SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Cara Membangun Website Sendiri Untuk Bisnis Online Anda

Website merupakan sebuah media pemasaran yang sangat penting, tidak peduli anda mempunyai bisnis dengan skala kecil ataupun juga perusahaan besar. Karena, banyak orang yang akan lebih percaya dengan sebuah bisnis, Ketika bisnis tersebut memiliki website pribadi mereka sendiri. Selain itu, masyarakat Indonesia pun sudah banyak mengalami perubahan dalam gaya hidup mereka. Bahkan, banyak beberapa masyarakat Indonesia yang dapat menghabiskan jutaan dalam satu hari saja dengan belanja online ini. Nah, tertaik dengan memiliki website sendiri namun tidak mengetahui cara membuat website sendiri untuk bisnis online? Berikut ini pembahasannya!

Nah, Bagaimana Cara Membangun Website Sendiri Untuk Bisnis Online Anda

Nah, Bagaimana Cara Membangun Website Sendiri Untuk Bisnis Online Anda?

1. Tetapkan Tujuan Anda Terlebih Dahulu

Pertama, dalam cara membuat website sendiri untuk bisnis online ini adalah dengan menetapkan tujuan anda terlebih dahulu sebelum membuat website. Umumnya, Ketika seseorang ingin membangun sebuah website untuk bisnis online mereka. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dan menjadi tempat jual beli dari bisnis online tersebut. Karena itulah, agar pengguna internet lebih mudah dalam mengunjungi website anda. Cobalah untuk menetapkan tujuan anda terlebih dahulu.

Sebagai contohnya, apabila anda ingin memberikan banyak informasi terbaru terhadap produk maupun jasa yang anda tawarkan kepada konsumen. Cobalah untuk mempublikasikan berita berita terbaru kepada website anda tersebut. Sebaliknya, Ketika anda ingin menggunakan website tersebut sebagai tempat jual beli bisnis online anda. Cobalah untuk membuat desain halaman yang menarik untuk para pengunjun anda. Selain itu, pastikan bahwa pengunjung website anda nantinya akan dapat dengan mudah melakukan transaksi jual beli pada website tersebut.

2. Gunakan Nama Domain yang Unik Pada Website Anda

Selanjutnya, dalam cara membuat website sendiri untuk bisnis online ini adalah menggunakan nama domain yang unik pada website anda. Apabila anda baru mengetahui istilah nama domain ini, mereka adalah alamat URL yang anda gunakan Ketika ingin mengunjungi sebuah website tertentu. Misalnya saja facebook.com, ataupun juga youtube.com. Umumnya, satu satunya aturan yang harus anda perhatikan dalam menggunakan nama domain ini adalah pastikan bahwa domain tersebut belum ada penggunanya. Sehingga, anda pun dapat menciptakan sebuah nama kreatif yang unik untuk bisnis anda ya!

Akan tetapi, walaupun anda dapat menggunakan nama domain yang sangat kreatif dan unik dalam website anda ini. Pastikan bahwa nama tersebut masih berhubungan dengan bisnis anda juga. Sehingga, konsumen pun nantinya dapat lebih mudah memahami apa yang coba anda tawarkan kepada mereka pada website tersebut. Selain itu, pastikan juga bahwa nama domain yang anda gunakan ini dapat pengguna internet baca dan ucapkan dengan mudah. Jangan gunakan nama domain yang ribet, menggunakan Bahasa asing, ataupun juga melibatkan kumpulan angka dalam nama domain tersebut.

3. Tentukan Provider Host yang Sesuai Untuk Bisnis Anda

Jika anda selesai memilih sebuah nama domain untuk website anda tersebut. Maka, cara membuat website sendiri untuk bisnis online selanjuntnya adalah dengan memilih provider host yang sesuai. Pihak provider hosting ini adalah mereka yang menyimpan data data website anda dan menayangkannya pada dunia internet. Sehingga, anda pun nantinya akan mengeluarkan beberapa biaya untuk membeli provider hosting ini. Memang, anda dapat memilih provider host gratis untuk website anda. Akan tetapi, apakah anda yakin dengan keamanan dan pelayanan yang mereka berikan?

4. Saatnya Mendesain Sesuai Kreatifitas Anda

Nama domain? Siap, provider host? Siap juga. Selanjutnya? Nah, Langkah selanjutnya dalam cara membuat website sendiri untuk bisnis online adalah mulai mendesain website tersebut. Umumnya, website yang berfungsi sebagai media pemasaran bisnis online sendiri pastinya akan memiliki halaman lebih dari satu. Baik itu halaman kontak, halaman utama, katalog produk, dan lain lain. Sehingga, anda pun nantinya harus menyesuaikan desain halaman tersebut sesuai dengan peran mereka masing masing.

5. Gunakan Platform CMS Jika Perlu

Langkah selanjutnya dalam cara membuat website sendiri untuk bisnis online adalah dengan memanfaatkan platform CMS jika perlu. Anda dapat memilih untuk membuat coding website dari awal, ataupun juga dengan memanfaatkan platform CMS dengan berbagai macam plugin untuk membangun website ini. Karena itulah, penggunaan CMS ini akan sangat cocok untuk anda yang baru saja mulai membangun sebuah website.

6. Sederhanakan User Interface Website Anda

Lalu, cara membuat website sendiri untuk bisnis online adalah menyderhanakan UI website. User interface atau yang dapat anda katakan sebagai desain tampilan ini akan secara langsung mempengaruhi kepuasan pengunjung. Ketika mereka mengunjungi website anda tersebut. Sehingga, cobalah untuk membuat sebuah user interface yang sederhana agar para pengunjung ini puas dengan website anda tersebut. Nah, apa saja beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam pembuatan UI ini?

  • Maksimalkan waktu load website anda agar para pengunjung tidak bosan menunggu Ketika mengunjungi website anda;
  • Pastikan bahwa website anda sudah sesuai dengan target pasar dari bisnis anda;
  • Buatlah sistem navigasi yang mudah agar pengunjung dapat mengetahui seluruh konten yang ada pada website anda tersebut;
  • Selalu konsisten dalam penggunaan gaya desain maupun font pada website anda.

7. Optimasikan Website Tersebut Dengan Teknik SEO

Jangan lupa dengan SEO untuk cara membuat website sendiri untuk bisnis online ini. Selain dari desain dan tampilan dari website saja, anda pun juga harus mencoba untuk menerapkan Teknik optimasi pada website tersebut. Singkatnya, dengan menerapkan penggunaan Teknik SEO ini. Maka, website anda pun akan lebih mudah untuk konsumen temukan karena website tersebut dapat tampil pada hasil pencarian konsumen anda. Dengan begitu, pengunjung yang anda terima pun nantinya akan semakin meningkat juga. Dan secara otomatis akan menambah peluang penjualan dari bisnis anda. Nah, apa saja kira kira hal yang harus anda perhatikan dalam optimasi SEO ini?

  • Manfaatkan konten visual seperti foto ataupun juga video;
  • Membangun backlink pada website lain yang mengarah kepada website anda langsung;
  • Pastikan bahwa anda memanfatkan keyword dengan jumlah pencarian tinggi, yang sesuai dengan bisnis online anda.

8. Rutin Dalam Mempublikasikan Konten Untuk Website Anda

Kemudian, cara membuat website sendiri untuk bisnis online yakni rutin mempublikasikan konten. Apabila anda selesai dalam melakukan berbagai cara membuat website sendiri untuk bisnis online tadi. Saatnya anda mulai mempublikasikan konten pada website anda. Akan tetapi, selalu pastikan juga bahwa anda rutin dalam mempublikasikan konten artikel ini ya! Karena, apabila anda lama tidak melakukan publikasi konten ini. Google pun akan menganggap bahwa website anda tersebut sudah mati.

9. Memasarkan Website Tersebut

Terakhir, cara membuat website sendiri untuk bisnis online adalah memasarkan website tersebut. Website yang baru anda bangun ini tentunya publikasinya tidak terlalu ramai dibahas oleh konsumen anda. Sehingga, pastikan bahwa anda selalu rajin untuk memasarkan website tersebut melalui sosial media ataupun platform chatting. Dengan begitu, para konsumen anda pun dapat mengetahui bahwa anda memiliki sebuah website online juga untuk memberikan mereka informasi seputar produk ataupun jasa bisnis anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang