SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Cara Mencari Modal Untuk Membangun Usaha Tanpa Hutang

Terkendala modal mungkin sudah menjadi alasan yang sangat sering sekali anda temukan pada beberapa pelaku usaha pemula. Namun sayangnya permasalahan ini belum memiliki solusi pasti terhadap penyelesaiannya. Selain itu, beberapa pelaku usaha pemula juga tidak ingin pikiran mereka terbebani dengan adanya sebuah hutang piutang. Sehingga, mereka juga membutuhkan cara mencari modal usaha tanpa hutang. Sehingga, semua kebutuhan dan kepentingan usaha dapat terpenuhi secara langsung tanpa adanya beban pikiran.

Selain itu, meminjam dana melalui hutang sendiri terkadang membutuhkan persyaratan dan jaminan yang cukup beresiko saat usaha anda gagal. Karena itulah, agar anda berhasil membangun sebuah usaha hingga sukses namun tidak ingin khawatir dengan resiko tersebut. Berikut adalah beberapa cara mencari modal usaha tanpa hutang yang dapat anda terapkan saat ini juga. Tertarik untuk mengetahui beragam cara ini?

Tidak Mau Terbebani Hutang Inilah Cara Mencari Modal Usaha yang Cocok Untuk Anda

Tidak Mau Terbebani Hutang? Inilah Cara Mencari Modal Usaha yang Cocok Untuk Anda

Tabungan Pribadi

Untuk mendapatkan modal usaha tanpa hutang yang paling sederhana. Adalah denagn memanfaatkan tabungan pribadi anda langsung dalam membangun sebuah usaha. Sayangnya, cara mencari modal usaha tanpa hutang ini mungkin tidak dapat digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia karena tidak semua masyarakat memiliki tabungan hingga puluhan atau ratusan juta.

Selain itu, tabungan pribadi sendiri juga umumnya memiliki banyak sekali tujuan pribadi yang harus terpenuhi. Mulai dari biaya Pendidikan anak, kebutuhan mendesak yang tidak terduga, biaya kebutuhan hidup sehari hari, dana pensiun, dan lain lain. Karena itulah, beberapa masyarakat Indonesia mungkin harus melewati cara mencari modal usaha tanpa hutang ini karena alasan tersebut.

Menggadaikan Asset

Menjual asset mungkin menjadi salah satu ide cara mencari modal usaha tanpa hutang yang banyak pelaku usaha perhitungkan. Akan tetapi, apabila anda tetap ingin mendapatkan modal usaha namun asset tersebut terlalu berharga untuk anda jual. Maka menggadaikan asset ini adalah jawaban yang cocok untuk masalah tersebut. Sehingga, anda nantinya akan memperoleh beberapa uang tunai langsung, serta menyimpan asset pribadi dalam kurun beberapa waktu.

Asset pribadi yang Lembaga penyedia modal ini terima juga cukup bervariasi. Mulai dari barang dan gadget elektronik, surat tanah, emas dan perhiasan lainnya, kendaraan bermotor, dan lain lain. Beberapa pihak penyedia modal melalui menggadaikan aset ini mungkin akan menyediakan syarat yang berbeda beda. Sehingga, anda harus mempelajari terlebih dahulu syarat apa saja yang mereka berikan kepada anda. Jika ingin menggunakan cara mencari modal usaha tanpa hutang ini.

Modal Ventura

Selanjutnya, cara mencari modal usaha tanpa hutang dengan modal ventura. Apabila meminjam modal usaha melalui hutang bank terasa cukup memberatkan anda baik itu pada proses pengembalian atau syarat peminjaman. Anda mungkin dapat mencoba cara mencari modal usaha tanpa hutang dengan jenis modal ventura ini dengan syarat perjanjian kerja sama. Singkatnya, modal ventura ini akan sama dengan seorang investor yang menanam saham kepada usaha anda. Serta tidak memiliki syarat dan angunan tertentu yang cukup memberatkan.
Beberapa Jenis Modal Ventura

a. Bagi Hasil

Seperti Namanya, sistem bagi hasil ini mengharuskan anda untuk membagi beberapa profit usaha dengan Lembaga kerja sama modal ventura. Bagi hasil ini memiliki beberapa sekam tertentu sesuai dengan kontrak perjanjian. Mulai dari 60:40, 50:50, atau 70:30. Umumnya, skema bagi hasil ini merupakan pilihan yang sangat tepat untuk anda yang baru saja membangun sebuah usaha.

b. Equality Financing

Equality financing adalah perusahaan modal ventura yang akan menyediakan anda modal secara langsung. Serta mereka juga akan ikut serta dalam mengelola dan menentukan masa depan usaha anda.

c. Semi Equality Financing

Terakhir, semi equality financing ini lebih mirip dengan konsep jual beli saham atau obligasi suatu perusahaan.

Kampanye Crowdfunding

Lalu, anda juga dapat menggunakan crowdfundig sebagai cara mencari modal usaha tanpa hutang. Jika anda merasa bahwa konsep usaha anda ini sangat kuat dengan berbagai macam business plan yang matang dan siap kerja. Sebenarnya cara mencari modal usaha tanpa hutang sudah terbuka lebar untuk usaha anda tersebut. Yakni, anda akan memanfaatkan adanya website crowdfunding atau donasi yang dapat anda jadikan sebagai modal usaha.

Untuk membuat sebuah kampanye crowdfunding, anda harus mencoba sekeras mungkin agar donator yakin dengan peluang usaha yang akan anda bangun. Banyak sekali Lembaga perusahaan crowdfunding yang dapat anda manfaatkan. Misalnya saja dengan Kickstarter atau Launchgood yang merupakan perusahaan dari luar negeri. Kemudian, ada juga beberapa Lembaga lokal seperti kolase.com atau kitabisa.com yang tidak kalah popular.

Membuat kampanye crowdfunding sendiri termasuk dalam cara mencari modal usaha tanpa hutang yang cukup menguntungkan. Karena anda tidak harus mengajukan jaminan apapun kepada donator, serta anda tidak harus mengembalikan uang donasi tersebut. Akan tetapi, anda harus bisa membangun sebuah usaha yang benar benar memberikan sebuah perbedaan, dan memunculkan sebuah manfaat yang sangat besar untuk semua pihak.

Berkunjung Pada Seminar Investasi

Cara mencari modal usaha tanpa hutang selanjutnya adalah mengunjungi seminar investasi. Faktanya, dalam dunia usaha ini tidak hanya pelaku usaha pemula saja yang ingin mendapatkan seorang investor. Sebaliknya, ternyata banyak sekali seorang investor yang ingin mencari seorang pengusaha muda dengan ide kreatif dan menjanjikan mereka. Karenanya, anda dapat mencoba untuk mengunjungi berbagai macam seminar investasi yang pastinya akan ramai dengan investor usaha.

Umumnya, aara seminar besar ini seringkali anda temukan pada beberapa acara. Seperti talkshow, pameran, webinar, dan lain lain yang membahas dunia usaha. Karenanya, untuk mengunjungi seminar ini ada dapat mempersiapkan sebuah rencana usaha yang nantinya dapat menarik perhatian investor agar menanam modal mereka kepada usaha anda.

Menemukan Rekan Usaha

Selain itu, anda juga dapat menemukan rekan usaha sebagai cara mencari modal usaha tanpa hutang. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, menggunakan modal usaha dari tabungan sendiri mungkin akan terasa sangat berat penerapannya. Terlebih lagi jika anda ingin membangun sebuah usaha dengan kebutuhan yang snagat besar. Karenanya, menemukan seorang rekan usaha mungkin akan cocok sebagai cara mencari modal usaha tanpa hutang anda. Jangan lupa untuk mencari seseorang yang memiliki minat yang sama dengan usaha anda, serta mereka dapat dipercaya.

Untuk persiapan awal anda dalam menemukan seorang rekan usaha ini, ajak calon rekan usaha ini berkomunikasi dengan membahas beberapa hal. Mulai dari strategi usaha, sistem bagi untung, modal awal membangun usaha, dan lain lain. Anda akan menemukan banyak sekali manfaat jika berhasil menemukan seorang rekan bisnis yang sesuai dengan anda.

Suntikan Dana Investor

Terakhir, cara mencari modal usaha tanpa hutang yang dapat anda lakukan adalah dengan mencari seorang investor. Karena, investor sendiri umumnya dapat memberikan anda suntkan modal yang sangat besar hingga mencapai angka ratusan juta rupiah.

Cobalah untuk menemukan seorang investor yang memiliki ketertarikan dengan jenis usaha anda. Sehingga, modal yang mereka berikan nantinya dapat anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan usaha. Banyak sekali cara dalam menemukan seorang investor. Mulai dari network usaha, workshop, seminar, pelatihan, dan lain lain.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang