SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Cara Membangun Bisnis Online Untuk Pemula, Siap Berkembang?

Dengan adanya berbagai macam perubahan yang tidak menentu dalam dunia bisnis ini. Para pelaku bisnis pun selalu saja dituntut untuk mempersiapkan langsung diri maupun bisnis mereka tersebut agar dapat menghadapi perubahan yang terjadi. Beruntungnya, anda dapat menemukan berbagai macam cara membangun bisnis online untuk pemula. Sebagai panduan anda dalam menghadapi berbagai macam perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis ini.

Sehingga, anda pun nantinya dapat mempelajari berbagai macam ilmu bisnis dengan menggunakan panduan cara membangun bisnis online untuk pemula ini. Baik itu cara memulai bisnis yang tepat, cara melakukan promosi, memahami pasar, dan lain sebagainya. Karena itulah, yuk simak baik baik penjelasan dari artikel cara membangun bisnis online untuk pemula ini. Tingkatkan peluang sukses anda dalam berbisnis!

Dunia Bisnis Bikin Bingung Ini Nih Cara Membangun Bisnis Online Untuk Pemula!

Dunia Bisnis Bikin Bingung? Ini Nih Cara Membangun Bisnis Online Untuk Pemula!

1. Pahami Dulu Bagaimana Pasar Bisnis Anda

Pertama, cara membangun bisnis online untuk pemula adalah anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana situasi dan kondisi dari pasar bisnis anda tersebut. Dengan begitu, anda pun nantinya akan memiliki peluang langsung dalam memulai sebuah bisnis yang dapat menjadi solusi dari permintaan dan permasalahan langsung dari konsumen anda. Nah, pada proses pemahaman pasar sendiri ada beberapa hal yang dapat anda lakukan. Seperti :

Temukan Terlebih Dahulu Apa yang Menjadi Masalah Pasar

Salah satu cara membangun bisnis online untuk pemula agar anda cepat mempunyai banyak sekali peminat, adalah anda memperhatikan langsung kondisi pasar saat ini. Contohnya saja, bagaimana konsumen anda ini menghadapi situasi pandemi yang berlangsung pada tahun lalu. Lalu, anda dapat mencoba untuk mencari tahu bagaimana anda dapat membantu konsumen dalam situasi yang sangat mengkhawatirkan tersebut.

Gali Peluang Bisnis Anda Melalui Permasalahan Pasar

Selanjutnya, apabila anda telah mengetahui apa saja masalah yang sedang terjadi dalam pasar bisnis anda saat ini. Maka, cara membangun bisnis online untuk pemula selanjutnya adalah dengan mencoba untuk menggali langsung peluang bisnis anda melalui masalah tersebut. Pada tahap ini, pastikan juga bahwa anda membagi permasalahan pasar terlebih dahulu. Sehingga, anda nantinya akan lebih mudah lagi dalam menentukan peran bisnis anda dalam pasar tersebut.

Pelajari Lagi Bagaimana Produk ataupun Jasa Anda Dapat Berkembang

Sebelumnya, beberapa dari anda mungkin telah mempunyai sebuah produk maupun jasa terlebih dahulu saat membaca cara membangun bisnis online untuk pemula ini. Nah, apabila anda merupakan bagian dari pelaku bisnis tersebut. Maka, cobalah untuk melakukan Analisa lagi apakah produk maupun jasa anda ini dapat berkembang lagi untuk konsumen anda.

Misalnya saja, apabila anda mempunyai sebuah usaha kuliner sebagai bisnis ini. Maka, anda dapat mencoba untuk bekerja sama dengan layanan pemesanan makanan seperti GoFood, GrabFood, dan lain sebagainya. Agar konsumen anda tidak perlu repot lagi keluar rumah. Kemudian, apabila anda masih saja bingung dalam pengembangan bisnis ini. Cobalah untuk berkonsultasi langsung dengan konsultan digital marketing profesional.

2. Analisa Peluang Pasar Bisnis

Kedua, cara membangun bisnis online untuk pemula adalah dengan menganalisa peluang pasar bisnis anda. Setelah anda memahami masalah yang terdapat dalam pasar bisnis anda tersebut. Selanjutnya, anda harus melakukan Analisa langsung terhadap pasar yang sudah menjadi target anda. Dengan begitu, anda pun akan meningkatkan lagi peluang sukses dari bisnis yang anda jalankan saat ini. Nah, riset pasar sendiri mempunyai beberapa teknik juga. Seperti :

Keyword Research

Untuk meningkatkan persaingan bisnis dalam ranah online. Maka, anda pun nantinya akan menggunakan keyword ini sebagai senjata pemasaran anda. Karenanya, anda harus mencari beragam keyword yang sekiranya sesuai dengan bisnis anda.

Dekatkan Diri Dengan Komunitas Bisnis dan Konsumen

Setiap bidang bisnis pastinya akan mempunyai komunitas mereka masing masing. Karenanya, untuk meningkatkan peluang sukses bisnis anda. Bergabun dengan komunitas ini adalah salah satu cara membangun bisnis online untuk pemula yang sangat tepat. Dengan begitu, anda pun akan lebih mudah mendapatkan konsumen karena anda memasarkan bisnis pada tempat yang sesuai dengan bisnis anda.

Pahami Minat Konsumen Anda

Survei merupakan salah satu cara tercepat untuk mengetahui seberapa besar minat konsumen ini terhadap bisnis anda langsung. Sehingga, anda nantinya dapat menerapkan hasil survey tersebut yang berguna langsung untuk menambah ketertarikan konsumen terhadap bisnis anda.

3. Pelajari Kompetitor

Kemudian, cara membangun bisnis online untuk pemula ini adalah dengan memahami kompetitor yang nantinya akan bersaing dengan bisnis anda. Dengan mempelajari kompetitor anda secara langsung ini. Maka, anda pun nantinya dapat menggali juga bagaimana teknik membangun bisnis yang nanti akan sesuai dengan bisnsi anda.

Karena itulah, mulailah dalam melakukan pengecekan langsung terhadap kompetitor anda dalam ranah online. Apakah itu dengan website mereka, sosial media, ataupun juga grup bisnis yang khusus untuk konsumen mereka. Dalam langkah ini, ada beberapa hal yang dapat anda perhatikan juga. Seperti :

Pengelompokan Kompetitor Bisnis

Untuk mengungguli pesaing anda secara langsung. Pastinya anda harus memahami dulu bagaimana kompetitor ini menjalankan bisnis mereka. Mulai dari kekuatan dan kelemahan mereka, interaksi mereka dengan konsumen, strategi pemasaran, dan lain sebagainya. Karena itulah, anda dapat mencoba untuk membuat kelompok pada kompetitor bisnis ini. Misalnya saja :

Primer : mereka menjual produk maupun jasa yang sama kepada konsumen yang sama juga dengan bisnis anda.

Sekunder : mereka mempunyai produk yang  sama, namun tidak dengan target konsumennya.

Alternatif : sekilas, mereka akan mempunyai konsumen yang sama dengan bisnis anda. Namun, kompetitor ini tidak menawarkan produk maupun jasa yang sama dengan bisnis anda.

Pelajari Website Bisnis Kompetitor

Umumnya, setiap bisnis pastinya akan memiliki website mereka masing masing. Namun, anda pun juga dapat mempelajari platform lain. Seperti sosial media ataupun marketplace. Nah, apa saja hal yang harus anda pelajari pada platform tersebut dalam cara membangun bisnis online untuk pemula ini?

  • Promosi;
  • Pelayanan konsumen mereka;
  • Foto dan deskripsi produk atau jasa;
  • Penggunaan tombol CTA;
  • Metode pembayaran dan pengiriman kompetitor;
Perhatikan Juga Review dan Testimoni Kompetitor

Kemudian, mempelajari kompetitor ini dapat anda lakukan juga dengan mempelajari ulasan dari konsumen mereka. Seperti :

  • Bagaimana pendapat konsumen terhadap mereka;
  • Apa saja yang menjadi keluhan dari konsumen;
  • Serta bagaimana saja fitur unggulan yang konsumen tersebut sukai pada kompetitor;

4. Bagaimana Cara Anda Menawarkan Bisnis Anda

Keempat, cara membangun bisnis online untuk pemula adalah memperhatikan cara anda menawarkan bisnis. Dengan adanya perkembangan internet ini, anda pun juga mempunyai beberapa pilihan lagi dalam menjual produk maupun jasa anda. Seperti :

Langsung Menggunakan Produk atau Jasa Sendiri

Apabila anda mempunyai tools dan dana yang sudah memadahi. Maka, anda pun dapat dengan langsung menawarkan produk ataupun jasa anda pada konsumen. Karena, anda juga harus memperhitungkan juga ongkos produksi dan juga pengeluaran anda saat memasarkan produk yang anda produksi ini sendiri.

Menjadi Dropshipper

Dalam menjadi seorang dropshipper ini, anda tidak perlu repot lagi untuk mengeluarkan biaya dalam mendapatkan produk untuk bisnis anda. Karena, anda nantinya akan menawarkan produk milik orang atau bisnis lain. Lalu menjual produk tersebut menggunakan nama anda sendiri pada konsumen anda. Dropshipper pun terbilang sebagai cara membangun bisnis online untuk pemula yang paling efektif.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang