SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Cara Memulai Bisnis Makanan Online dari Nol Hingga Sukses!

Walaupun kondisi pereknomian Indonesia yang baru saja bangkit dan perlahan lahan melalui proses pemulihan saat ini. Bukan berarti bahwa anda tidak memiliki kesempatan yang baik dalam memulai sebuah bisnis ini. Melainkan, dengan bermodalkan niat dan tekad yang membara pun pastinya anda akan menemukan sebuah jalan untuk membangun sebuah bisnis ini. Misalnya saja dengan bisnis makanan online yang baru baru ini banyak sekali masyarakat Indonesia yang tertarik. Akan tetapi, bagaimana dengan cara memulai bisnis makanan online dari nol ini? Sudahkan anda kuasai juga?

Memang, bisnis makanan online sendiri sudah memiliki peluang yang sangat menjanjikan dari awal mulanya pandemi covid 19 muncul pada wilayah Indonesia. Karena, dengan adanya pembatasan aktivitas luar ruangan yang telah pemerintah ini tetapkan untuk menjaga penyebaran virus covid 19 ini. Masyarakat Indonesia pun ramai memesan sebuah makanan ini dengan memanfaatkan berbagai macam layanan pemesanan online yang tersedia dan sudah semakin canggih. Selain itu, banyak juga ternyata pelaku bisnis yang tidak memahami cara memulai bisnis makanan online dari nol ini. Namun mereka tetep saja berhasil dalam membangun bisnis mereka.

Karena itulah, adanya perkembangan yang terjadi dalam dunia internet sendiri menjadi sebuah hal yang sangat memudahkan kita. Untuk membangun sebuah bisnis, telrebih lagi pada bidang makanan. Karena, selain dengan proses pemasarannya yang cukup mudah, anda pun nantinya tidak harus mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk biaya sewa tempat atau warung. Selain itu, banyak juga pelaku bisnis makanan yang menganggap cara memulai bisnis makanan online dari nol ini cukup mudah. Sehingga mereka akhirnya tertarik untuk membangun bisnis mereka sendiri. Terlebih dengan memanfaatkan beberapa cara memulai bisnis makanan online dari nol berikut:

Cara Memulai Bisnis Makanan Online dari Nol, Sulitkah Penerapannya

Cara Memulai Bisnis Makanan Online dari Nol, Sulitkah Penerapannya?

Temukan Sebuah Ide

Pertama, cara memulai bisnis makanan online dari nol adalah menemukan sebuah ide. Saat ini sudah banyak sekali jenis makanan yang dapat anda tawarkan kepada para konsumen. Akan tetapi, tak jarang juga ide jenis makanan ini akhirnya tidak sesuai juga dengan situasi, maupun selera mereka juga bukan? Karena itulah, anda pun harus mencari terlebih dahulu kira kira jenis makanan apa yang sesuai dengan bisnis online ini. Misalnya saja dengan beberapa makanan yang seringkali anda temukan melalui marketplace. Seperti :

  • Camilan ringan;
  • Kue kering;
  • Keripik asin pedas;
  • Frozen food;
  • Permen dan aneka makanan coklat;
  • Kopi kemasan;
  • Salad;
  • Dessert box.

Setelah anda berhasil dalam menemukan sebuah ide makanan online ini. Pastikan bahwa makanan tersebut tidak mudah rusak baik itu pada proses pengiriman ataupun juga jangka waktu penyimpanan. Sehingga, anda pun dapat menjangkau seorang konsumen yang jaraknya lebih jauh lagi dari tempat anda mengirimkan makanan tersebut.

Perhatikan Bahan Baku dan Teknik Distribusinya

Kedua, cara memulai bisnis makanan online dari nol yakni memperhatikan bahan baku dan distribusi. Bukanlah sebuah rahasia lagi bahwa anda akan membutuhkan bahan baku mentah yang kemudian. Dapat anda olah menjadi makanan jadi sebelum anda mulai menjual makanan tersebut kepada para konsumen. Dengan begitu, anda pun harus memperhatikan tingkat kadarluasa. Baik sebelum bahan baku tersebut anda olah menjadi makanan, ataupun juga setelah melalui proses pengolahan. Karena itulah, sebagai cara memulai bisnis makanan online dari nol ini. Pastikan bahwa anda memilih sumber bahan baku yang benar benar berkualitas.

Cobalah untuk bekerja sama dengan seorang supplier bahan baku yang sangat terpercaya untuk bisnis anda. Baik itu dalam kualitas, ataupun kuantitas bahan baku mereka. Dengan begitu, anda pun tidak akan kesulitan lagi untuk mendapatkan bahan baku dalam mengolah produk makanan anda. Kemudian, anda mungkin juga harus menyediakan beberapa supplier alternatif lainnya sebagai bentuk cadangan jika sewaktu waktu. Supplier utama anda tidak dapat menyediakan stok bahan baku karena beberapa alasan tertentu.

Sesuaikan Target Pasar

Ketiga, cara memulai bisnis makanan online dari nol dengan menyesuaikan target pasar. Tak hanya bisnis makanan online saja, seluruh bisnis dalam dunia ini pun mengaruskan anda untuk menyesuaikan target pasar terlebih dahulu. Sebelum anda mencoba untuk memulainya. Karena itulah, dalam cara memulai bisnis makanan online dari nol ini pun anda juga harus menentukan target pasar juga. Serta pastikan bagaimana ketertarikan mereka akan menu makanan yang coba anda tawarkan kepada konsumen.

Untuk menentukan target pasar ini dalam bisnis makanan online, anda dapat mencoba untuk meminta pendapat dari teman, kerabat, ataupun tetangga sekitar. Kemudian, jika anda menginginkan hasil yang lebih professional lagi. Anda dapat menggunakan berbagai tools online ataupun memanfaatkan sosial media untuk mencari target pasar dari bisnis makanan online anda tersebut. MIsalnya saja, apabila anda menawarkan makanan kekinian seperti boba ataupun juga dimsum. Anda pastinya akan mengincar kalangan remaja yang tertarik dengan cita rasa makanan tersebut.

Perhatikan Rencana Keuangan Anda

Keempat, cara memulai bisnis makanan online dari nol yakni memperhatikan rencana keuangan. Pastikan anda mempunyai sebuah rencana pengelolaan dana untuk menjaga keberlangsungan dari bisnis makanan online tersebut. Karena itulah, cobalah untuk menciptakan rencana pendapatan bisnis online anda dalam beberapa kurun waktu tertentu. Misalnya dalam bentuk harian, mingguan, bulanan, 3 bulan, atau bahkan tahunan. Dengan begitu, anda pun akan lebih mudah lagi untuk menentukan strategi mana yang sudah sesuai maupun strategi mana yang kurang efektif untuk bisnis anda.

Tempat Pengolahan Makanan

Kelima, cara memulai bisnis makanan online dari nol dengan menyediakan tempat pengolahan makanan. Sebelumnya, kita sudah membahas bahwa bisnis makanan online sendiri tidak mengharuskan anda untuk memiliki ataupun menyewa tempat tertentu. Akan tetapi, bukan berarti juga anda bisa sembarangan juga dalam menentukan tempat pengolahan makanan ini. Melainkan, ada beberapa hal juga yang harus anda perhatikan dengan baik dalam menentukan tempat pengolahan ini.

Jika anda ingin mengolah makanan secara langsung. Pastikan anda memiliki tempat yang sesuai dengan kondisi kebersihan yang terjamin. Namun, jika anda memang membutuhkan sebuah tempat khusus. Ada baiknya anda memilih tempat pengolahan yang dekat dengan lokasi supplier anda agar biaya dan waktu pengiriman dapat anda potong.

Ciptakan Menu Ikonis Bisnis Anda Sendiri

Keenam, cara memulai bisnis makanan online dari nol adalah menciptakan menu ikonik. Beberapa bisnis makanan yang sukses sendiri umumnya akan memiliki menu ikonis mereka masing masing. Sebagai bentuk daya Tarik untuk konsumen yang mengunjungi bisnis tersebut. karena itulah, anda mungkin dapat mencoba strategi ini dengan menciptakan menu ikonis bisnis anda sendiri dan memberikan label best seller pada menu tersebut. Dengan begitu, anda pun nantinya akan lebih mudah lagi untuk menarik perhatian dari para konsumen menggunakan menu tersebut.

Optimalkan Nama Brand Serta Packaging Bisnis Anda

Terakhir namun bukan akhir, dalam cara memulai bisnis makanan online dari nol ini. Cobalah untuk menggunakan nama brand yang memiliki keterkaitan dengan menu makanan yang anda ciptakan. Sehingga, jika konsumen ini merasa bahwa makanan anda memiliki cita rasa yang tinggi. Mereka pun kemudian akan lebih mudah lagi untuk mengingat nama brand dari bisnis makanan online anda. Selain itu, pastikan juga anda memiliki desain package yang cukup menarik juga untuk menambah daya ingat konsumen terhadap bisnis anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang