SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Cara Ampuh Mendapatkan Barang Untuk Usaha Jualan Online

Apabila anda ingin memulai sebuah bisnis perdagangan dalam dunia online ini, supplier sendiri adalah hal penting yang dapat memastikan keberlangsungan bisnis anda. Karena itulah, anda pun juga harus menemukan supplier yang sesuai dengan situasi dan kondisi bisnis anda saat ini. Dengan begitu, pastikan bahwa anda menerapkan seorang supplier dalam bisnis ini, sebagai bentuk investasi masa depan untuk bisnis anda tersebut Karena, cara mendapatkan barang untuk jualan online ini ternyata tidak sembarang orang saja yang dapat menerapkannya.

Baik anda memiliki sebuah bisnis online ataupun bisnis offline, seorang supplier yang tepat ini akan memiliki pengaruh yang sangat penting dalam masa depan bisnis anda. Karena itulah, jangan hanya menjadikan seseorang sebagai seorang supplier untuk bisnis anda. Hanya karena anda menemukan mereka melalui sosial media ataupun juga forum bisnis saja. Akan tetapi, cobalah untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam dari supplier tersebut. Dengan beberapa cara mendapatkan barang untuk jualan online ini. Seperti:

Bagaimana Cara Mendapatkan Barang yang Sesuai Untuk Jualan Online Anda

Bagaimana Cara Mendapatkan Barang Untuk Jualan Online Anda?

Selalu Perhitungkan Kualitas

Pertama, cara mendapatkan barang untuk jualan online adalah memperhitungkan kualitas. Apabila anda mempunyai keinginan yang sangat tinggi untuk memuaskan para pelanggan. Pastinya anda harus menyediakan berbagai macam produk berkualitas yang sesuai dengan permintaan mereka. Sehingga, mereka pun akan lebih senang lagi baik itu mengunjungi website anda langsung, ataupun juga mengunjungi akun sosial media anda. Sehingga, mempunyai seorang supplier yang tepat pun adalah kunci sejati untuk memuaskan keinginan konsumen tersebut.

Karena itulah, sebelum anda memulai kontrak kerja sama dengan seorang supplier ini. Ada baiknya juga anda memperhatikan dengan seksama kualitas produk yang mereka tawarkan kepada anda. Apabila anda merasa cocok dengan kualitas tersebut, segeralah menjalin kerja sama dengan mereka. Jangan lupa juga untuk melakukan evaluasi produk ini secara berkala jika sewaktu waktu ada sebuah kejadian yang mengharuskan supplier ini menggunakan bahan baku alternatif. Nah, cara mendapatkan barang untuk jualan online inilah yang tidak boleh anda lewatkan sama sekali.

Perhatikan Program Kerja Sama dari Supplier

Kedua, cara mendapatkan barang untuk jualan online dengan memperhatikan program kerja sama. Apabila anda ingin menjalin kerja sama dengan seorang supplier sendiri, pastikan bahwa mereka menawarkan program kerja sama yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan begitu, anda pun akan paham dengan peran yang mereka tawarkan kepada anda ini. Apakah itu bentuk kerja sama dropshipper, reseller, atau bentuk lainnya.

Pantau Pelayanan dan Kesiapan dari Supplier

Ketiga, cara mendapatkan barang untuk jualan online yaitu memantau pelayanan. Cobalah untuk menjadikan hubungan antara supplier ini sebagai hubungan anda dengan para konsumen langsung. Akan tetapi, posisikan bisnis anda ini kepada pihak konsumen dalam analogi tersebut. Pastinya anda akan membutuhkan pelayanan terbaik dari seorang supplier tersebut bukan? Karena itulah, untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai produk yang anda butuhkan dalam bisnis ini. Pastikan bahwa supplier ini dapat memberikan pelayanan terbaik mereka.

Baik itu dalam bidang kualitas produk, ataupun juga pada kuantitas produksi. Karena itulah, sebelum anda mencoba untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar. Cobalah untuk membeli produk supplier ini dalam jumlah sedikit terlebih dahulu. Dengan begitu, anda nantinya dapat mengukur bagaimana tingkat pelayanan yang mereka berikan kepada anda nantinya.

Pastikan Supplier Mampu Menangani Pesanan Jumlah Besar

Keempat, cara mendapatkan barang untuk jualan online yakni pastikan kosnuemn bisa menangani banyak order. Selain kualitas, anda pun juga harus selalu tingkat kesiapan seorang supplier untuk memenuhi permintaan anda tersebut. Karena, ada beberapa saat juga Ketika bisnis online anda akan mengalami banjir order mendadak yang sebelumnya tidak dapat anda perhitungkan juga bukan? Karena itulah, sebagai cara mendapatkan barang untuk jualan online ini, selalu perhatikan kemampuan produksi mereka dalam jumlah besar.

Bayangkan saja bagaimana dampak yang akan anda terima dengan adanya banjir order mendadak. Namun supplier anda tidak memiliki kesiapan dalam produk tersebut secara massive. Pastinya akan terasa buruk bukan? Karena itulah, sebelum anda menjalin kontrak sendiri ada baiknya juga anda mempersiapkan sebuah perhitungan terhadap kebutuhan bisnis anda. Dengan begitu, anda akan lebih mudah lagi untuk mengukur bagaimana kemampuan mereka untuk mempersiapkan produk yang anda jual nantinya.

Reputasi, Ulasan, dan Riwayat Supplier

Kelima, dalam cara mendapatkan barang untuk jualan online ini adalah mempelajari reputasi, ulasan, dan Riwayat dari supplier ini. Anda dapat mencoba untuk menghubungi pelaku bisnis yang sebelumnya menggunakan jasa supplier tersebut. Atau anda dapat menyelam pada sosial media ataupun search engine Google untuk mendapatkan ulasan mengenai supplier tersebut. Selain itu, karena supplier sendiri termasuk dalam perusahaan besar, anda umumnya akan jauh lebih mudah lagi untuk menemukan ulasan tentang mereka.

Menguji Coba Produk Supplier

Keenam, jangan lupa untuk uji coba produk dalam cara mendapatkan barang untuk jualan online ini. Supplier sendiri umumnya tidak akan ragu Ketika anda meminta mereka untuk melakukan uji coba produk terlebih dahulu dalam bentuk sample. Dengan begitu, anda pun akan lebih mudah lagi untuk memperhatikan kualitas dari produk yang akan anda beli tersebut. Akan tetapi, tak jarang juga anda akan menemui seorang supplier yang keberatan saat anda meminta uji coba produk. Dalam cara mendapatkan barang untuk jualan online ini, cobalah untuk membeli produk tersebut dalam jumlah kecil, lalu perhatikan dengan baik bagaimana kinerja dan kualitas dari produk tersebut.

Konsistensi dan Keberlanjutan Supplier

Ketujuh, cara mendapatkan barang untuk jualan online adalah pastikan memilih supplier yang konsisten. Akan menjadi sebuah hal yang sangat aneh jika tiba tiba konsumen ingin membeli sebuah produk dari bisnis anda. Namun anda tidak dapat memenuhi permintaan tersebut karena supplier anda sudah tidak menyediakan produk tersebut lagi. Karena itulah, sebagai salah satu cara mendapatkan barang untuk jualan online ini. Pastikan bahwa supplier ini akan selalu bersedia untuk memenuhi permintaan anda dalam jangka waktu yang lama. Karena itulah, konsistensi dan keberlanjutan ini adalah hal yang wajib anda perhatikan dengan baik.

Sesuaikan Harga Pembelian Produk

Delapan, cara mendapatkan barang untuk jualan online yaitu menyesiakan harga pembelian. Dunia bisnis sendiri memiliki hukum tersedniri dalam penentuan sebuah harga. Sehingga, anda pun harus selalu siap untuk mencoba menyesuaikan harga beli produk ini sesuai dengan modal bisnis anda. Cobalah untuk melakukan diskusi dan negosiasi terlebih dahulu sebelum anda menyetujui pembelian produk tersebut.

Jangan Mengandalkan Satu Supplier Saja

Selanjutnya, cara mendapatkan barang untuk jualan online adalah memiliki lebih dari satu supplier. Memang anda boleh boleh saja memiliki satu supplier saja untuk memenuhi permintaan bisnis anda. Akan tetapi, apabila seorang supplier ini berhenti menyediakan produk yang sesuai dengan permintaan konsumen anda. Bukankah akan lebih baik lagi jika anda memiliki berbagai macam supplier dalam bentuk ‘back up’? Sehingga, jika ada salah satu supplier anda yang katakanlah berhenti untuk memproduksi produk. Anda pun akan memiliki jalan alternatif lagi untuk memenuhi permintaan konsumen dari bisnis anda.

Kebijakan Return

Terakhir, cara mendapatkan barang untuk jualan online dengan memastikan kebijakan return product supplier. Kebijakan return sendiri merupakan salah satu hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik Ketika anda ingin membangun bisnis online anda. Dengan begitu, cobalah untuk mencari tahu kebijakan return dari seorang supplier ini sebelum anda memulai kerja sama dengan mereka. Bahkan, untuk memaskimalkan cara mendapatkan barang untuk jualan online ini. Cobalah meminta mereka untuk membuat sebuah kontrak yang mengandung kebijakan return ini jika anda perlukan.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang