SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Peran Penting Strategi Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis

Untuk menjadikan sebuah bisnis agar dapat sukses dalam menjalani persaingan yang saat ini terbilang sangat ketat dengan adanya perkembangan teknologi. Strategi pemasaran adalah kunci utama dalam suatu bisnis yang harus anda perhatikan dengan seksama. Karenanya, dalam dunia bisnis sendiri, strategi pemasaran dalam studi kelayakan bisnis pun sangat penting manfaatnya.

Sebagai petunjuk bagi para pelaku bisnis dalam mengukur dan menjalankan strategi pemasaran mereka. Kemudian, dalam strategi pemasaran dalam studi kelayakan bisnis ini juga ada beberapa bagian penting yang juga harus anda pahami lagi. Untuk memaksimalkan performa dari pemasaran bisnis anda. Maka dari itu, simak baik baik yuk tentang apa saja bagian penting tersebut dalam menciptakan sebuah strategi pemasaran ini!

Strategi Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis, Apa Saja

Strategi Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis, Apa Saja?

1. Specification & Differentation Product

Dalam strategi pemasaran dalam studi kelayakan bisnis ini, hal yang harus anda pahami sebagai hal dasar adalah spesifikasi yang ada dalam produk. Seperti yang telah kita ketahui, produk ini merupakan beragam barang ataupun jasa yang nantinya kita tawarkan kepada konsumen bukan? Karenanya, anda pun harus mengetahui terlebih dahulu beragam spesifikasi yang terdapat dalam produk tersebut. Mulai dari brand, package, after sales, warranty, dan lain lain.

Untuk meningkatkan kualitas dari produk yang anda tawarkan kepada konsumen ini. Perhatikanlah dengan baik permintaan apa saja yang konsumen maupun pasar ini inginkan dalam produk anda tersebut. Sehingga, anda pun nantinya akan lebih mudah lagi untuk menentukan keputusan penting terkait produk tersebut. Baik itu strategi pemasaran, harga, target konsumen, pelayanan, dan lain lain. Kemudian, seperti yang telah kita bahas sebelumnya, produk ini bukan hanya berarti sebagai barang yang anda jual saja ya! Melainkan, jasa yang anda tawarkan pun juga termasuk dalam produk juga.

Untuk menentukan spesifikasi dalam sebuah produk yang anda miliki ini. Anda dapat mencoba untuk melakukan Analisa terhadap kegiatan dan perubahan pasar yang terjadi saat ini. Yakni, perhatikanlah bagaimana calon pembeli dari bisnis anda, menginginkan sesuatu yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dengan begitu, produk anda pun nantinya dapat lebih sesuai lagi dengan permintaan pasar yang ada saat ini. Nah, dalam hal inilah sebuah strategi pemasaran dalam studi kelayakan bisnis yang Bernama segmentasi pasar akan sangat berpengaruh. Sehingga, produk anda pun nantinya akan menyasar target konsumen yang benar benar membutuhkannya.

Akan tetapi, ada juga beberapa strategi pasar yang harus anda perhatikan terlebih dahulu sebelum kita membahas apa itu segmentasi pasar. Yakni, kita akan membahas diferensiasi produk. Semua pelaku bisnis harus benar benar memahami strategi pemasaran ini agar dapat menentukan motif pembelian dari produk mereka. Selain itu, diferensiasi ini pun dapat meningkatkan daya jual produk anda kepada konsumen. Karena produk yang anda tawarkan tersebut dapat membedakan anda dari kompetitor bisnis.

Memang, saat ini banyak sekali produk dalam bentuk fisik yang umumnya akan terlihat sama. Walaupun mereka berasal dari berbagai macam brand yang berbeda beda. Misalnya saja dengan produk mentega dan juga air mineral. Nah, dalam hal ini anda dapat mencoba untuk memberikan sebuah kemasan unik, ataupun bentuk fisik produk yang cukup berbeda juga jika anda mampu.

Singkatnya, strategi pemasaran spesifikasi dan diferensiasi produk ini nantinya dapat meningkatkan permintaan akan produk yang anda tawarkan kepada konsumen ini. Jadi, walaupun permintaan pasar dalam beberapa produk seperti mentega dan air mineral ini mungkin akan sulit sekali untuk anda lakukan. Akan tetapi, bukan berarti anda tidak memiliki cara juga ya untuk menambah penjualan produk tersebut! Melainkan, spesifikasi dan diferensiasi produk ini lah yang dapat membantu anda untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

2. Segmentasi Pasar

Selain dengan spesifikasi dan diferensiasi produk dalam strategi pemasaran dalam studi kelayakan bisnis. Ada juga strategi pemasaran yang terkenal dengan nama segmentasi pasar. Yakni, sebuah strategi pasar yang dapat membagi calon konsumen anda berdasarkan kriteria tertentu. Agar anda dapat mengetahui konsumen mana saja yang benar benar tertarik dengan produk anda.

Terlebih lagi saat ini banyak sekali perluasan pasar yang terjadi karena adanya perkembangan teknologi. Sehingga, hal ini pun menjadikan bisnis agar lebih teliti lagi dalam melakukan segmentasi pasar. Jadi, segemntasi pasar ini akan membantu anda memisakan konsumen dari target pasar yang campur aduk tadi. Menjadi kelompok konsumen tertentu yang tertarik dengan produk anda.

Bagaimana Memaksimalkan Segmentasi Pasar?

Untuk melakukan segmentasi pasar sendiri pastinya anda harus memperhatikan beberapa hal juga untuk mendapatkan sebuah hasil yang maksimal. Karena, tidak semua hal ini dapat anda masukkan juga loh dalam menerapkan strategi segmentasi pasar ini!

Nah, untuk memulai strategi segmentasi ini. Anda dapat memulai dengan membedakan media pemasaran anda dengan memilih. Manakah media yang sesuai untuk memasarkan produk anda tersebut pada saat ini. Dengan begitu, anda pun dapat menghemat ongkos promosi anda dengan melakukan pengiklanan. Kepada mereka yang benar benar tertarik dengan produk anda tersebut.

3. Analisa Pasar

Kemudian, ada juga Analisa pasar yang harus anda perhatikan dengan baik dalam strategi pemasaran dalam studi kelayakan bisnis ini. Seperti Namanya, Analisa ini adalah kegiatan anda dalam membuat sebuah rencana pasar. Yang nantinya akan sesuai dengan kondisi dan situasi pasar saat ini agar memaksimalkan penghasilan dari bisnis anda.

4. Kompetitor

Pasar bukanlah satu satunya hal yang harus anda Analisa juga dalam strategi pemasaran dalam studi kelayakan bisnis ini. Melainkan, anda pun juga harus memperhatikan kompetitor anda dengan baik juga! Bahkan, manfaat yang anda dapatkan dalam melakukan Analisa kompetitor ini ternyata sangat besar juga loh untuk perkembangan bisnis. Nah, jika anda tidak terlalu mengetahui apa itu kompetitor. Mereka adalah bisnis lain yang memiliki produk ataupun konsumen yang sama dengan bisnis anda.

Dengan melakukan Analisa kompetitor ini, anda dapat mencoba untuk mencatat beberapa hal penting. Mulai dari ancaman, strategi yang kompetitor gunakan dalam membangun bisnis, peluang sukses bisnis anda, dan lain lain. Kemudian, anda pun juga harus memperhatikan juga bagaimana kekuatan dan kelemahan yang ada dalam diri kompetitor anda ini. Sehingga dapat anda manfaatkan data tersebut dalam strategi pemasaran dalam studi kelayakan bisnis anda.

5. Promosi

Terakhir, strategi pemasaran dalam studi kelayakan bisnis adalah dengan promosi. Untuk membangun sebuah bisnis dan mencapai kesuksesan, promosi sendiri merupakan senjata yang dapat anda gunakan untuk meraih tujuan tersebut. Karena, sebagai sebuah kegiatan yang berperan untuk menawarkan produk anda kepada para konsumen agar mereka lebih tertarik dengan produk tersebut. Promosi ini memiliki peran yang sangat penting sekali dalam strategi pemasaran dalam studi kelayakan bisnis. Karena, semakin anda gencar dalam memberikan promosi ini. Anda pun akan lebih banyak lagi memberikan beragam informasi kepada konsumen, tentang produk yang anda coba tawarkan kepada mereka.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang