SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Ide dan Peluang Usaha Makanan Tradisional yang Menguntungkan

Memang benar jika saat ini makanan luar merupakan produk makanan yang banyak generasi milenial sukai daripada makanan tradisional. Akan tetapi, bukan berarti bahwa ide dan peluang usaha makanan tradisional sendiri. tidak mempunyai kesempatan juga dalam bersaing dengan makanan luar ini. Misalnya saja dengan olahan seblak ataupun gudeg serta nasi uduk yang hingga kini masih saja mempunyai peminat yang cukup tinggi.

Dari situlah dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya, ide dan peluang usaha makanan tradisional ini dapat anda gunakan untuk bersaing dengan makanan luar. Terlebih lagi, dengan Teknik pemasaran yang tepat, anda pun akan memiliki harga jual yang sangat tinggi juga bahkan dapat mengalahkan harga dari makanan luar ini. Selain itu, permainan packaging pun akan mempunyai peranan yang penting juga karena ternyata. Masyarakat Indonesia sendiri juga sangat memperhatikan pengemasan dari sebuah makanan yang mereka beli.

Singkatnya, dengan pengelolaan yang baik, strategi pemasaran yang optimal, serta kemasan yang cantik dan menarik. Tidak ada alasan lagi bahwa ide dan peluang usaha makanan tradisional ini tidak dapat mengalahkan makanan dari luar. Bahkan, ada beberapa cerita juga dari seseorang yang berhasil membeli rumah sendiri dengan menjual berbagai macam makanan tradisional saja. Selain itu, ada juga rumah makan dengan menu tradisional yang berhasil membuka cabang di seluruh wilayah Indonesia dengan ratusan karyawan mereka. Tertarik dengan ide dan peluang usaha makanan tradisional ini? Berikut adalah contoh makanan tradisional yang dapat anda manfaatkan!

Ide dan Peluang Usaha Makanan Tradisional, Tidak Kalah Jauh Dengan Makanan Luar Negeri

Ide dan Peluang Usaha Makanan Tradisional, Tidak Kalah Jauh Dengan Makanan Luar Negeri

1. Serabi

Serabi sendiri merupakan makanan khas dari daerah Jawa Barat yang banyak sekali penggemarnya merupakan orang Sunda. Walaupun serabi merupakan makanan yang berasal dari Jawa Barat, makanan ini pun ternyata sudah terkenal luas di berbagai macam wilayah Indonesia. Padahal, surabi sendiri membutuhkan bahan baku yang tidak rumit loh apabila anda ingin membuatnya sendiri. anda hanya membutuhkan tepung beras, parutan kelapa, oncom, dan juga santan kental. Selain itu, anda pun dapat memberikan berbagai macam varian rasa. Mulai dari coklat, keju, blueberry, strawberry, dan lain lain.

2. Seblak

Sama halnya dengan serabi, seblak sendiri merupakan salah satu ide dan peluang usaha makanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Makanan yang berasal dari kerupuk yang direndam dalam air dan bercampur dengan beragam bumbu dan toping ini. Dapat menghasilkan cita rasa pedas gurih yang terbilang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Sama halnya dengan serabi, seblak pun juga terkenal pada seluruh wilayah Indonesia juga walaupun merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Sehingga, anda pun tidak perlu ragu untuk memperkenalkan olahan seblak Ketika ingin membangun usaha seblak pada daerah luar Jawa Barat

3. Gado-Gado

Masih berpusat pada ide dan peluang usaha makanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat, makanan selanjutnya adalah gado gado. Karena kota asal dari gado gado ini adalah Jakarta, anda pun dapat menemukan banyak sekali pedagang yang menjual makanan ini. Mulai dari pedagang kaki lima pinggir jalan, hingga restoran mewah pada kota Jakarta.

Selain terkenal pada wilayah Indonesia, gado gado sendiri ternyata sudah mendapatkan pengakuan langsung dari masyarakat dunia loh! Terlebih lagi masyarakat dunia seperti halnya Amerika sana yang lebih mengutamakan makanan dengan tingkat Kesehatan yang tinggi. Untuk memulai usaha gado gado ini, anda tidak membutuhkan modal yang tinggi juga ya!

4. Pempek

Rasanya akan terasa sulit sekali menemukan masyarakat Indonesia yang tidak mengenal nama makanan pempek ini. Makanan khas yang berasal dari Palembang ini, memberikan cita rasa yang lezat untuk masyarakat Indonesia. Terlebih lagi jika pempek ini anda sandingkan dengan bumbu cuka dengan rasa masam dan pedasnya. Selain itu, pempek pun juga memiliki berbagai macam variasi bentuk juga. Baik itu pempek pistel, lenjer, bulat, kapal selam, telur kecil, dan lain lain.

5. Batagor

Banyak masyarakat yang sudah mengenal dengan baik ide dan peluang usaha makanan tradisional batagor ini. Makanan yang merupakan singkatan dari Baso tahu goreng ini merupakan salah satu makanan khas dari daerah Jawa Barat lainnya. Seperti Namanya, batagor ini merupakan makanan yang terbuat dari tahu yang berlapis dengan adonan tepung yang kemudian bercampur dengan ikan.

Selanjutnya, batagor ini akan melalui proses penggorengan ringan hingga menghasilkan warna emas kecoklatan yang cukup menarik. Untuk Teknik penyajiannya, batagor sendiri dapat anda sajikan dengan bumbu saus kacang, sambal, dan sedikit kecap manis. Selain itu, ada juga varian batagor kuah yang dapat anda sajikan dengan menambahkan kuah kaldu.

6. Siomay

Sama halnya dengan batagor tadi, siomay merupakan salah satu ide dan peluang usaha makanan tradisional lain yang berasal dari Jawa Barat juga. Bahkan, anda pun dapat menemukan banyak sekali loh pedagang siomay ini, khususnya pada daerah kota Bandung. Pada kota Bandung sendiri, siomay ini terdiri dari sayur kol rebus, telur, kentang, pare, dan juga kulit siomay. Untuk penyajiannya, anda dapat menuangkan saus kacang dan juga kecap manis dan sedikit sambal, sama seperti penyajian batagor bukan? Selain dengan cita rasa yang lezat, siomay pun dapat menekan ongkos pembuatan juga karena bahan baku yang anda butuhkan juga tidak terlalu mahal.

7. Makaroni Goreng

Salah satu ide dan peluang usaha makanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat lagi, yakni macaroni goreng. Awalnya, macaroni goreng sendiri merupakan makanan yang hanya terkenal pada daerah Tasikmalaya saja. Namun, ada seorang pedagang yang kemudian membawa macaroni ini pada wilayah Jakarta, dan ternyata banyak dari masyarakat Jakarta yang menyukai olahan ini.

8. Tahu Bulat

Selanjutnya, ide dan peluang usaha makanan tradisional adalah makanan tahu bulat. Pastinya anda tidak asing lagi bukan dengan olahan tahu bulat ini? Apalagi beberapa tahun lalu sempat ada game smartphone khusus tentang produk makanan tahu bulat ini. Ternyata, tahu bulat sendiri merupakan salah satu ide dan peluang usaha makanan tradisional yang berasal dari Tasikmalaya juga loh! Makanan dengan bahan dasar tahu yang kemudian tersajikan dengan beragam bumbu penyedap ini, menjadi salah satu camilan yang banyak sekali penggemarnya. Terlebih lagi harga tahu bulat ini yang sangat bersahabat, antara Rp 500 hingga Rp 1000 saja untuk setiap butirnya.

9. Cilok

Terakhir namun bukan akhir, adalah ide dan peluang usaha makanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat lagi, yakni cilok. Makanan cilok ini pun sudah terkenal sangat lama sekali loh seperti halnya pempek Palembang. Bahkan, usia cilok sendiri ternyata sudah lebih dari puluhan tahun menemani perjalanan kuliner dari masyarakat Indonesia. Sehingga, cilok ini akan cocok untuk anda yang ingin memulai usaha kuliner tradisional, namun bingung memilih produk olahan apa.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang