SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Cara Ampuh Memulai Bisnis Online Untuk Pemula di Shopee

Shopee merupakan salah satu marketplace masyarakat Indonesia yang menyandang predikat salah satu marketplace terbaik. Bahkan, hal ini dapat terlihat dari iklan Shopee yang banyak sekali melibatkan tokoh terkenal dari beragam industri. Baik itu skala nasional, ataupun internasional. Sehingga, hal ini kerap mengundang rasa penasaran masyarakat Indonesia untuk mencoba berjualan pada salah satu marketplace terbaik ini. Namun, sayangnya beberapa dari mereka tidak begitu memahami tentang cara bisnis online pemula di shopee.

Saat ini, Shopee memiliki banyak sekali strategi yang tidak hanya dapat menarik konsumen, namun secara otomatis juga dapat menarik perhatian dari para penjual. Misalnya saja dengan adanya fitur gratis ongkir, yang awalnya akan menarik konsumen saja. Akan tetapi, semakin banyaknya konsumen yang menggunakan marketplace ini. Akhirnya semakin banyak juga para penjual yang tertarik untuk menjual produk mereka melalui Shopee. Nah, jika anda tidak ingin tertinggal dalam memanfaatkan peluang ini. Berikut adalah beberapa cara bisnis online pemula di shopee yang dapat anda terapkan. Seperti:

Cara Bisnis Online Pemula di Shopee Tidak Sesulit Itu Loh! Tertarik

Cara Bisnis Online Pemula di Shopee Tidak Sesulit Itu Loh! Tertarik?

Setelah kita membahas peluang singkat tentang proses jual beli yang terjadi dalam platform marketplace Shopee. Bukanlah hal yang aneh apabila anda tertarik langsung untuk menjual produk melalui marketplace ini. Akan tetapi, perlu anda ingat juga bahwa ada beberapa persiapan yang harus anda pastikan. Nah, bagaimana kira kira cara bisnis online pemula di shopee ini?

1. Mendaftarkan Akun Shopee Anda

  • Mulailah dengan membuka aplikasi ataupun website resmi Shopee;
  • Cari tombol daftar yang tersedia setelah anda membuka aplikasi atau website resmi Shopee;
  • Berikan data yang Shopee inginkan seperti alamat email dan nomor telepon aktif anda;
  • Pastikan anda menyelesaikan captcha “saya bukan robot” sebelum mendaftar;
  • Masukkan kode verifikasi yang Shopee kirimkan melalui alamat email atau nomor telepon;
  • Buatlah sebuah kata sandi yang unik dan hanya anda atau tim bisnis yang bersangkutan saja yang mengetahuinya;
  • Tekan tombol daftar yang tersedia pada layar;
  • Anda sudah siap menikmati beragam fitur dan layanan Shopee melalui akun anda.

2. Membuat Toko Melalui Akun Shopee yang Telah Anda Daftarkan

  • Temukan menu profil pada aplikasi atau website resmi Shopee;
  • Klik menu “ Toko Saya “ yang tersedia pada layer halaman profil;
  • Temukan menu profil toko;
  • Masukkan nama toko yang anda inginkan serta jangan lupa untuk membuat nama toko yang unik dan mudah dalam pengingatan maupun pengucapan;
  • Pilih dan Masuk pada Fitur “ Deskripsi Gambar “ yang tersedia;
  • Upload foto atau video yang membahas toko anda, serta jangan lupa memberikan penjelasan singkat;
  • Klik menu “ Deskripsi “
  • Tambahkan beberapa kalimat penjelasan mengenai toko anda. Mulai dari jam operasional, metode pengiriman barang, Riwayat toko, serta produk yang anda tawarkan. Jangan lupa untuk menjelaskan deskripsi ini sebaik dan sejelas mungkin untuk pengunjung anda.
  • Masukkan nomor rekening dari tabungan yang anda sudah persiapkan dalam memulai bisnis online. Jangan sesekali mencampur antara rekening pribadi, maupun rekening bisnis anda sekaligus untuk proses pengelolaan uang yang mudah.

3. Upload Produk

Setelah itu, cara bisnis online pemula di shopee selanjutnya adalah mengupload produk anda. Jangan lupa, bisnis online menjadikan konsumen anda tidak dapat menyentuh dan melihat produk yang anda jual kepada mereka secara langsung. Sehingga, pastikan untuk selalu memaksimalkan tampilan visual toko anda dengan beragam gambar berkualitas yang anda tampilkan pada etalase toko online anda.

Hindari penggunaan gambar yang buram dan terhalang oleh beberapa gangguang tertentu yang mengakibatkan konsumen tidak dapat melihat produk dengan jelas. Bahkan, ada baiknya juga anda menggunakan jasa fotografi yang professional untuk mendapatkan sebuah foto yang benar benar berkualitas. Jangan lupa juga untuk menghindari penjualan produk yang menghindari syarat dan ketentuan dari marketplace Shopee.

Selain memaksimalkan tampilan toko dengan foto tadi, anda juga harus melengkapi beragam informasi mengenai produk tersebut. Mulai dari nama dan brand produk, ukuran, warna, Teknik pengiriman, pengemasan, dan lain lain. Setelah anda selesai memasukkan informasi produk. Mungkin hal tersebut terlihat banyak dalam cara bisnis online pemula di shopee. Akan tetapi, tim toko Shopee akan langsung memastikan bahwa produk tersebut layak jual, dan mereka akan segera menayangkan produk tersebut kepada para pengguna lainnya.

4. Memasarkan Produk Anda

Cara bisnis online pemula di shopee yang terakhir adalah dengan Menyusun strategi pemasaran produk anda. Sehingga, calon konsumen akan lebih mudah lagi untuk tertarik dalam membeli produk dari toko onine anda. Cobalah untuk terus memanjakan konsumen dengan beragam promo tertentu. Mulai dari potongan harga, gratis ongkir, gratis item tertentu, cashback, dan lain lain. Tak hanya itu, anda juga dapat membagikan link toko anda melalui sosial media untuk menambah pengunjung toko online tersebut. Untuk memaksimalkan cara bisnis online pemula di shopee anda. 

Strategi Berjualan Pada Marketplace Shopee Untuk Keuntungan Maksimal

Manfaatkan Fitur Gratis Ongkir

Pertama, cara memaksimalkan bisnis online pemula di Shopee adalah fitur gratis ongkir. sudah lama menyediakan fitur gratis ongkir dengan minimal pembelian produk yang cukup beragam. Mulai dari 0 rupiah, hingga 500 ribu rupiah akan mendapatkan promo gratis ongkir yang berbeda beda. Gratis ongkir sendiri merupakan salah satu fitur unggulan Shopee yang berhasil menarik banyak konsumen untuk menggunakan marketplace ini. Sehingga, cobalah untuk segera mengaktifkan fitur ini untuk memaksimalkan cara bisnis online pemula di shopee. Dengan mengupload foto KTP dan selfie anda.

Tawarkan Berbagai Varian Produk

Selanjutnya, untuk memaksimalkan cara bisnis online pemula di Shopee adalah dengan memperbanyak variasi produk jualan anda. Semakin banyak produk yang anda tawarkan kepada konsumen. Semakin banyak pula peluang pembelian terjadi pada toko online anda. Sebaliknya, anda akan sulit sekali menerima penjualan jika produk yang anda jual hanyalah satu atau dua jenis produk saja.

Tingkatkan Followers Toko

Kemudian, cara memaksimalkan bisnis online pemula di Shopee adalah meningkatkan followers. Untuk menambah keunikannya, Shopee sendiri menghadirkan fitur follower dan following layaknya sosial media Instagram. Tak hanya untuk menarik perhatian konsumen, fitur ini juga akan meningkatkan kualitas SEO dari toko online anda.

Bergabung Dengan Program Khusus

Setelah itu, cara memaksimalkan bisnis online pemula di Shopee yakni dengan program khusus. Selain untuk memanjakan konsumen dengan beragam promo, Shopee juga menawarkan banyak sekali program khusus yang dapat anda manfaatkan sebagai salah satu seller Shopee. Misalnya saja dengan program flash sale, yakni sebuah program diskon yang hanya berjalan beberapa jam saja namun memiliki potongan harga yang sangat besar hingga 90% untuk produk tertentu.

Jual Produk yang Potensi Pembeliannya Tinggi

Terakhir namun bukan akhir, strategi untuk memaksimalkan cara bisnis online pemula di shopee adalah dengan menjual produk dengan potensi pembelian yang tinggi. Tingkatkan lagi kemampuan anda untuk selalu membaca trend pasar yang nantinya akan sangat berguna untuk mengetahui produk apa yang saat ini sedang ramai dicari konsumen. Mungkin saja anda akan menjalani kompetisi pasar yang sangat tinggi pada produk ini. Untuk itu, cobalah untuk memasang harga yang lebih bersahabat lagi agar konsumen lebih memilih toko online anda.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang