SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Cara Melihat Peluang Bisnis di Zaman Sekarang, Mantap Caranya!

Nyatanya, banyak dari masyarakat Indonesia sendiri yang ingin mempunyai bisnis sukses. Namun mereka tidak mengetahui bidang apa yang cocok untuk diri mereka. Selain itu, terkadang mereka juga terbatas dengan beragam ide bisnis yang itu itu saja dan tidak dapat memikirkan sesuatu yang berbeda. Padahal, akhir akhir ini sudah banyak sekali para pelaku bisnis yang sudah semakin sukses saja dengan mengembangkan bisnis mereka masing masing. Memang, sekilas hal ini akan membuat anda merasa minder dengan orang orang yang ahli dalam cara melihat peluang bisnis di zaman sekarang. Namun, ada baiknya juga jika anda tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Karena, cara melihat peluang bisnis di zaman sekarang ini pun juga ternyata cukup banyak dan mudah juga untuk anda terapkan.

Cara Melihat Peluang Bisnis di Zaman Sekarang, Maksimalkan Waktu Anda!

Cara Melihat Peluang Bisnis di Zaman Sekarang, Maksimalkan Waktu Anda!

Memahami Kebutuhan Orang Orang Sekitar

Sebagai cara melihat peluang bisnis di zaman sekarang yang pertama, anda dapat mencoba untuk memahami beragam kebutuhan dari orang sekitar anda. Sehingga, Ketika anda hidup dalam lingkungan yang tetangga kiri kanan anda ramai memiliki sebuah bisnis namun mereka masih memanfaatkan strategi marketing sederhana. Anda dapat mencoba untuk menawarkan jasa pembuatan website maupun konten sosial media untuk membantu meningkatkan penjualan mereka.

Peluang Bisnis Biasanya Muncul dari Diri Anda Sendiri

Jika pada cara melihat peluang bisnis di zaman sekarang sebelumnya kita memperhatikan orang lain sebagai role model. Maka, saat ini coba untuk memperhatikan diri kita sendiri sebagai role modelnya. Singkatnya, cobalah merenung sejenak dan jika perlu, siapkan lah sebuah catatan kecil tentang beberapa hal yang anda kuasai atau yang anda sukai. Misalnya, anda tertarik dalam mengoprasikan sebuah laptop atau komputer. Maka, anda dapat mencoba untuk menjual beragam komponen komputer, ataupun mencoba untuk menawarkan jasa reparasi komputer kepada masyarakat sekitar.

Perhatikan Trend yang Sedang Terjadi Saat Ini

Selanjutnya, cara melihat peluang bisnis di zaman sekarang adalah memperhatikan trend. Saat tahun 2020 lalu, menjual beragam alat Kesehatan seperti masker dan hand sanitizer sendiri adalah pilihan yang tepat karena memang saat itu peran dari peralatan tersebut sangat penting sekali. Namun, apakah hal yang sama ini dapat anda terapkan dalam 5 tahun lagi setelah orang orang ramai melakukan vaksinasi? Pastinya tidak bukan?

Karena itulah, anda pun juga harus memperhatikan trend yang sedang terjadi juga baik dalam trend sekitar, ataupun juga trend yang lebih luas hingga internasional. Bisa saja anda memiliki sebuah bisnis yang musiman, namun hasilnya dapat mengalahkan bisnis yang trend nya ini tidak pernah mati.

Membaca Media Tulisan Seputar Dunia Bisnis (Majalah, Buku, Koran, Tabloid)

Cara melihat peluang bisnis di zaman sekarang selanjutnya ini adalah dengan membaca beragam media tulisan tentang dunia bisnis. Bisa jadi itu majalah, buku, koran, tabloid, dan lain lain baik dalam bentuk online maupun cetak. Faktanya, banyak juga loh orang orang sukses yang berawal dengan informasi media tulisan ini!

Berkomunikasi Dengan Pelaku Bisnis yang Sukses

Jika anda mengenal seorang pelaku bisnis yang sudah sukses jauh lebih lama, jangan menyia nyiakan kesempatan tersebut! Sebaliknya, cobalah untuk berkomunikasi dengan mereka baik itu berguru, ataupun juga dengan meminta saran. Memang, anda tidak akan bisa meniru seluruh informasi dan strategi yang mereka miliki lalu anda terapkan begitu saja pada bisnis anda. Akan tetapi, anda pun dapat mengembangkan lagi bukan strategi yang telah mereka lakukan sebelumnya tersebut? Karena itulah, sosok inspirasi seperti ini akan sangat penting juga untuk anda. Terlebih dalam perjalanan karir untuk membangun sebuah bisnis.

Ikut Serta Dalam Acara Bisnis

Ikut serta dalam acara bisnis menjadi salah satu cara melihat peluang bisnis di zaman sekarang yang cukup efektif juga penggunaannya. Karena, anda umumnya akan banyak melihat berbagai macam ide baru yang sebelumnya tidak akan pernah anda pikirkan sama sekali. Misalnya saja, Ketika anda mendatangi acara bisnis seputar teknologi pemasaran terbaru. Anda dapat belajar teknologi pemasaran baru tersebut dan menggunakannya sebelum kompetitor lain menggunakan teknologi pemasaran tersebut untuk membantu bisnis mereka.

Bergabung Dalam Seminar dan Webinar Bisnis

Mengikuti sebuah seminar maupun webinar sendiri ternyata masih menjadi salah satu cara melihat peluang bisnis di zaman sekarang yang popular hingga saat ini. Terlebih lagi saat ini sudah ramai sekali seminar dan webinar bisnis yang dapat anda ikuti untuk memperoleh pengetahuan. Akan tetapi, cobalah untuk memilih seminar maupun webinar apa saja yang akan anda ikuti nantinya. Misalnya, apabila anda masih baru dalam sebuah seminar ini, cobalah untuk mengikuti seminar bisnis yang bersifat gratis.

Pasang Mata dan Telinga Anda Pada Sosial Media

Sosial media memang sebuah platform yang mengasyikkan untuk scrolling sambal memperhatikan kabar kabar terbaru. Namun, bukannya lebih baik jika anda melakukan scrolling pada sosial media dengan konten yang selalu membahas perkembangan bisnis ini? Jadi, internet dan waktu yang anda miliki tidak akan habis untuk hal hal yang kurang produktif saja deh.

Berwisata

Berwisata dengan niat self healing mungkin hanya akan menghabiskan waktu dan uang anda saja untuk melakukannya. Akan tetapi, Ketika anda memfokuskan niat wisata ini dengan mencari peluang bisnis terbaru. Anda pun akan terjamin untuk mendapatkan pengalaman wisata yang jauh lebih baik loh! Misalnya saja, apabila anda sedang berwisata dalam pelosok desa tertentu dan menemukan sebuah toko souvenir yang menarik. Cobalah untuk mewawancarai toko souvenir tersebut. Jika berhasil, anda pun dapat menjadi reseller langsung loh dari toko tersebut!

Memulai Bisnis Sebagai Solusi dari Masalah

Kemudian, cara melihat peluang bisnis di zaman sekarang pun juga dapat anda dapatkan Ketika anda ingin memberikan sebuah solusi. Dalam menghadapi sebuah permasalahan tertentu. Misalnya saja, dalam pandemi lalu masker medis merupakan salah satu hal yang keberadaannya sangat minim dan langka. Sehingga, banyak orang yang akhirnya berkreasi sendiri dengan membuat masker kain buatan mereka sendiri.

Jadikan Generasi Muda Sebagai Role Model

Generasi muda, tidak harus selalu kalah jika kita bandingkan dengan generasi sebelumnya. Melainkan, saat ini pun sudah banyak sekali anak muda yang sukses dengan bisnis mereka. Mengalahkan berbagai orang dewasa dalam penghasilan maupun karir mereka tersebut. Nah, hal ini pun dapat anda manfaatkan juga sebagai cara melihat peluang bisnis di zaman sekarang. Karena generasi muda umumnya akan memiliki ide yang lebih fresh juga.

Kegagalan, Adalah Guru Anda

Terakhir, cara melihat peluang bisnis di zaman sekarang adalah menjadikan kegagalan sebagai guru. Dunia bisnis tidak hanya berpusat pada kisah sukses dari para pelakunya saja. Melainkan, ada banyak sekali kisah gagal yang seringkali masyarakat Indonesia abaikan dalam mempelajari pengalaman dari seorang pelaku bisnis sukses ini. Padahal, kegagalan ini memiliki pesan moral yang sangat dalam dalam cara melihat peluang bisnis di zaman sekarang ini.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang