SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Inilah Cara Ampuh Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri

Dengan adanya perkembangan internet yang siap membantu anda, memulai bisnis fashion dengan brand sendiri saat ini bukan hanya impian anda saja. Terlebih lagi apabila kita lihat sebuah fakta bahwa pakaian sendiri merupakan sebuah produk. Yang mempunyai banyak sekali target pasar dari berbagai macam kalangan. Sehingga, anda pun mempunyai peluang yang lebih besar lagi dalam mempromosikan bisnis fashion tersebut. Nah, bagaimana kira kira cara kita memulai bisnis fashion dengan brand sendiri ini? Berikut penjelasannya!

Ingin Menjadi Ikon Fashion? Inilah Cara Memulai Brand Fashion Anda Sendiri!

Ingin Menjadi Ikon Fashion? Inilah Cara Memulai Brand Fashion Anda Sendiri!

Perlu anda ketahui juga, internet mungkin dapat dengan mudah membantu anda dalam memulai bisnis fashion dengan brand sendiri. Akan tetapi, tentunya anda tidak bisa langsung terjun begitu saja dalam bisnis fashion ini bukan? Karena itulah, agar anda tidak salah langkah dalam perjalanan bisnis ini. Inilah cara memulai bisnis fashion dengan brand sendiri yang harus anda perhatikan. Seperti :

1. Jalankan Riset Pasar

Pertama, memulai bisnis fashion dengan brand sendiri adalah dengan riset pasar. Dengan menjalankan riset pasar ini, terlebih lagi jika anda mempunyai pengetahuan layaknya konsultan digital marketing. Anda dapat memahami tentang jenis fashion apa yang sedang trending dalam pasar saat ini. Karena itulah, beberapa pelaku bisnis sendiri menganggap bahwa proses menjalankan riset pasar ini. Merupakan sebuah proses yang panjang dan berliku liku agar mereka mempunyai hasil yang sempurna. Namun, bukan berarti anda juga harus menerapkan riset yang juga berliku liku juga ya!

Melainkan, anda dapat menjalankan sebuah riset yang lebih sederhana lagi dengan hasil yang cukup memuaskan. Misalnya, anda dapat mencoba untuk melihat kompetitor langsung, apa saja yang saat ini konsumen inginkan dari mereka. Nah, apabila anda sudah mempunyai sebuah gambaran rencana terhadap bisnis yang akan anda jalankan ini. Maka, anda pun dapat mengetahui brand apa saja yang nantinya akan bersaing langsung dengan bisnis anda.

2. Bentuk Sebuah Brand Bisnis

Kedua, memulai bisnis fashion dengan brand sendiri adalah dengan branding bisnis. Mungkin sudah tidak terasa aneh lagi, bahwa apabila anda ingin memulai bisnis fashion dengan brand sendiri. Maka, anda pun tentunya harus mempersiapkan brand yang dapat diingat dengan mudah. Terlebih lagi dengan penggunaan sebuah nama brand untuk bisnis fashion anda tersebut. Pastikan bahwa konsumen anda nantinya dapat dengan mudah mengingat nama dari brand fashion anda tersebut. Selain itu, pastikan juga bahwa nama yang anda pilih ini belum orang lain gunakan sebelumnya untuk menghindari tindakan copyright claim.

3. Ciptakan Sebuah Rencana Bisnis

Rencana bisnis merupakan salah satu hal penting lainnya dalam memulai bisnis fashion dengan brand sendiri. Dengan begitu, anda pun nantinya akan memiliki sebuah acuan yang dapat menjadi pemandu anda dalam proses membangun bisnis ini. Karena, semua hal yang harus anda perhatikan dalam bisnis ini, pastinya sudah ada dalam rencana bisnis tersebut. Mulai dari jenis fashion apa yang ingin anda jual, rencana keuangan, strategi promosi, profil & story dari brand anda, serta tujuan utama dari bisnis tersebut.

4. Perhatikan Modal Bisnis Anda

Apabila anda memutuskan untuk memulai bisnis fashion dengan brand sendiri. Maka, anda pun juga harus selalu siap untuk mengeluarkan beberapa modal terlebih dahulu untuk bisnsi anda tersebut. Pada bagian inilah, banyak sekali para pelaku bisnis yang akhirnya mundul dalam menciptakan brand mereka sendiri. Padahal, saat ini pun banyak sekali brand besar yang siap membantu mereka baik dalam bentuk reseller, ataupun juga dengan sistem dropshipper.

Nah, apabila anda ingin memulai bisnis fashion dengan brand sendiri dalam bentuk reseller ataupun dropshipper. Anda dapat membangun sebuah brand ini dengan membuat sebuah post yang terdapat nama brand anda di dalamnya. Serta, jangan lupa untuk mengemas produk fashion anda dengan menggunakan kemasan yang dapat menunjukkan identitas bisnis tersebut. Nah, ide dropship dan resell inilah yang dapat menjadi alternatif bisnis apabila anda tidak mempunyai modal yang cukup.

5. Temukan Supplier Bahan

Kemudian, apabila anda memulai bisnis fashion dengan brand sendiri dengan melakukan produksi baju sendiri. Maka, menemukan supplier bahan adalah hal penting yang tidak boleh anda lewatkan juga. Umumnya, anda pun juga dapat menggunakan sistem reseller maupun dropshipper ini dalam kasus supplier bahan ini.

Namun, anda juga dapat mencari sebuah usaha konveksi yang dapat menjadi supplier kain pada bisnis fashion anda langsung. Atau, anda pun juga dapat mencari supplier terlebih dahulu dan membawa bahan baku kain untuk anda jahitkan melalui usaha konveksi tersebut. Banyak sekali kan pilihan dalam memulai bisnis fashion dengan brand sendiri ini?

6. Kerja Sama Dengan Bisnis Sablon

Bisnis fashion sendiri mempunyai banyak sekali pilihan produk yang dapat anda pilih. Nah, apabila pilihan anda jatuh pada jenis kaos sablon ini. Maka, anda harus menemukan bisnis sablon yang dapat menjalin kerja sama langsung dengan anda. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas sablon tersebut juga ya!

7. Promosikan Brand Anda Melalui Distro

Apabila anda ingin brand fashion ini berbentuk usaha distro. Maka, anda dapat mencoba untuk mempromosikan brand tersebut melalui usaha distro yang tersedia pada wilayah sekitar anda. Jadi, apabila anda merasa bahwa produk anda sudah layak untuk bersaing pada pasar. Langkah selanjutnya adalah menitipkan produk tersebut kepada usaha distro yang tersedia. Umumnya, anda pun tidak harus mengeluarkan biaya untuk menitipkan produk pada usaha distro ini. Melainkan, hasil yang anda peroleh dalam penjualan ini nantinya akan terpotong oleh pihak distro sebagai bentuk komisi penjualan.

8. Jangan Lupa Dengan Sosial Media

Menitipkan produk anda pada usaha distro mungkin merupakan salah satu cara efektif anda dalam memasarkan brand. Namun, jangan lupa juga bahwa saat ini anda berada pada zaman teknologi yang sosial media sendiri mempunyai peran besar dalam proses pemasaran. Karenanya, anda pun juga dapat menggunakan sosial media ini sebagai bentuk pembangunan brand bisnis fashion anda. Terlebih lagi sosial media ini juga dapat membantu anda berinteraksi langsung dengan para konsumen.

9. Tawarkan Juga Brand Anda Melalui Marketplace

Ketika konsumen ini menemukan brand bisnis anda melalui sosial media. Maka, besar kemungkinannya juga bahwa mereka akan menelusuri marketplace untuk mencari brand bisnis anda tersebut. Karena itulah, anda pun juga harus menggunakan marketplace ini sebagai bentuk penjualan brand binsis anda. Terlebih lagi konsumen akan lebih percaya karena marketplace mempunyai keamanan yang sangat baik dalam proses transaksinya.

10. Kembangkan Juga Website Resmi Bisnis Anda

Selain dengan sosial media dan juga marketplace, website pun saat ini menjadi salah satu media penting yang banyak digunakan oleh brand bisnis lokal. Karena, website ini dapat meningkatkan kredibilitas, serta menciptakan sebuah proses transaksi yang jauh lebih praktis lagi. Selain itu, anda pun juga dapat memberikan berbagai macam promosi dalam website ini agar konsumen semakin tertarik membeli produk dari bisnis anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang