran ini dengan cara membabi buta tanpa mengenal arah dan tujuan. Lantas, apa saja cara menyusun strategi bisnis yang efektif kira kira? Inilah jawabannya!

1. Pastikan Bahwa Produk Anda Sudah Siap Jual

Pertama, cara menyusun strategi bisnis yang efektif dengan memastikan kesiapan produk. Tak peduli produk ataupun jasa yang anda akan pasarkan nantinya, pastikan bahwa produk maupun jasa tersebut sudah dalam kondisi siap untuk menerima penjualan. Baik itu dari segi fungsionalitas, desain visual, fitur, dan lain lain. Sehingga, banyak dari konsumen ini yang nantinya tidak akan merasa cukup Ketika mereka hanya membeli satu produk saja. Kemudian, dengan menggunakan aspek desain visual pada produk. Hal itu pun akan meningkatkan peluang produk maupun jasa anda untuk menarik perhatian dari para audiens bisnis anda. Karena itulah, pastikan bahwa produk maupun jasa ini sudah siap jual pada konsumen anda. Sebagai salah satu cara menyusun strategi bisnis yang efektif.

2. Sesuaikan Harga Dengan Target Pasar

Kedua, cara menyusun strategi bisnis yang efektif melalui penyesuaian harga pasar. Harga murah bukan berarti menjadi kunci alternatif maupun kunci utama untuk mengalahkan kompetitor dalam persaingan pasar. Karena, banyak sekali kerugian yang akan hadir dengan anda menetapkan harga yang murah ini loh! Sebaiknya, jadikanlah target pasar dan audiens anda sebagai role model. Sebelum anda memberikan sebuah harga dalam produk maupun jasa anda. Selain itu, anda pun juga harus memperhatikan beberapa hal lain juga. Seperti ongkos produksi, nilai tambah produk, kualitas, pelayanan anda kepada konsumen, dan lain lain.

Apabila anda memiliki keunikan tersendiri dalam produk tersebut yang sebelumnya tidak ada pada konsumen anda. Cobalah untuk memberikan harga jual yang lebih tinggi lagi untuk para konsumen anda. Akan tetapi, bagaimana jika produk yang anda miliki ini tidak memiliki keunikan sama sekali dan terlihat sama saja? Maka, cobalah untuk Kembali pada cara menyusun strategi bisnis yang efektif sebelumnya. Yakni, pastikan terlebih dahulu bahwa produk tersebut layak jual. Dengan melakukan beberapa evaluasi dan perbaikan.

3. Selalu Miliki Goals Realistis Untuk Target Anda

Ketiga, dalam cara menyusun strategi bisnis yang efektif ini adalah dengan memiliki goals realistis yang cukup menantang untuk bisnis anda. Misalnya saja, dalam 3 bulan mendatang anda harus mencapai penjualan dengan nominal demikian, dengan penjualan produk sebanyak demikian. Dengan begitu, goals ini pun akan meningkatkan semangat, motivasi, dan produktifitas anda juga dalam menjalankan bisnis ini. Bahkan, goals ini pun juga dapat memandu anda dalam melakukan strategi pemasaran juga loh!

Kemudian, goals yang anda tetapkan tersebut tidak hanya seputar goals dalam jangka waktu yang lama juga ya seperti halnya 3 bulan ini. Melainkan, anda pun dapat memasang beberapa goals kecil misalnya penjualan dan pendapatan bisnis dalam 2 atau 1 minggu. Dengan begitu, anda pun nantinya dapat lebih mudah lagi untuk melakukan evaluasi perbaikan kepada strategi bisnis anda.

4. Pelajari Tingkah Laku Konsumen

Keempat, mempelajari tingkah laku konsumen. Tidak semua orang mau menjadi konsumen dari produk maupun jasa bisnis anda, dan anda pun sudah mengetahui fakta tersebut. Sehingga, dalam cara menyusun strategi bisnis yang efektif ini. Hendaknya anda menentukan seorang konsumen ini terlebih dahulu agar anda nantinya mempunyai strategi bisnis yang lebih tertarget lagi. Misalnya, Ketika anda memiliki usaha frozen food. Cobalah untuk menarget ibu rumah tangga sekitar bisnis anda.

Karena itulah, cobalah untuk mendapatkan berbagai macam data pasar dan informasi sebanyak mungkin yang membahas konsumen bisnis anda ini. Baik itu usia, jenis kelamin, pendapatan mereka, hal favorit, dan lain lain. Mungkin anda tidak harus memulai dengan informasi yang jumlahnya banyak tersebut. Melainkan, cobalah gunakan sesuatu yang lebih umum seperti usia dan hal favorit mereka saja.

5. Temukan Tempat Penjualan Bisnis yang Tepat

Selanjutnya, menemukan tepat penjualan yang tepat. Setelah anda selesai membagi bagi konsumen dalam cara menyusun strategi bisnis yang efektif ini. Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan memilih sebuah tempat penjualan yang optimal untuk bisnis anda. Misalnya saja, Ketika anda menjual beragam produk makanan dan minuman. Anda dapat mencoba untuk memanfaatkan sosial media seperti Facebook dan Instagram.

6. Pelajari dan Kembangkan Strategi Kompetitor

Selain konsumen, pihak yang harus anda kenali juga dalam dunia bisnis ini adalah kompetitor anda. Terlebih lagi, fokuskan pandangan anda kepada beberapa aspek penting yang ada dalam bisnis kompetitor ini. Mulai dari produk dan jasa yang mereka tawarkan, pelayanan mereka, strategi bisnis, harga produk dan jasa, kualitas, dan lain lain. Dengan begitu, anda pun akan memiliki informasi yang memadahi untuk membedah tuntas produk anda maupun produk kompetitor tersebut. Selanjutnya, cobalah untuk memperhatikan strategi bisnis yang mereka gunakan juga. Apakah strategi tersebut dapat anda gunakan, ataupun juga dapat anda tingkatkan lagi agar lebih efektif untuk bisnis anda.

7. Libatkan Jaringan Bisnis Anda

Ketika anda memiliki sebuah bisnis yang cukup besar. Ada beberapa peluang juga bahwa anda memiliki jaringan bisnis yang cukup kuat juga bukan? Baik itu mitra bisnis, reseller, investor, dan lain lain. Nah, sebagai salah satu cara menyusun strategi bisnis yang efektif. Jangan lupa untuk selalu melibatkan jaringan bisnis anda dalam Menyusun strategi bisnis ini.

8. Sesuaikan Strategi Bisnis Dengan Kebutuhan Bisnis Anda

Terakhir, cara menyusun strategi bisnis yang efektif dengan menyesuaikan strategi bisnis. Tidak ada bisnis yang dapat anda kembangkan dua kali dengan strategi yang sama antara keduanya. Sehingga, cobalah untuk menemukan sendiri strategi bisnis yang akan anda gunakan tersebut. Agar lebih sesuai lagi dengan kondisi pasar dan para konsumen anda. Dalam hal ini, manfaatkanlah beragam informasi yang sebelumnya sudah anda pelajari tersebut dalam kompetitor. Mulai dari nilai jual produk, harga yang anda tawarkan, keunikan konsumen, dan lain lain. Kemudian, cobalah untuk membangun strategi pemasaran anda sendiri, dan sesuaikan strategi tersebut dengan beberapa informasi tadi.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang