SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 21 Mei, 2024

Franchise Bakpao, Bisnis Kuliner Khas Tiongkok yang Potensial

Banyak warga Indonesia yang belum sadar, bahwa ternyata franchise bakpao bisa menjadi pilihan bisnis yang sangat menguntungkan. Bakpao sendiri merupakan salah satu jajanan ringan atau camilan yang sudah lama hadir menemari warga Indonesia. Dengan beragam varian rasa. Karena itulah, tak heran jika franchise bakpao memiliki potensi yang cukup besar hingga saat ini.

Ada banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan menjadi mitra dari salah satu franchise bakpao. Misalnya saja sistem manajemen bisnis yang sudah terbangun dan teruji dengan baik. Sehingga, Anda sebagai mitra tidak perlu lagi memulai dari nol, dan hanya perlu mengikuti peraturan dan kebijakan dari pihak pusat saja.

Karena itulah, ada baiknya juga apabila Anda memilih franchise bakpao yang memiliki track record, serta reputasi yang baik di kalangan warga Indonesia. Sehingga, peluang untuk memperoleh konsumen pun akan terbuka sangat luas. Walaupun Anda baru saja terjun dalam dunia bisnis. Tak hanya itu, Anda pun tentunya akan jauh lebih cepat memperoleh balik modal apabila terdapapt pembelian dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Nah, untuk Anda yang tidak sabar memulai berbisnis. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi franchise bakpao yang dapat Anda pertimbangkan.

Cocok Banget Untuk Pemula, Ini Nih Rekomendasi Franchise Bakpao

1. Bapauthing

Pertama, adalah franchise bakpao Bapauthing. Brand yang satu ini, merupakan brand yang dimiliki langsung oleh artis papan atas Indonesia. Yakni Baim dan Paula, yang juga memiliki bisnis F & B lain, yakni Donuthing. Selain dengan popularitas dari ownernya, franchise bakpao ini juga memiliki sajian bakpao khas. Yang jauh berbeda dengan kebanyakan bakpao pada umumnya. Yakni, mereka memiliki sajian bakpao berbentuk donat, yang berpadu dengan berbagai topping unik dan melimpah.

Dengan konsep franchise bakpao Bapauthing yakni “ The New Style Of Bakpau “. Mereka memiliki misi untuk terus memperluas sayap. Dengan menyajikan bakpao unik tersebut dengan beragam rasa. Serta harga yang sangat bersahabat. Agar dapat dinikmati oleh semua kalangan warga Indonesia.

Walaupun pertama kali berdiri pada tahun 2021 yang lalu, franchise bakpao ini telah memiliki lebih dari 10 outlet yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Adapun untuk Anda yang tertarik menjalin kerja sama, Anda dapat mempersiapkan modal sebesar Rp 24 juta terlebih dahulu. Untuk memperoleh kontrak kerja sama selama 3 tahun. Dengan keuntungan sekitar Rp 7.4 juta per bulan, mitra tidak perlu membayar royalty fee kepada pihak pusat.

2. Sanpao

Kedua, yaitu franchise bakpao Sanpao. Tidak jauh berbeda dengan brand yang sebelumnya. Franchise bakpao ini juga menawarkan olahan bakpao yang cukup unik, yakni sandwich yang berpadu dengan bakpao. Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan sandwich bukan? Makanan yang terdiri dari dua lapis roti, sayuran, keju, daging, dan beberapa saus tambahan.

Uniknya, franchise bakpao Sanpao memadukan 2 buah makanan dari negara yang berbeda. Yang mana bakpao berasal dari Tionghoa, dan Sandwich yang berasal dari Inggris. Walaupun begitu, ternyata Sanpao berhasil memadukan kedua makanan tersebut. Menjadi sebuah bakpao sebagai bungkusan, yang berisi beragam topping topping lezat di dalamnya.

Selanjutnya, untuk menjalin kerja sama dengan waralaba bakpao yang baru berdiri pada tahun 2021 ini. Anda dapat mempersiapkan modal investasi senilai Rp 34 juta terlebih dahulu. Memang, harga tersebut mungkin terlihat sangat mahal. Akan tetapi, Anda akan menerima kontrak kerja sama yang berlaku hingga 10 tahun lamanya. Tak hanya itu, Anda pun juga tidak wajib membayar royalty fee. Dengan perkiraan laba bersih per bulan yang mencapai Rp 7.8 juta.

3. Bakpao Koe

Selanjutnya, adalah franchise Bakpao Koe. Untuk Anda yang tertarik bermitra dengan brand yang satu ini, Anda dapat mempersiapkan modal investasi senilai Rp 20 juta terlebih dahulu. Dengan modal tersebut, mitra akan memperoleh fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari kompro gas, panci, freezer. Serta bahan baku bakpao dalam bentuk daging, tepung terigu, dan lain lain.

Hebatnya lagi, kontrak kerja sama dari franchise bakpao ini akan berlaku seumur hidup alias lifetime. Dan mitra juga tidak perlu membayar royalty fee apapun. Hanya saja, mitra harus membeli bahan baku langsung dari pihak pusat. Dalam bentuk keju, buah buahan, kacang tanah, daging, serta kacang hijau.

Tak hanya itu, mitra juga harus mempersiapkan tempat usaha terlebih dahulu, dengan luas paling tidak 2 meter. Dengan karyawan paling tidak 1 orang. Untuk lokasinya, tidak ada syarat khusus yang harus Anda penuhi. Hanya saja, akan lebih baik apabila Anda berjualan di daerah yang ramai akan aktivitas penduduk sekitar.

4. Pop Pao

Terakhir namun bukan akhir, adalah franchise bakpao Pop Pao. Untuk menjalin kerja sama dengan waralaba bakpao Pop Pao. Anda dapat mempersiapkan modal investasi senilai Rp 85 juta terlebih dahulu. Nantinya, dengan modal investasi tersebut mitra akan memperoleh fasilitas usaha yang sangat lengkap. Mulai dari seragam, perlengkapan usaha, supply bahan baku. Namun sayangnya modal tersebut masih di luar tempat sewa dan booth. Untuk balik modal sendiri, mitra dapat memperoleh BEP dalam kurun waktu yang kurang dari satu tahun.

Brand yang telah berdiri sejak tahun 2012 ini, memiliki variasi rasa yang cukup berlimpah. Mulai dari ayam kecap, teriyaki, rendang, keju manis, telur asin, srikaya, obomaltine, durian, dan lain lain. Franchise bakpao Pop Pao juga sudah memiliki 5 outlet yang tersebar di berbagai wlayah Indonesia. Setelah Anda menjalin kerja sama selama 1 tahun penuh, Anda juga memiliki kewajiban untuk membayar biaya perpanjangan seharga Rp 1 juta per tahunnya. Tidak ada royalty fee dalam kemitraan waralaba bakpao ini. Hanya saja, mitra harus membeli bahan baku langsung dari pihak pusat.

Ikuti Tips Berikut Ini Agar Franchise Bakpao Anda Cepat Sukses

Agar Anda dapat meningkatkan peluang sukses dari franchise bakpao yang Anda jalankan nantinya. Ada beberapa Langkah yang dapat Anda pelajari terlebih dahulu. Pertama, adalah dengan memperhatikan produk dan memberikan layanan terbaik, serta unik kepada para pelanggan. Kedua, yakni dengan memperhatikan profit yang akan Anda peroleh dengan menjadi mitra dari salah satu waralaba bakpao. Jangan sampai Anda memperoleh balik modal dengan kurun waktu yang terbilang cukup lama.

Ketiga, yakni mengenali para pelanggan Anda dengan baik. Keempat, yaitu Anda harus selalu berada pada status siap siaga. Karena Anda tidak tahu kapan kompetitor bisnis siap menyerang Anda. Terlebih lagi bisnis kuliner tercatat sebagai salah satu bisnis yang ramai dengan persaingan. Terakhir, Anda harus mempelajari peluang pasar dari franchise bakpao terlebih dahulu. Sebelum Anda memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan mereka. Tak hanya itu, Anda pun juga harus membaca kontrak kerja sama kemitraan dengan penuh ketelitian. Agar tidak terjadi salah paham di kemudian harinya.

Analisa Bisnis dari Kemitraan Franchise Bakpao

Untuk Anda yang mungkin masih ragu dalam memilih waralaba bakpao yang cocok untuk Anda. Berikut ini adalah sedikit rangkuman analisa bisnis dari kemitraan waralaba bakpao yang wajib Anda pertimbangkan.

Break Even Point (BEP)

  • Waktu Perkiraan BEP: Kisaran waktu untuk balik modal bervariasi. Beberapa franchise menawarkan BEP kurang dari satu tahun, sedangkan yang lain menawarkan BEP dalam beberapa bulan, seperti 3 hingga 5 bulan.

Potensi Penghasilan

  • Keuntungan Bulanan: Mitra dapat memperoleh laba bersih bulanan sekitar Rp 7.4 juta hingga Rp 7.8 juta tergantung pada franchise yang dipilih dan performa usaha.

Fasilitas/Perlengkapan Usaha yang Diperoleh Mitra

  • Fasilitas Usaha: Mitra umumnya akan memperoleh perlengkapan usaha lengkap seperti kompor gas, panci, freezer, seragam, dan booth portable.
  • Bahan Baku Awal: Franchise menyediakan bahan baku awal seperti daging, tepung terigu, keju, buah-buahan, kacang tanah, dan kacang hijau.
  • Media Promosi dan Branding: Media promosi, pelatihan, pendampingan, dan branding juga disertakan.
  • Kontrak Kerja Sama: Durasi kontrak kerja sama bervariasi, mulai dari 3 tahun hingga seumur hidup (lifetime).

Syarat untuk Mendaftar

  • Modal Investasi: Modal investasi yang dibutuhkan untuk bergabung dengan franchise bakpao bervariasi antara Rp 20 juta hingga Rp 85 juta.
  • Pembelian Bahan Baku: Beberapa franchise mengharuskan mitra untuk membeli bahan baku langsung dari pusat dalam bentuk frozen food.
  • Persiapan Tempat Usaha: Mitra harus mempersiapkan tempat usaha dengan luas minimal 2 meter dan mempekerjakan setidaknya 1 orang karyawan.

Ingin Memiliki Sebuah Bisnis? Daftarkan Diri Anda Sebagai Mitra Franchise

Hubungi Sekarang