SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 17 Agustus, 2022

Inilah Beberapa Cara Ampuh Berjualan di Tokopedia Untuk Pemula

Tokopedia sendiri sudah menjadi salah satu marketplace yang berasal dari Indonesia dengan tingkat popularitas yang cukup besar pada kalangan masyarakat. Sehingga, bukanlah sesuatu yang aneh juga apabila anda ingin mengetahui cara berjualan di tokopedia untuk pemula ini. Terlebih lagi marketplace Tokopedia ini tercatat sebagai marketplace terbesar kedua pada wilayah Indonesia. Sehingga, tingkat kompetisi pasarnya pun pasti akan lebih tinggi lagi bukan?

Faktnya, anda sendiri dapat dengan mudah meraih kesuksesan dalam berbinsis melalui Tokopedia ini jika anda cukup kreatif dan inovatif. Akan tetapi, dengan memperhatikan tingkat kompetisi yang sangat tinggi. Rasanya kedua hal tersebut saja tidaklah cukup untuk membantu anda agar bisa sukses. Karena itulah, berikut ini adalah beberapa cara berjualan di tokopedia untuk pemula yang dapat anda terapkan. Seperti:

Ingin Berbisnis Online? Inilah Cara Berjualan di Tokopedia Untuk Pemula

Ingin Berbisnis Online? Inilah Cara Berjualan di Tokopedia Untuk Pemula

Perjelas Informasi Mengenai Toko Online Anda

Pertama, cara berjualan di tokopedia untuk pemula adalah menjelaskan sebanyak mungkin informasi toko online anda. Jangan pernah lupa untuk memberikan nama dan juga foto yang menarik perhatian para konsumen anda. Karena, pembeli sendiri umumnya akan merasa ragu dengan toko baru yang mereka temukan. Apalagi jika toko tersebut menggunakan nama yang asal asalan dan tidak memasang foto profil. Karena itulah, sebagai cara berjualan di tokopedia untuk pemula yang pertama, cobalah untuk mempejelas semua informasi yang berkitan dengan toko anda. Dengan begitu, konsumen pun akan lebih mudah percaya dengan toko yang anda miliki tersebut.

Selalu Berikan Deskripsi Baik Itu Untuk Toko, ataupun Produk Jualan Anda

Kedua, cara berjualan di tokopedia untuk pemula adalah memberikan deskripsi lengkap pada toko atau produk. Jangan lupa untuk memberikan sebuah deskripsi yang menjelaskan toko ataupun juga barang jualan anda. Karena, tulisan deskripsi ini nantinya akan membantu toko anda agar lebih mudah lagi untuk konsumen temukan. Nah, jangan pernah melewati cara berjualan di tokopedia untuk pemula yang satu ini ya!

Buatlah Sebuah Catatan Lengkap Toko Anda

Ketiga, cara berjualan di tokopedia untuk pemula adalah membuat catatan toko yang lengkap. Perlu anda ketahui juga, catatan toko ini bukanlah sebuah hal yang sama dengan deskripsi toko. Melainkan, pada kolom catatan toko ini anda harus memberikan berbagai macam informasi yang lengkap dan mendetail untuk para konsumen. Dengan begitu, Ketika ada seorang pengguna Tokopedia yang mengunjungi toko anda. Mereka pun akan melihat bahwa anda memang benar benar berniat untuk menjual sesuatu. Untuk melengkapi catatan toko ini, anda dapat mencoba untuk memberikan berbagai informasi. Seperti:

  • Bagaimana anda melayani pengiriman same day delivery;
  • Apa yang harus konsumen lakukan jika ingin mendapatkan pengemasan yang lebih aman;
  • Serta bagaimana konsumen dapat mengajukan return product.

Pasang Logo Brand Anda Pada Foto Profil Akun Tokopedia

Keempat, cara berjualan di tokopedia untuk pemula yakni memasang logo brand sebagai foto profil. Banyak yang sudah mengetahui bahwa sebuah logo sendiri memegang sebuah peranan yang sangat penting untuk menunjukkan identitas brand anda. Karena itulah, Ketika anda ingin memasang sebuah logo dalam foto profil akun Tokopedia anda. Hindari mengambil sebuah logo yang tersedia secara gratis pada platform internet. Dengan begitu, anda pun dapat memiliki kesan unik dan berbeda dalam membangun sebuah toko online ini. Jadi, cara berjualan di tokopedia untuk pemula ini tidak semudah yang terlihat ya!

Gunakan Lebih dari Satu Jasa Pengiriman Barang

Kelima, cara berjualan di tokopedia untuk pemula yang harus anda perhatikan adalah, cobalah menggunakan jasa pengiriman barang lebih dari satu. Karena, tak jarang juga konsumen menginginkan sebuah pelayanan dari jasa tertentu saat mereka membeli sebuah produk secara online. Baik itu karena harga, ataupun juga reputasi yang dimiliki oleh jasa pengiriman tersebut. Karena itulah, cobalah untuk memberikan konsumen ini berbagai macam jasa pengiriman.

Perbaiki Susan Etalase Toko

Keenam, cara berjualan di tokopedia untuk pemula dengan memperbaiki etalase toko. Tokopedia memiliki fitur etalase toko yang memudahkan penggunanya untuk memilih produk dari sebuah toko. Karena itulah, apabila anda telah memperbaiki dan mengoptimalkan fitur etalase toko ini. Maka, anda pun telah membantu pembeli untuk lebih mudah lagi menemukan berbagai macam produk jualan anda.

Berikan Informasi Mengenai Produk Anda Sejelas Mungkin

Ketujuh, cara berjualan di tokopedia untuk pemula adalah memberikan informasi sejelas mungkin. Seorang konsumen, pastinya ingin mendapatkan informasi produk sebaik mungkin sebelum mereka membeli produk tersebut. Karena itulah, anda pun harus memberikan informasi sebaik mungkin pada kolom deskripsi produk saat anda menambahkan produk baru. Kemudian, cobalah untuk memberikan deskripsi produk yang tidak hanya jelas, namun juga dapat beperan sebagai jawaban sebagai cara berjualan di tokopedia untuk pemula ini.

Memberikan Harga yang Lebih Bersahabat

Delapan, cara berjualan di tokopedia untuk pemula selanjutnya adalah, cobalah untuk memberikan harga yang lebih bersahabat pada produk jualan anda. Terlebih lagi jika anda baru saja membangun toko tersebut dan tidak memiliki jumlah transaksi apapun sebelumnya. Perlu anda ketahui juga, Tokopedia ini ternyata cukup ramai juga loh dengan praktik perang harga antara penjualnya. Bahkan, selisih harga 5 ribu rupiah pun seringkali dapat mengubah pemikiran konsumen dalam membeli sebuah produk tersebut.

Pastikan Toko Anda Up to Date

Konsumen tentunya akan lebih percaya lagi dengan toko anda. Ketika mereka melihat bahwa anda selalu aktif dan memberikan informasi terbaru pada toko online tersebut. Sehingga, hal ini pun dapat mengundang ketertarik langsung dari konsumen untuk membeli produk dari toko yang sering anda update tersebut. Bahkan, apabila konsumen melihat status aktif terakhir anda pada 3 hari lalu. Sebagian besar konsumen pun akan langsung merasa ragu dengan toko online anda tersebut.

Selalu Jawab Pertanyaan Konsumen Ketika Mereka Menghubungi Anda

Sembilan, cara berjualan di tokopedia untuk pemula dengan memberikan jawaban secepat mungkin pada konsumen. Jika anda berada pada posisi konsumen dan melihat kedua toko yang harganya berbeda. Namun harga yang lebih mahal ini lebih cepat dan tanggap dalam membalas pertanyaan anda. Tentunya, anda pun akan langsung tertarik bukan dengan toko yang langsung merespon pertanyaan anda tersebut? Karena itulah, sesibuk apapun anda, usahakan agar anda cepat menanggapi pesan dari konsumen yang menghubungi toko anda secara langsung. Dengan begitu, konsumen akan lebih tertarik lagi membeli produk anda, walaupun harganya sedikit lebih mahal.

Gunakan Aplikasi Khusus Seller

Sepuluh, cara berjualan di tokopedia untuk pemula adalah memanfaatkan aplikasi khusus seller. Untuk anda yang ingin menjual produk melalui Tokopedia, ada baiknya juga apabila anda segera mengunduh dan menginstall aplikasi khusus seller ini. Karena, ada banyak sekali fitur aplikasi khsuus ini yang tidak dapat anda temukan pada aplikasi pada umumnya. Seperti:

  • Memberikan promo pengiriman gratis kepada pembeli;
  • Kemudahan dalam mengelola voucher untuk konsumen;
  • Serta membantu anda lebih mudah lagi untuk mengukur penjualan.

Mengikuti Program Gold Merchant

Terakhir namun bukan akhir, dalam cara berjualan di tokopedia untuk pemula ini adalah. Cobalah untuk mengikuti program gold merchant pada aplikasi toko pedia. Karena, fitur ini dapat membantu anda untuk membuka berbagai macam keuntungan yang tidak tersedia pada akun merchant biasa. Nah, apa saja kira kira keuntungan yang anda dapatkan dari fitur gold merchant ini?

  • Lebih banyak menampilkan produk pada etalase;
  • Menambah pengurus toko lainnya;
  • Menampilkan catatan toko anda Ketika konsumen melihat produk;
  • Mempermudah anda untuk menjual produk yang sedang trending.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang