SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 24 Agustus, 2022

Lebih Baik Franchise Atau Usaha Sendiri, Tentukan Pilihan Anda

Banyak dari bagian dalam pembangunan sebuah usaha yang mengharuskan pelakunya untuk selalu berpikir. Mulai dari proses pengembangan sebuah produk atau jasa, bagaimana caranya mempertahankan usaha dalam persaingan pasar. Hingga memikirkan bagaimana caranya usaha anda mendapatkan perhatian dari para konsumen. Sehingga, hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan bagi beberapa orang. Misalnya saja dengan, “ kira kira, lebih baik franchise atau usaha sendiri ya? “

Selain dengan membutuhkan pemikiran yang matang dan siap, usaha juga umumnya identik dengan modal yang harus selalu ada. Memang, saat ini sudah ada Teknik memulai usaha tanpa modal seperti menawarkan jasa, atau menjadi seorang dropshipper melalui sosial media atau marketplace. Namun, perlu kita akui juga bahwa dengan modal yang memadahi, perkembangan usaha akan jauh lebih mudah bukan? Selanjutnya, jika mempersiapkan modal usaha sudah selesai, maka selanjutnya adalah menentukan konsep dan ide dalam berusaha. Pada hal ini sendiri, anda akan berhadapan dengan dua pilihan, apakah lebih baik franchise atau usaha sendiri.

Franchise Rasanya Jauh Lebih Mudah, Coba Dulu Lah

Franchise Rasanya Jauh Lebih Mudah, Coba Dulu Lah

Pertanyaan lebih baik franchise atau usaha sendiri terkadang seringkali membayangi para pelaku usaha pemula. Namun, jika anda memutuskan untuk memilih bergabung dengan sebuah franchise karena modal anda yang cukup besar. Maka anda bisa saja memilih sebuah pilihan yang tepat untuk memulai karir pengusaha anda. Karena, frnachise sendiri hanya mengharuskan anda untuk membayar suatu biaya pendaftaran dan anda nantinya akan mendapatkan berbagai macam fasilitas. Mulai dari perlengkapan produksi, pelatihan, serta bahan baku. Nah, hal ini tentunya akan sangat cocok untuk anda yang baru saja terjun dalam dunia usaha. Ataupun yang masih bertanya tanya akan lebih baik franchise atau usaha sendiri. 

Jika kita simpulkan secara garis besar, membuka sebuah franchise sendiri akan terlihat seperti membuka sebuah sekolah pada kota kota besar. Karena, anda pasti akan mendapatkan murid yang ingin menimba ilmu pada sekolah tersebut. Maksudnya, franchise ini sudah ada target pasar yang pasti, serta banyak dari warga Indonesia yang sudah mengenal brand tersebut. Misalnya saja dengan franchise KFC dan McD. Tentunya jika kita membicarakan fried chicken, kedua nama tersebut akan selalu muncul pada pikiran kita bukan?

Singkatnya, franchise sendiri merupakan jenis usaha yang mengharuskan anda untuk menyewa sebuah brand perusahaan miliki orang lain. Cara memulainya adalah anda membayar beberapa biaya pendaftaran terlebih dahulu sesuai dengan paket usaha yang franchisor sediakan. Lalu, anda akan mendapatkan berbagai macam fasilitas penunjang untuk memulai usaha. Mulai dari lisensi brand, peralatan produksi, bahan baku produksi, pelatihan usaha, monitoring, dan lain lain. Semua hal tersebut sudah pihak franchisor sediakan dan anda hanya perlu mengikuti arahan dan kebijakan mereka saja. Nah, itulah sebuah gambaran singkat franchise dari pembahasan lebih baik franchise atau usaha sendiri ini. 

Mudah Sih, Tapi Kok Rasanya Lebih Menantang Berbisnis Sendiri Ya?

Sebelumnya, anda telah mengetahui sekilas bagaimana sistem kerja dari franchise ini dalam dunia usaha, pada pembahasan lebih baik franchise atau usaha sendiri. Jika anda merasa franchise ini kurang menantang atau karena modal usaha yang kurang memadahi untuk memulai sebuah franchise. Maka membangun usaha sendiri juga menjadi salah satu solusi yang bijak untuk anda.

Namun, anda juga harus memahami bahwa dalam memulai sebuah usaha, anda harus selalu mengorbankan tenaga, pikiran, waktu, serta modal anda walaupun tidak terlalu besar. Selalu ingat juga bahwa dalam membangun sebuah usaha ini tidak ada jalan pintas. Yang dapat membantu anda untuk mencapai kesuksesan dalam sekejap mata. Memang ada jenis usaha franchise yang jika kita perhatikan lagi merupakan sebuah jalan pintas.

Tetapi, anda juga membutuhkan modal yang besar untuk memulai usaha tersebut. Untuk membangun sebuah usaha dalam era saat ini, satu hal yang wajib anda terapkan adalah dengan memanfaatkan teknologi online. Apakah itu sosial media, website, marketplace, grup chat, dan lain lain. Memang, hasil dari strategi tersebut tidak instan dan membutuhkan perjuangan. Namun, perjuangan ini akan jauh lebih baik daripada anda menggunakan strategi pemasaran tradisional. Itulah gambaran singkat mengenai usaha sendiri pada pembahasan lebih baik franchise atau usaha sendiri ini.

Masih Bingung Nih Lebih Baik Franchise Atau Usaha Sendiri

Franchise

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya pada pembahasan lebih baik franchise atau usaha sendiri ini. Franchise menawarkan banyak sekali kemudahan untuk anda dalam memulai sebuah usaha sebagai pemula. Anda hanya bertugas untuk menjalankan sebuah usaha, dan focus untuk mencari sebuah konsumen untuk menambah penjualan usaha tersebut. Namun, anda juga harus mempersiapkan modal yang kadangkala biayanya cukup besar untuk memulai usaha franchise ini.

Kemudian, franchise sendiri jika kita perhatikan lebih dalam, tidak dapat mengembangkan kreatifitas anda dalam membangun sebuah usaha. Franchise merupakan sebuah usaha yang cukup mudah karena semua manajemen dan pengelolaan bisnis sudah ditentukan oleh pihak franchisor. Sayangnya, anda akan sangat kesulitan dalam mengembangkan kreatifitas dalam menjalankan usah franchise. Karena, anda tidak boleh sembarangan saja mengabaikan kebijakan kontrak kerja sama tanpa persetujuan dari pihak franchisor.

Usaha Sendiri

Kemudian, untuk usaha sendiri tentunya anda tidak akan bergantun dengan orang lain dan hal ini merupakan kebalikan yang sangat jauh dengan jenis usaha franchise. Sehingga, anda dapat mengelola dan menentukan sendiri bagaimana cara anda mengelola usaha tersebut. Mulai dari penjualan, proses produksi, pemasaran, pengelolaan sumber daya, dan lain lain. Namun, anda akan harus berusaha keras dalam membangun brand usaha yang sebelumnya belum dikenal oleh warga Indonesia.

Berbeda dengan sebuah franchise yang sudah memiliki popularitas tersendiri dan mempunyai target pasar yang setia dengan mereka. Anda harus bersusah payah untuk menentukan target pasar yang sesuai dengan usaha, lalu menentukan cara yang tepat untuk membangun sebuah brand. Awal bulan pendirian sebuah usaha akan terasa sangat sulit untuk mendapatkan satu saja konsumen. Namun, hal tersebut tentunya akan berubah dengan semakin anda kenal seluk beluk dalam pembangunan sebuah usaha ini. Jika anda berhasil, bukanlah sebuah hal yang musahil lagi jika anda menjadi seorang franchisor pada usaha tersebut. Dan hal inilah yang menjadikan bisnis lebih unggul pada pertanyaan lebih baik franchise atau usaha sendiri.

Nah, Sudah Menentukan Pilihan Anda?

Sebenarnya, tidak ada pilihan yang salah jika kita berdiskusi tentang lebih baik franchise atau usaha sendiri. Karena, kedua jenis usaha ini akan bergantung dengan tujuan, dan persiapan anda juga dalam membangun sebuah usaha. Semuanya akan membutuhkan waktu, kesabaran, dan juga tenaga jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, untuk membantu anda memperjelas jawaban akan lebih baik franchise atau usaha sendiri ini:

  • Franchise = Meneruskan Brand Orang Lain > Membutuhkan Modal yang Besar > Mendapatkan Keuntungan yang Lebih Cepat > Kreatifitas Anda Akan Terhambat.
  • Usaha Sendiri = Mengelola Usaha Pribadi > Membutuhkan Waktu, Tenaga, dan Kesiapan yang Tinggi > Lebih Fleksibel Dalam Hal Kreatifitas dan Inovasi > Berpeluang Untuk Menjadi Sebuah Franchise.

Jika kita perhatikan kedua jenis usaha ini dengan sudut pandang tersebut, tentunya anda tidak akan melakukan kesalahan jika melakukan salah satunya. Belum lagi jika kita memperhitungkan resiko bangkrut. Jika pihak franchisor bangkrut, maka anda pun juga terpaksa harus berhenti bekerja sama dengan mereka. Sehingga, hal tersebut harus anda perhitungkan juga dalam perbandingan lebih baik franchise atau usaha sendiri ini. Jika anda telah menentukan lebih baik franchise atau usaha sendiri, jangan pernah menunda nunda keputusan tersebut ya!

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang