SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Pengusaha Sukses yang Memulai dari Nol, Bisa Jadi Inspirasi Nih!

Nyatanya, seorang pengusaha sukses yang memulai dari nol ini pastinya akan membutuhkan kerja keras dan waktu yang sangat lama juga. Tak hanya itu, pengusaha sukses yang memulai dari nol pastinya juga memiliki kemampuan. Untuk melihat segala peluang yang muncul pada kehidupan pribadi mauoun bisnis mereka. Selain itu, tujuan dan juga target pun akan selalu menghiasi kehidupan dari seorang pengusaha sukses ini. Karena itulah, impian pengusaha sukses ini pun tidak akan terjadi secara instant begitu saja.

Bukti nyata dari kehidupan yang penuh perjuangan ini adalah beberapa tokoh Indonesia yang sukses menjadi pengusaha sukses yang memulai dari nol. Bahkan, tokoh berikut ini pun tidak hanya berpusat pada pengusaha pada generasi lama seperti tahun 80 atau 90 an saja. Melainkan, ada beberapa pengusaha generasi muda juga loh yang berhasil mencapai impian tersebut. Nah, siapa saja kira kira tokoh pengusaha sukses Indonesia ini?

Pengusaha Sukses yang Memulai dari Nol Ini Dapat Anda Jadikan Sebagai Inspirasi Bisnis

Pengusaha Sukses yang Memulai dari Nol Ini Dapat Anda Jadikan Sebagai Inspirasi Bisnis

Impian menjadi pengusaha sukses yang memulai dari nol ini tidak hanya berlaku pada satu atau dua masyarakat Indonesia saja. Melainkan, tokoh Indonesia yang telah sukses ini terhitung cukup banyak juga loh jumlahnya. Nah, beberapa tokoh pengusaha sukses yang memulai dari nol Indonesia ini adalah sebagai berikut:

1. Dato Sri Tahir

Pertama, pengusaha sukses yang memulai dari nol adalah Dato Sri Tahir. Dato Sri Tahir sendiri merupakan pendiri langsung dari perusahaan Mayapada Group. Perlu anda ketahui juga, beliau sendiri terlahir pada keluarga dengan status ekonomi menengah. Dengan ayahnya yang berkari sebagai tukang becak dan ibunya memiliki toko pakaian pribadi. Saat kecil, pengusaha sukses yang memulai dari nol ini mempunyai cita cita menjadi seorang dokter. Yang sayangnya harus beliau tinggalkan karena ayahnya yang jatuh sakit ditambah dengan kondisi ekonomi yang semakin sulit.

Setelah kejadian itu, Dato Sri Tahir ini pun kemudian melanjutkan jejak ayahnya sebagai seorang tukang becak dan terpaksa meninggalkan pendidikannya. Beruntungnya, dengan semangat berkembang yang Dato Sri Tahir ini miliki. Beliau pun kemudian mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan penidikan pada Nanyang Technological University di Singapura sana. Kemudian, setelah Dato Sri Tahir lulus pada universitas tersebut. Beliau pun melanjutkan karir sebagai pengusaha garmen dengan kesuksesan yang cukup tinggi. Kemudian, pada tahun 1986 sendiri, Tahir mulai merintis karir pada bidang keuangan dengan mulai mendirikan Mayapada Group sebagai bisnis andalannya.

2. Sudono Salim

Kedua, pengusaha sukses yang memulai dari nol adalah Sudono Salim. Sosok selanjutnya adalah Sudono Salim yang merupakan penidri dari berbagai perusahaan ternama. Mulai dari BCA, Bogasar, hingga Indofood sendiri merupakan milik dari sosok Sudono Salim ini. Sudono Salim sendiri merupakan seorang warga negara Tiongkok yang berhasil membangun bisnisnya di negara Indonesia ini. Sosok Sudono Salim sendiri awalnya menetap di kota Surabaya untuk menghindari konflik pada negara asalnya tersebut. Bahkan, beliau pun berhari hari menjadi seorang gelandangan saja pada saat pertama datang ke Indonesia ini.

Namun, semakin ia menetap di wilayah Indonesia ini, Sudono sendiri mencoba untuk membuat usaha sebagai bandar cengkeh. Yang ternyata usaha tersebut mempunyai sebuah hasil yang cukup sukses juga. Sayangnya, hal tersebut sendiri tidak bertahan lama karena situasi Indonesia yang pada saat itu dalam jajahan dari Jepang. Kemudian, saat setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Sudono pun memutuskan untuk mendirikan Central Bank Asia yang saat ini terkenal dengan nama Bank Central Asia. Kemudian, dengan memanfaatkan kesuksesan dari bank BCA ini. Sudono pun kemudian mengembangkan bisnisnya dengan mendirikan Bogasari dan juga Indomie yang berfokus pada bidang usaha pangan.

3. Susi Pudjiastuti

Ketiga, pengusaha sukses yang memulai dari nol adalah Susi Pudjiastuti. Apabila anda melihat nama Susi Pudjiastuti sendiri, pastinya anda akan mengingat sosok mantan menteri kelautan dan perikanan yang sangat terkenal lalu. Ternyata, pengusaha sukses yang memulai dari nol ini pun memiliki kisah pengusaha sukses yang memulai dari nol yang cukup menginspirasi juga loh selain dengan menjadi seorang menteri. Sejak SMP, pengusaha sukses yang memulai dari nol yang merupakan putri peternak ini sudah menaruh minat pada dunia bisnis ini.

Sayangnya, sama seperti berbagai macam bisnis pada umumnya, Susi Pudjiastuti sendiri memiliki awalan bisnis yang tidak berjalan dengan mulus. Bahkan, pengajuan pinjaman beliau untuk menciptakan pesawat bernama Susi Air agar membantu beliau dalam pengiriman ikan ini pun sempat ditolak langsung oleh Bank.

Pada akhirnya, setelah beliau meminjamkan pesawat pribadinya untuk membantu proses penyelamatan Tsunami Aceh pada 2004 lalu. Susi Pudjiastuti pun kemudian mendapatkan banyak sekali permintaan LSM lokal maupun internasional. Lalu, berdasarkan dari kejadian itulah, Susi Pudjiastuti pun mencetak nama dalam industri bisnis perikanan.

4. Reza Nurhilman

Keempat, pengusaha sukses yang memulai dari nol adalah Reza Nurhilman. Sebelumnya, apakah anda merasa familiar dengan brand keripik Maicih? Jika iya, Reza Nurhilman ini merupakan sosok pendiri dari brand tersebut loh. Perlu anda ketahui juga, sosok pengusaha sukses yang memulai dari nol yang berasal dari Bandung ini ternyata merupakan korban dari broken home. Sehingga, hal ini pun mengharuskan Reza untuk diasuuh oleh orang tua angkatnya. Karena itulah, Reza Nurhilman sendiri sempat berjalan menuju berbagai macam hal negatif pada usia mudanya.

Namun, setelah Reza Nurhilman lulus dari pendidikan SMAN 1 Bandung, beliau kemudian mencoba untuk mendirikan usaha pribadinya sendiri. Mulai dari pupuk hingga barang elektronik, semuanya beliau coba lakukan hingga 4 tahun lamanya. Kemudian, saat Reza Nurhilman dan seorang temannya ini berkunjung pada kota Cimahi. Mereka pun disambut dengan seorang nenek dan memberikan mereka dengan keripik lada pedas yang kemudian menjadi cikal bakal dari keripik Maicih ini.

5. Boenjamin Setiawan

Kelima, sosok pengusaha sukses yang memulai dari nol adalah Boenjamin Setiawan. Selanjutnya, sosok dari pengusaha sukses ini adalah seorang pendiri brand Kalbe Farma yakni Boenjamin Setiawan. Beliau sendiri merupakan seorang mahasiswa yang berasal dari jurusan kedokteran Universitas Indonesia. Setelah berhasil menerima gelar kelulusan ini, Boenjamin Setiawan sendiri dengan segera mencoba untuk mendirikan peluang usahanya pada bidang farmasi dengan modal se adanya.

Bahkan, hal ini pun kemudian menjadikan Kalbe Farma ini sempat bangkrut pada saat Indonesia mengalami krisis moneter lalu. Beruntungnya, dengan semangat dan kerja keras dari Boenjamin sendiri, Kalbe Farma pun kemudian mengalami kebangkitan langsung walaupun dengan langkah yang perlahan lahan.

6. Jogi Hendra Atmadja

Terakhir namun bukan akhir, ada sosok Jogi Hendra Atmadja sebagai pengusaha sukses yang memulai dari nol. Yang berhasil mendirikan PT Mayora Indah TBK dengan biskuit Roma dan permen Kopiko sebagai salah satu produk yang sangat terkenal. Kisah inspirasi dari sosok Jogi ini pun juga cukup menyentuh juga loh. Dimulai dengan Jogi Hendra Atmadja yang mendirikan PT Mayora Indah ini bersama dengan temannya. Yakni Darmawan Kurnia dan Raden Soedigdo. Kemudian, dengan semangat dan kegigihan mereka, PT Mayora pun berhasil mendirikan beberapa produk yang sangat terkenal hingga saat ini. Mulai dari Kopi Torabika, Teh Pucuk, Le Mineral, Kopiko, serta Biskuit Roma.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang