SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 20 Agustus, 2022

Cara Sukses di Usia Muda Tanpa Modal, Tidak Ada yang Mustahil

Sudah menjadi impian dari banyak orang untuk menjadi seorang yang sukses baik dalam kehidupan sehari hari, ataupun juga kehidupan berbisnis. Terlebih lagi jika kita melihat beberapa tokoh figure atau bahkan teman dekat sendiri yang berhasil sukses walaupun dengan usia yang tidak berbeda jauh dengan kita. Memang, bercita cita untuk sukses sendiri merupakan sebuah hal yang sangat baik dan harus anda terapkan sebagai Langkah awal menempuh kesuksesan. Akan tetapi, bagaimana kira kira dengan cara sukses di usia muda tanpa modal ini? Sudahkah anda memahaminya?

Jika kita coba perhatikan Kembali secara terperinci, sukses sendiri sudah menjadi hal yang sulit untuk terlaksana. Terlebih lagi untuk beberapa orang yang modalnya minim atau bahkan tidak memiliki modal sama sekali. Memang, cara sukses di usia muda tanpa modal ini akan terlihat sangat sulit penerapannya. Akan tetapi, bukan berarti juga bahwa cara tersebut merupakan hal yang mustahil dan tidak dapat anda terapkan mulai dari sekarang. Nah, kira kira apa saja hal yang perlu anda terapkan agar dapat meraih kesuksesan pada usia muda? Berikut inilah penjelasan cara sukses di usia muda tanpa modal!

Tidak Sulit, Inilah Beberapa Cara Sukses di Usia Muda Tanpa Modal

Tidak Sulit, Inilah Beberapa Cara Sukses di Usia Muda Tanpa Modal

Singkatnya, untuk anda yang ingin memperoleh kesuksesan pada usia muda namun terkendala dengan modal dan pendanaan. Satu hal yang wajib anda lakukan sekarang juga adalah dengan menghilangkan kata “ instan “ pada kamus anda.

Karena, orang yang memiliki modal sendiri harus mengalami perjuangan yang sangat sulit dan penuh akan rintangan sebelum akhirnya mereka dapat sukses. Bagaimana dengan anda yang memiliki modal minimal atau bahkan tanpa modal sama sekali? Pastinya akan lebih sulit lagi bukan cara sukses di usia muda tanpa modal ini? Kemudian, setelah anda menghilangkan kata instan tersebut dalam pikiran anda. Ada beberapa tips lain lagi yang dapat anda jadikan pedoman cara sukses di usia muda tanpa modal. Seperti:

1. Menentukan Tujuan dan Goals

Pertama, cara sukses di usia muda tanpa modal adalah menenutkan tujuan dan goals. Sukses sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis goals. Namun, harus anda pahami terlebih dahulu kira kira jenis kesuksesan apa yang anda inginkan dalam kehidupan anda. Karena, beberapa orang atau bahkan hampir seluruh orang memiliki definisi sukses yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Itulah mengapa, akan ada sebuah peta yang berbeda beda dengan rangkaian jalur apa saja yang harus anda gunakan untuk meraih kesuksesan tersebut. Sebaiknya, anda menentukan goals yang lebih nyata, konkret, sederhana, dan dapat anda ukur dengan mudah. Nah, goals inilah yang dapat anda jadikan sebagai motivasi dan pedoman untuk meraih kesuksesan.

Perlu anda pahami juga, goals yang terlihat jangka Panjang seperti halnya ‘ ingin sukses. Merupakan sebuah framework dalam pembangunan karir ataupun usaha. Karenanya, cobalah untuk menambahkan beberapa goals kecil sebagai cara sukses di usia muda tanpa modal. Misalnya saja, anda ingin membangun sebuah franchise yang memiliki banyak cabang pada seluruh wilayah Indonesia dalam jangka waktu 10 tahun.

Nantinya, goals tersebut dapat anda jadikan sebagai goals jangka Panjang. Lalu anda harus menciptakan sebuah Langkah Langkah untuk mencapai tujuan tersebut atau dalam hal ini, adalah goals jangka pendek. Misalnya, untuk membangun sebuah franchise yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Anda harus :

  • Berhasil membangun brand agar banyak konsumen yang percaya;
  • Menentukan dan mengoptimalkan basis konsumen sebaik mungkin;
  • Menemukan mitra dalam bentuk supplier atau mitra lainnya agar pembangunan franchise berjalan lebih mudah;
  • Berhasil meyakinkan investor untuk mengikuti program franchise anda;
  • Dan lain sebagainya.

Berbagai macam golas jangka pendek inilah yang nantinya akan berperan untuk memotivsi dan memandu anda dalam cara sukses di usia muda tanpa modal. Jangan pernah merasa ragu dalam menyelesaikan goals ini, karena tekad yang kuat pasti akan membantu anda sebagai cara sukses di usia muda tanpa modal.

2. Temukan dan Berguru Pada Sosok Mentor Dalam Karir Anda

Selanjutnya, temukan guru sebagai cara sukses di usia muda tanpa modal ini. Setelah anda selesai dalam menentukan goals baik jangka Panjang atau jangka pendek. Maka Langkah selanjutnya dalam cara sukses di usia muda tanpa modal ini adalah dengan menemukan sosok mentor dalam karir anda. Banyak sekali pengalaman, serta informasi mereka yang akan sangat penting utnuk mengembangkan perjalanan karir anda.

Perlu anda garis bawahi, mentor ini tidak harus seorang ‘ mentor ‘ yang dapat anda hubungi secara langsung dan ajak berdiskusi sewaktu waktu jika ada masalah. Memang akan menjadi sebuah nilai tambah tersendiri apabila mentor yang anda temukan dapat menyediakan berbagai macam hal tersebut. Akan tetapi, anda pun juga dapat mencari dan menjadikan seseorang sebagai mentor, dengan melakukan beberapa cara. Seperti mengikuti seminar bisnis, menonton video youtube dari sosok mentor anda, atau mengikuti kelas pelatihan dari sosok mentor tersebut.

Ada juga beberapa buku ilmu pengetahuan yang tidak kalah jauh jika anda bandingkan dengan sosok mentor. Karena, ilmu pengetahuan sendiri sejatinya merupakan mentor yang baik untuk mengajari anda dalam beberapa hal. Akan ada banyak sekali informasi penting dalam sebuah buku pengetahuan yang dapat anda jadikan sebagai salah satu cara sukses di usia muda tanpa modal.

3. Jadikan Kesalahan Sebagai Mentor Anda

Kemudian, cara sukses di usia muda tanpa modal adalah menjadikan kesalahan sebagai mentor. Langkah anda dalam mencapai kesuksesan tidak akan lengkap jika anda tidak pernah melakukan kesalahan. Karena, banyak sekali sosok tokoh figure yang berhasil sukses dengan mempelajari dan memperbaiki seluruh kesalahan yang mereka buat sebelumnya. Karenanya, jangan terlalu merasa kecewa jika anda merasa gagal dalam mencapai suatu goals. Lalu, jadikanlah kesalahan tersebut sebagai cara sukses di usia muda tanpa modal.

Mempelajari kesalahan anda sebelumnya  sebagai cara sukses di usia muda tanpa modal juga dapat menjadikan anda lebih waspada lagi untuk mengambil Langkah kedepan dan menghindari kesalahan yang sama. Sehingga, anda tidak harus terjebak pada lubang yang sama berkali kali yang tentunya akan sangat menghabiskan tenaga dan waktu anda. Selain itu, jangan ragu juga untuk menerapkan berbagai macam hal baru hanya karena ada resiko yang cukup besar dalam hal tersebut. Karena, kesuksesan seringkali datang dengan anda yang berani mencoba sesuatu yang baru.

4. Selalu Waspada Terhadap Penggunaan Modal

Terakhir, cara sukses di usia muda tanpa modal yakni waspada pada penggunaan modal. Orang yang sukses, terkadang dapat terlihat dengan modal yang mereka keluarkan untuk mencapai kesuksesan tersebut. Namun, bukan berarti modal ini hanya berbentuk keuangan saja. Melainkan, modal juga dapat anda artikal sebagai pengalaman, keahlian, maupun pengetahuan anda dalam mencapai kesuksesan tersebut. Nah, cobalah untuk menanam sebanyak mungkin beberapa modal non uang tersebut terlebih lagi dengan usia yang masih muda.

Sembari anda menabung modal dalam bentuk pengetahuan dan kemampuan, anda juga dapat menabung modal dalam bentuk keuangan. Yang berasal dari uang jajan, ataupun juga gaji pekerjaan yang anda lakukan saat ini. Nantinya, tabungan inilah yang akan berperan penting sebagai modal awal anda dalam mencapai sebuah kesuksesan. Anda dapat mencoba untuk menginvestasikan modal berbentuk keuangan tersebut dalam bisnis agar pembangunannya dapat berjalan lebih cepat lagi.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang