SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Cara Memulai Bisnis Online Skincare dari Nol, Bisa Tanpa Modal!

Nyatanya, saat ini ternyata cukup banyak juga masyarakat Indonesia yang tertarik dengan mempelajari cara memulai bisnis online skincare. Bahkan, saat ini juga banyak juga laki laki yang sudah tertarik untuk merawat kulit mereka agar lebih awet muda lagi. Nah, jika anda ingin mencoba peluang usaha skincare yang cukup menjanjikan ini. Ada beberapa hal yang dapat anda terapkan dalam membangun usaha skincare. Seperti:

Cara Memulai Bisnis Online Skincare yang Cepat Sukses!

Cara Memulai Bisnis Online Skincare yang Cepat Sukses!

Tentukan Model Bisnis

Pertama, cara memulai bisnis online skincare adalah dengan menentukan model bisnis. Sebelum anda berpikir untuk membuat sebuah strategi pemasaran atau menentukan seberapa penghasilan yang anda dapatkan dalam bisnis ini. Cobalah terlebih dahulu untuk menentukan model bisnis skincare yang sesuai dengan anda. Karena, model bisnis ini merupakan salah satu unsur yang harus anda perhatikan karena akan menyesuaikan dengan modal bisnis anda. Apakah bisnis yang anda kembangkan nanti menerapkan Teknik dropship, jasa titip, atau memproduksi skincare secara langsung.

Riset dan Analisa Pasar Bidang Bisnis Skincare

Kedua, cara memulai bisnis online skincare yang harus anda terapkan adalah dengan meriset dan melakukan Analisa pasar dari bidang skincare. Sehingga, anda nantinya dapat mengetahui produk skincare apa yang konsumen anda butuhkan. Serta siapa saja yang nantinya tertarik dengan produk anda tersebut. Selain itu, riset dan Analisa pasar ini juga dapat membantu anda dengan menentukan harga, dan mempelajari strategi marketing kompetitor.

Anda juga berpeluang besar untuk menemukan supplier produk skincare dengan kegiatan Analisa dan riset pasar ini. Seperti yang telah kita Bahas sebelumnya, anda dapat menerapkan Teknik bisnis dropship, reseller, ataupun juga jasa titip dengan sistem pre order.

Mengembangkan Produk

Ketiga, cara memulai bisnis online skincare yakni mengembangkan produk skincare. Jika anda memutuskan untuk membangun sebuah brand skincare tersendiri karena anda merasa memiliki modal bisnis yang lebih dari cukup. Maka, cobalah untuk terus menerus mengembangkan produk anda agar lebih baik lagi. Mengembangkan produk sendiri dapat anda lakukan dengan membangun laboratorium uji coba sendiri atau memanfaatkan jasa pabrik maklon. Yang mana anda dapat membuat skincare sendiri sesuai dengan permintaan anda.

Tentukan Konsumen Anda

Keempat, cara memulai bisnis online skincare yaitu menentukan konsumen. Menentukan konsumen anda, adalah cara memulai bisnis online skincare yang cukup penting dan tidak boleh anda lewatkan. Karena, skincare sendiri memiliki banyak sekali jenis dan variasi berbeda antara satu dengan lainnya. Selain itu, jangan lupa juga bahwa beberapa orang akan memiliki masalah dan sensitifitas kulit tertentu dengan menggunakan produk skincare anda.

Karena itulah, sebelum anda membangun sebuah produk, ada baiknya anda menetukan terlebih dahulu beberapa hal ini. Bagaimana produk anda akan bekerja? Jenis kelamin apa yang cocok dengan produk skincare anda? Manfaat apakah yang terkandung dalam produk skincare anda? Berapa harga yang akan anda pasang pada produk skincare tersebut? Serta bagaimana kondisi perekonomian dari target konsumen anda?

Memilih Brand Bisnis yang Sesuai

Kelima, cara memulai bisnis online skincare adalah memilih brand yang sesuai. Memilih sebuah brand bisnis merupakan salah satu cara memulai bisnis online skincare yang cukup penting juga. Bahkan, brand bisnis ini pun juga terbilang cukup penting juga untuk anda yang ingin membuka bisnis skincare dengan metode reseller atau dropship. Namun, jangan lupa juga untuk menjelaskan kepada konsumen bahwa anda hanya mendistribusikan saja dan tidak memproduksi skincare tersebut secara langsung.

Kemudian, jika anda bercita cita untuk membangun produk skincare anda sendiri. Maka, pemilihan sebuah brand ini akan sangat penting untuk anda dalam. Membantu konsumen mengingat produk, menarik perhatian konsumen, menambah nilai jual, dan mempresentasikan produk anda. Jangan lupa untuk langsung mematenkan nama brand anda agar tidak ada orang yang meniru nama tersebut.

Desain Kemasan Untuk Produk Anda

Keenam, cara memulai bisnis online skincare yakni membuat desain kemasan produk yang unik. Dulu mungkin banyak yang menganggap remeh desain dari sebuah kemasan pada produk skincare ini. Akan tetapi, saat ini ternyata sudah banyak masyarakat Indonesia yang sadar bahwa kemasan yang baik juga dapat memiliki peran yang sangat besar untuk memasarkan sebuah produk. Sebaliknya, kualitas produk pun akan terlihat jauh menurun jika anda menerapkan kemasan se adanya saja dan tidak memperhatikan unsur estetika pada kemasan tersebut.

Pahami Hukum yang Berlaku Pada Produk Skincare

Ketujuh, cara memulai bisnis online skincare adalah memastikan usaha anda sesuai hukum. Sama halnya dengan berbagai produk lainnya, skincare juga memiliki hukum dan perizinan tertentu sebelum anda mulai menjualnya kepada masyarakat luas. Misalnya saja dengan izin BPOM atau badan pengawas obat dan makanan. Nah, agar konsumen anda lebih yakin dengan produk skincare ini. Segeralah lakukan pendaftaran langsung pada lembaga BPOM untuk mendapatkan seritifikat izin usaha mereka. Selain itu, anda dapat mencoba untuk mengurus perizinan sertifikat halal pada produk skincare ini karena masyarakat Indonesia yang mayoritasnya beragam islam.

Sosial Media Sebagai Platform Marketing Utama

Delapan, cara memulai bisnis online skincare yakni dengan sosial media. Manfaatkanlah sosial media semaksimal mungkin untuk memasarkan produk skincare buatan brand anda sendiri. Bahkan, ada baiknya juga jika anda mulai memasarkan produk ini jauh jauh hari sebelum tanggal perilisan produk tersebut. Kumpulkanlah audiens anda sebanayak mungkin agar anda lebih mudah lagi memasarkan produk skincare ini. Jangan lupa juga untuk terus memperlihatkan keunggulan produk skincare anda melalui sosial media. Misalnya saja dengan mengatakan bahwa produk ini dapat digunakan siapa saja tak peduli masalah kulit mereka.

Manfaatkan Juga Platform Marketplace

Selanjutnya, cara memulai bisnis online skincare yaitu memanfaatkan marketplace. Sosial media mungkin akan terasa cukup rumit pengelolannya. Sehingga, anda mungkin dapat memanfaatkan platform marketplace yang menawarkan proses pembelian yang jauh lebih mudah dan simple. Sayangnya, marketplace sendiri memiliki beberapa hambatan seperti pemotongan biaya, ataupun juga tingkat kompetisi yang tinggi.

Jangan Lupa Juga Dengan Peran Sebuah Website

Hingga saat ini, website masih menjadi salah satu platform pemasaran yang sangat penting untuk menunjang aktivitas penjualan dari sebuah brand. Selain itu, konsumen ternyata akan lebih mempercayai sebuah brand yang memiliki website resmi mereka sendiri. Karenanya, untuk meyakinkan konsumen bahwa skincare anda bukanlah produk abal abal. Ada baiknya juga anda membuat website resmi terlebih dahulu, sebelum anda memasarkan brand tersebut melalui sosial media.

Partnership Dengan Influencer Terkenal

Jika anda telah berusaha untuk menyebarkan produk skincare buatan sendiri melalui beragam platform online. Mungkin sudah saatnya anda mempertimbangkan penggunaan jasa influencer terkenal. Terlebih pada platform sosial media. Mungkin anda dapat memulai dengan influencer yang tidak terlalu terkenal terlebih dahulu sehingga anda tidak mengeluarkan banyak modal.

Jangan Takut Dengan Menggunakan Iklan Berbayar

Terakhir, jangan takut untuk menggunakan iklan berbayar dalam cara memulai bisnis online skincare. Fitur iklan berbayar sudah tersedia banyak sekali pada beragam platform pemasaran online. Baik itu marketplace, sosial media, website, e commerce, dan lain lain. Untuk memaksimalkan manfaat dari penggunaan fitur iklan berbayar ini. Pilihlah sebuah platfrom yang benar benar dapat memperkenalkan produk anda kepada para konsumen luas. Sehingga, anda nantinya tidak harus membuang modal bisnis kepada platform yang kurang efektif pada perkembangan maupun penjualan pada bisnis anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang