SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Cara Memulai Bisnis Online Baju dari Nol Hingga Sukses Besar!

Bisnis online telah berubah dari yang awalnya hanyalah sebuah pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Menjadi sebuah kegiatan yang banyak sekali peminatnya, terlebih setelah masyarakat Indonesia melalui masa masa pandemi. Bahkan, saat ini banyak sekali remaja yang penasaran juga bagaimana kira kira cara untuk memulai sebuah bisnis online khususnya pada bisnis baju. Karena, walaupun terlihat mudah, ada beberapa hal yang ternyata cukup fatal loh apabila salah penerapannya dalam cara memulai bisnis online baju dari nol ini.

Dalam dunia online shop anda dapat menawarkan berbagai macam produk jualan yang akan menarik perhatian konsumen. Apakah itu kebutuhan harian, makanan, barang barang hobi, produk Kesehatan, kosmetik, dan lain lain. Dari berbagai macam kategori tersebut, ternyata saat ini banyak sekali masyarakat Indonesia yang tertarik untuk memulai bisnis baju. Nah, jika anda salah satunya, berikut adalah beberapa cara memulai bisnis online baju dari nol yang harus anda terapkan agar terhindar dari suatu kesalahan.

Sebelum Memulai Bisnis Online Baju, Perhatikan Terlebih Dahulu Beberapa Cara Berikut!

Sebelum Memulai Bisnis Online Baju, Perhatikan Terlebih Dahulu Beberapa Cara Berikut!

Riset Produk dan Pasar

Langkah pertama dalam cara memulai bisnis online baju dari nol ini adalah, melakukan riset terhadap produk dan pasar. Bukanlah sebuah hal yang aneh, bahwa jika anda ingin memulai sebuah bisnis. Maka anda harus memiliki pengetahuan mendasar terlebih dahulu pada bisnis tersebut. Misalnya saja, apabila anda tertarik untuk memulai bisnis baju.

Anda pun harus mengetahui terlebih dahulu, trend baju apa yang saat ini sedang popular, bahan baju apa yang akan anda gunakan. Serta, berapa harga baju yang akan anda tetapkan nantinya. Pengetahuan seperti ini tidak hanya berfungsi saat produksi saja. Melainkan, anda juga dapat memanfaatkannya lagi untuk menjawab pertanyaan dari konsumen Ketika mereka menghubungi toko online anda.

Kemudian, jangan lupa juga untuk mengetahui tingkat kompetisi pasar, serta siapa saja yang nantinya akan bersaing langsung dengan bisnis anda. Tidak peduli mereka brand yang sudah sangat popular dan memiliki butik sendiri. Ataupun juga brand sederhana yang baru memulai seperti anda. Sehingga, anda akan lebih mudah lagi mengantisipasi perubahan yang terjadi pada kompetisi pasar nantinya.

Sesuaikan Produk Baju Anda

Kedua, cara memulai bisnis online baju dari nol yakni menyesuaikan produk anda. Saat ini sudah banyak sekali ragam variasi baju yang memiliki target berbeda beda. Apakah itu wedding dress, t shirt, casual, kemeja, hijab, baju adat, dan lain lain. Semua jenis baju ini memiliki kelebihan dan kekurangan mereka masing masing. Misalnya saja baju adat yang hanya akan berfungsi pada acara besar tertentu, namun harga mereka yang sangat tinggi. Ataupun kaos t shirt biasa yang pasarnya lebih umum, namun anda akan memiliki banyak sekali kompetisi pasar. Karena itulah, cobalah untuk menentukan jenis baju apa yang ingin anda jual, serta berikan beberapa keunikan tertentu pada produk baju tersebut.

Bekerja Sama Dengan Supplier Andalan

Ketiga, cara memulai bisnis online baju dari nol yaitu bekerja sama dengan supplier. Jika anda ingin memulai sebuah bisnis online baju namun tidak memiliki mesin untuk memproduksi baju tersebut secara langsung. Anda pastinya akan membutuhkan seorang supplier untuk mendapatkan sebuah produk baju. Tak hanya itu, produsen baju pun harus mempunyai supplier kain sendiri yang dapat mereka andalkan untuk mendapatkan kain berkualitas. Sehingga, jika anda ingin bekerja sama dengan seorang supplier baju, pastikan bahwa mereka menawarkan kualitas terbaik untuk anda.

Seperti yang telah anda ketahui, mengecek secara langsung bagaimana supplier ini menghasilkan baju akan membantu anda memahami kualitas dari produk tersebut. Selain itu, mengunjungi supplier ini ternyata juga dapat membantu anda. Dalam memastikan kemampuan produksi mereka jika sewaktu waktu anda memiliki banyak sekali orderan baju. Karena itulah, anda tidak boleh begitu saja bekerja sama dengan supplier yang anda temui melalui sosial media tanpa melakukan background check terlebih dahulu.

Maksimalkan Kualitas Foto Baju Anda

Keempat, cara memulai bisnis online baju dari nol dengan memanfaatkan foto produk anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam cara memulai bisnis online baju dari nol. Anda harus selalu mengedepankan penampilan visual dari produk baju anda. Sehingga, jika anda membagikan sebuah foto dari produk baju anda. Usahakan anda tidak hanya sekedar memfoto produk tersebut, namun benar benar memperhatikan apakah foto tersebut dapat menarik perhatian konsumen atau tidak.

Bahkan, ada baiknya juga anda membawa produk baju anda kepada jasa fotografi yang professional untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Memang, anda harus mempersiapkan modal yang cukup besar untuk mendapatkan foto tersebut. Akan tetapi, harus anda ingat bahwa hasil yang anda dapatkan nantinya akan jauh lebih besar.

Bangunlah Sebuah Website dan Akun Sosial Media

Kelima, cara memulai bisnis online baju dari nol adalah membangun website. Saat ini, website sudah menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat penting dalam setiap bidang bisnis. Karenanya, anda harus memanfaatkan platform ini juga untuk benar benar memaksimalkan penjualan dari bisnis online anda. Memang, membuat sebuah website sendiri mungkin dapat terasa sulit untuk anda yang belum berpengalaman. Akan tetapi, saat ini pun sudah banyak sekali jasa pembuatan website professional, yang dapat anda gunakan.

Selain itu, karena bisnis online baju ini juga sangat mengedepankan konten visual seperti foto dan video. Anda juga harus memanfaatkan platform seperti sosial media yang memang dibuat khusus untuk membagikan foto dan video. Ada banyak sekali fitur canggih yang dapat anda manfaatkan pada platform ini untuk membantu dalam kegiatan branding bisnis anda. Misalnya saja fitur komentar yang dapat membantu untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen. Ataupun fitur sharing untuk memperluas jangkauan pasar dari bisnis online anda.

Inovasi

Kemudian, cara memulai bisnis online baju dari nol yaitu dengan selalu melibatkan inovasi. Seperti yang telah kita bahas dalam cara memulai bisnis online baju dari nol sebelumnya, anda harus selalu mengikuti perkembangan trend dalam bisnis baju online. Maksimalkan penggunaan dari sosial media untuk terus memantau bagaimana perkembangan yang terjadi baik dari kompetitor, ataupun juga konsumen dari bisnis online anda. Selain itu, anda pun juga lebih mudah lagi untuk menarik perhatian konsumen baru dengan terus mengikuti perkembangan trend ini.

Memang, trend yang terjadi dalam dunia fashion ini cukup banyak dan tidak semuanya dapat anda ikuti secara langsung. Akan tetapi, cobalah untuk mengikuti beberapa trend saja yang memang sesuai dengan bisnis baju anda. Jangan mencoba untuk memaksakan seluruh trend fashion yang tidak memiliki hubungan langsung dengan bisnis anda.

Bekerja Sama Dengan Pihak Luar

Terakhir, cara memulai bisnis online baju dari nol adalah bekerja sama dengan pihak luar. Sudah banyak sekali pelaku bisnis pemula yang berhasil sukses setelah mereka menjalin kerja sama dengan pelaku bisnis lainnya. Memang, anda sendiri sudah menjalin sebuah kerja sama dengan pihak supplier baju. Akan tetapi, cobalah untuk mengajak tokoh yang lebih berpengaruh lagi pada bisnis online anda, misalnya saja seorang influencer. Bahkan, beberapa influencer tidak mengharuskan anda mengeluarkan modal. Melainkan, anda hanya perlu memberikan mereka dengan beberapa produk baju kepada mereka.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang