SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 30 Mei, 2024

5 Rekomendasi Franchise Sate Ayam Terlaris yang Potensial

Sate ayam adalah salah satu dari banyaknya makanan khas dari warga Indonesia. Tak peduli di daerah pun anda berada, pasti anda tidak akan kesulitan menemukan makanan yang satu ini. Bahkan, sudah banyak sekali turis manca negara yang mengenal dengan baik bagaimana cita rasa dari makanan sate ayam. Popularitas sate ayam yang tinggi ini juga tidak berjauhan dengan fakta bahwa saat ini banyak sekali pelaku usaha yang menjual sate ayam. Tak hanya itu, saat ini pun sudah banyak tersedia juga nih franchise sate ayam potensial yang dapat anda jadikan sebagai mitra berbisnis.

Memang, sate ayam saat ini sudah sangat popular dan dapat anda temukan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Akan tetapi, dengan melihat fakta tersebut tentunya anda juga sadar. Bahwa hal ini menimbulkan persiangan bisnis yang sangat ketat di antara penjual sate. Itulah mengapa, tak sedikit warga Indonesia yang kemudian memutuskan untuk memilih menjadi mitra dari franchise sate ayam. Karena berbagai macam keuntungan yang mereka terima dalam kerja sama kemitraan tersebut.

Walaupun begitu, anda pun juga tidak boleh sembarangan dalam memilih waralaba sate ayam. Karena ada berbagai macam aspek yang harus anda perhitungkan terlebih dahulu. Mulai dari popularitas dari brand tersebut, bantuan yang mereka tawarkan kepada pihak franchisee atau mitra, harga paket usaha, dan berbagai hal lainnya. Nah, apa saja sih kira kira waralaba sate ayam yang dapat anda pertimbangkan ini? Yuk simak baik baik penjelasannya.

Mau Mulai Bisnis Waralaba? Gabung Aja Dengan Sate Ayam Berikut Ini

1. Franchise Sate Ayam Kenangan

Pertama, adalah franchise sate ayam Kenangan. Franchise sate ayam yang berasal dari Banjar, Jawa Barat ini telah menawarkan konsep kerja sama kemitraan sejak bulan Maret, tahun 2010 yang lalu. Pada saat itu, waralaba sate ayam Kenangan masih memiliki 2 outlet milik pusat yang terletak di Banjar. Dari kedua outlet tersebut, mereka berhasil memperoleh omset sebesar Rp 7.2 juta setiap bulannya.

Sekarang, franchise sate ayam ini telah memiliki beberapa mitra yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Tak hanya itu, pihak manajemen pusat pun masih giat mempromosikan tawaran kemitraan dari waralaba sate ayam Kenangan. Selain giat dalam memasarkan kemitraan tersebut, pihak manajemen juga selalu melakukan perbaikan dan optimalisasi pada kemitraan tersebut.

Untuk bergabung menjadi mitra dari franchise sate ayam yang satu ini, anda dapat mempersiapkan modal investasi sebesar Rp 15 juta terlebih dahulu. Dengan modal tersebut, anda akan menerima kontrak kerja sama selama 5 tahun lamanya, serta berbagai macam fasilitas pendukung usaha. Mulai dari gerobak sate, alat pemanggang, bahan baku awal untuk 1 ribu tusuk sate, dan berbagai fasilitas lainnya.

Hebatnya lagi, modal investasi sebesar Rp 15 juta tadi juga termasuk dengan royalty fee selama 5 tahun nih. Kemudian, untuk anda yang ingin memperpanjang masa kerja sama, akan ada royalty fee sebesar Rp 1 juta untuk memperpanjang kontrak selama 5 tahun berikutnya. Pihak manajemen Mulai dari gerobak sate, alat pemanggang, bahan baku awal untuk 1 ribu tusuk sate, dan berbagai fasilitas lainnya. Ini menargetkan harga sate ayam mulai dari Rp 8 ribu, hingga Rp 15 ribu per porsinya. Karena harga tersebut dinilai sudah sesuai dengan berbagai penjual sate ayam pada umumnya.

Dengan harga tersebut, mitra memiliki peluang untuk balik modal dalam kurun waktu 10 bulan saja setelah menjalankan tahap pertama pada bisnis sate tersebut. Namun, mitra juga harus memiliki tempat yang strategis untuk memaksimalkan potensi dari bisnis sate ayam tersebut. Terlebih lagi dengan pihak manajemen Kenangan yang tidak membebani mitra dengan franchise fee ataupun biaya tambahan lainnya.

2. Franchise Sate Ayam Haji Romli

Kedua, yaitu franchise sate ayam Haji Romli. Brand yang satu ini, memiliki kantor pusat yang terletak di kota Jakarta. Sudah ada lebih dari 4 outlet yang tersebar di berbagai wilayah Jawa Barat. Mulai dari daerah Jalan Pulo Raya, belakang Kantor Wali Kota Jakarta Selatan. Hingga outlet mitra lainnya yang terletak di sekitar Taman Sriwijaya 2, Bintaro Sektor III, dan Kuningan.

Sekarang, waralaba sate ayam ini telah berganti nama lagi dan dikenal dengan Sate Rumah Sakit Pusat Pertamina. Salah satu keuntungan menjadi mitra dari franchise sate ayam ini adalah, mereka telah memiliki pelanggan setia. Dengan modal investasi sebesar Rp 5 juta saja. Anda akan memperoleh berbagai macam fasilitas usaha dari waralaba sate ayam ini. Mulai dari peralatan makan, perlengkapan masak, serta pelatihan dari manajemen pusat.

Untuk menu makanan sendiri, franchise sate ayam ini menyediakan satu porsi yang berisi 10 tusuk sate ayam lengkap dengan lontong yang dibanderol dengan harga Rp 12 ribu. Yakni, Rp 10 ribu adalah harga dari 10 tusuk sate, dan Rp 2 ribu adalah harga dari lontong. Nah, anda dapat menjual sate tersebut kepada pelanggan dengan harga yang lebih tinggi. Misalnya saja Rp 20 ribu untuk 1 porsi sate. Dengan begitu, anda pun akan memperoleh keuntungan sebesar Rp 8 ribu dari setiap sate ayam yang terjual.

3. Franchise Sate Taichan Goreng

Ketiga, yakni franchise sate ayam Taichan Goreng. Franchise yang satu ini terbilang sebagai franchise yang paling laris. Bahkan, dalam kurun waktu 1 tahun saja, mereka berhasil endirikan hingga 8 outlet yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Baik itu Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Bandung, serta Surabaya. Dengan konsep restoran mewah, waralaba sate ayam ini berhasil menarik banyak peminat hanya dengan bermodalkan sate taichan saja.

Selain itu, ada banyak sekali kreatifitas yang lahir dari waralaba sate ayam yang satu ii. Seperti halnya dengan menu ikonis mereka yakni sate taichan mozzarella. Kemudian, ada juga berbagai macam menu sate kekinian lainnya. Mulai dari sate taichan teriyaki, taichan wing, sate taichan udang, dan lain lain. Sayangnya, belum tersedia lebar informasi mengenai harga dan syarat untuk menjadi mitra dari waralaba sate ayam ini. Sehingga, anda harus menghubungi pihak manajemen mereka secara langsung.

4. Franchise Sate Taichan Nyot-nyot

Keempat, yaitu franchise sate ayam Taichan Nyot – Nyot. Sama halnya dengan franchise sate ayam sebelumnya, Sate Taichan Nyot Nyot juga memiliki predikat sebagai waralaba sate ayam paling laris di Indonesia. Bahkan, walaupun brand yang satu ini baru pertama kali beroperasi pada tahun 2016 yang lalu. Sudah ada lebih dari 20 outlet yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Hebatnya, di kota Jakarta sendiri sudah tersedia sekitar 6 cabang, disusul oleh 5 cabang lain di kota Tangeran, dan berbagai cabang lainnya di kota kota besar Indonesia. Mulai dari Surabaya, Medan, Krian, Malang, Banjarmasin, Manado, Banjarbaru, dan lain lain. Sayangnya, sama seperti brand franchise sebelumnya, belum ada informasi yang lebih lengkap mengenai franchise sate ayam yang satu ini. Sehingga, anda harus menghubungi pihak manajemen secara langsung untuk menerima informasi lebih lengkap.

5. Franchise Sate Taichan Bengawan

Terakhir namun bukan akhir, adalah franchise sate ayam Bengawan. Menyusul predikat sebagai franchise sate ayam terlaris di Indonesia. Sate Taichan Bengawan sudah memiliki banyak mitra di berbagai kota besar di Indonesia. Misalnya saja di daerah Jalan Bengawan di kota Bandung. Sama halnya dengan brand sebelumnya, waralaba sate ayam ini pun juga tersebar di berbagai kota lainnya dan kerap meramaikan pasar kuliner Indonesia. Mulai dari Surabaya, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Jakarta.

Franchise sate ayam Bengawan sendiri memiliki konsep menu yang simple dan terkesan sederhana. Selain sate berbahan dasar daging, mereka pun juga meyediakan sate berbahan dasar kulit sebagai pelengkap. Dengan rasa pedas dan gurih, hampir seluruh outlet franchise sate ayam ini pun tidak pernah sepi dari kunjungan pelanggan. Untuk memperoleh informasi lengkap mengenai waralaba sate ayam ini seperti halnya harga paket usaha, syarat, fasilitas, dan lain lain. Anda pun juga harus menghubungi pihak manajemen mereka secara langsung.

Jangan Buru Buru Bermitra Dengan Franchise Sate Ayam, Perhatikan Dulu Hal Berikut Ini

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ada banyak sekali hal yang menjadikan franchise sate ayam ini terbilang sebagai salah satu bisnis yang potensial dan menjanjikan. Akan tetapi, anda juga harus sadar bahwa dalam sebuah bisnis, ada yang Namanya keuntungan dan kerugian dalam bisnis tersebut. Karena itulah, untuk membantu perhitungan anda dalam menentukan franchise sate ayam. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan anda terima apabila mendaftar sebagai mitra. Seperti:

Bahan Baku Sate Ayam yang Dapat Dengan Mudah Anda Temukan

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, sate ayam merupakan salah satu dari banyaknya kuliner legendaris bangsa Indonesia. Karena itulah, anda pun dapat dengan mudah menemukan supplier bahan baku di berbagai wilayah Indonesia. Memang, franchise sate ayam umumnya mengharuskan anda untuk mengambil bahan baku dari pihak pusat secara langsung. Akan tetapi, ada juga beberapa franchise yang memperbolehkan anda membeli bahan baku dari pihak luar, asalkan sesuai standart kualitas franchise tersebut.

Tidak Membutuhkan Modal yang Tinggi Jika Ingin Memulai

Menjadi mitra dari franchise sate ayam, tidak membutuhkan modal investasi yang tinggi apabila anda ingin bekerja sama. Karenanya, anda yang masih pemula pun dapat mencoba untuk menjadi mitra dari salah satu brand.

Banyak Sekali Warga Indonesia, Hingga Warga Negara Asing yang Menyukai Sate Ayam

Sudah banyak sekali warga Indonesia, ataupun warga luar negeri yang menyukai makanan yang satu ini. Karenanya, anda pun akan dengan mudah memperoleh pelanggan saat menjalankan bisnis franchise sate ayam.

Sayangnya, selain ada juga beberapa kekurangan yang cukup fatal dalam franchise sate ayam. Seperti halnya:

Sudah Banyak Orang yang Menjalankan Bisnis Sate Ayam

Popularitas yang tinggi juga datang dengan harga yang sangat mahal. Yakni, banyak sekali warga Indonesia yang sudah menjalankan bisnis sate ayam, hampir di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, apabila anda tidak memiliki strategi yang tepat ataupun tempat usaha yang strategis. Besar kemungkinannya kompetitor akan jauh mengungguli anda.

Perang Harga yang Sangat Ketat dan Berpotensi Merugikan Anda

Karena persaingan yang ketat itulah, anda akan sering menemukan adanya perang harga pada bisnis sate ayam. Sehingga, banyak sekali pedagang sate ayam yang hanya memperoleh untung sebesar Rp 500 rupiah saja dari 1 porsi sate ayam.

Analisa Usaha dari Kemitraan Franchise Sate Ayam

Potensi Penghasilan dan BEP

  • Potensi Penghasilan: Potensi penghasilan dari franchise sate ayam bervariasi tergantung pada lokasi dan volume penjualan. Beberapa franchise melaporkan omset bulanan hingga puluhan juta rupiah.
  • Kisaran BEP (Break-Even Point): Umumnya, kisaran BEP untuk franchise sate ayam adalah sekitar 10 bulan. Hal ini bergantung pada harga jual, biaya operasional, dan efektivitas pemasaran.

Fasilitas dan Perlengkapan Usaha

  • Gerobak/Booth: Mitra akan mendapatkan gerobak atau booth khusus dengan desain yang menarik dan sesuai standar brand.
  • Peralatan Masak: Perlengkapan masak lengkap untuk pembuatan sate, termasuk alat pemanggang, kompor, dan alat-alat pendukung lainnya.
  • Bahan Baku Awal: Bahan baku awal untuk sejumlah tusuk sate yang dapat langsung dijual.
  • Promosi dan Media: Bantuan promosi termasuk media promosi seperti neon sign, spanduk, dan brosur.
  • Pelatihan dan Pendampingan: Pelatihan intensif dan pendampingan dalam operasional dan pemasaran bisnis, serta dukungan konsultasi seumur hidup.
  • Seragam dan Lisensi: Mitra akan mendapatkan seragam untuk pegawai dan lisensi penggunaan brand.

Syarat Pendaftaran Mitra

  • Komitmen dan Kemampuan Manajemen: Mitra harus memiliki semangat dan komitmen tinggi dalam menjalankan bisnis, serta kemampuan untuk mengelola operasional sehari-hari.
  • Tempat Usaha: Mitra harus menyediakan tempat usaha dalam bentuk sewa atau kepemilikan pribadi dengan lokasi strategis yang mudah diakses oleh pelanggan.
  • Tenaga Kerja: Menyiapkan tenaga kerja untuk mengoperasikan outlet sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh franchise.

Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftaran: Menghubungi franchise melalui website resmi atau media sosial untuk mendaftar.
  2. Seleksi dan Wawancara: Melalui proses seleksi dan wawancara untuk memastikan kelayakan calon mitra.
  3. Pelatihan: Mengikuti pelatihan yang disediakan oleh pihak franchise untuk memahami operasional dan pemasaran bisnis.
  4. Penandatanganan Kontrak: Menandatangani perjanjian kemitraan untuk memulai bisnis.

Harga Paket Usaha

Paket Investasi Sedang (Rp 15 juta):

  • Kontrak kerja sama selama 5 tahun, dengan fasilitas lengkap seperti gerobak, alat pemanggang, bahan baku awal untuk 1.000 tusuk sate, dan berbagai fasilitas lainnya.
  • Termasuk royalty fee selama 5 tahun.
  • Perpanjangan kontrak dikenakan royalty fee sebesar Rp 1 juta untuk 5 tahun berikutnya.
  • Harga sate ayam berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 15.000 per porsi.

Paket Investasi Rendah (Rp 5 juta):

  • Fasilitas dasar termasuk peralatan makan, perlengkapan masak, serta pelatihan dari manajemen pusat.
  • Harga sate ayam satu porsi (10 tusuk sate dengan lontong) sekitar Rp 12.000, dengan potensi keuntungan sekitar Rp 8.000 per porsi.

Ingin Memiliki Sebuah Bisnis? Daftarkan Diri Anda Sebagai Mitra Franchise

Hubungi Sekarang