SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 11 Juni, 2024

Yuk Simak Potensi Menjanjikan dari Bisnis Franchise 300 Juta

Industri franchise telah menjadi salah satu faktor utama dalam mendorong kegiatan perekonomian dalam skala global. Dengan pertumbuhan yang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir ini, sudah banyak sekali bermunculan brand franchise dari berbagai bidang. Baik itu franchise dengan modal investasi yang hanya membutuhkan ratusan ribu rupiah saja, ataupun juga franchise modal 300 juta.

Perkembangan yang sangat pesat dari bisnis franchise ini tentunya tidak hanya menggambarkan peluang potensial dari franchise itu sendiri. Melainkan, hal ini juga menunjukkan strategi bisnis yang matang, dukungan kuat dari pihak franchisor, serta konsep bisnis kuat yang dapat membangun peluangnya sendiri.

Karena itulah, bagi Anda yang tertarik untuk menjalin kemitraan bersama salah satu bisnis franchise. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi franchise modal 300 juta yang sangat menguntungkan. Apa saja sih kira kira?

Inilah Daftar Franchise Modal 300 Juta yang Sangat Menguntungkan

1. Sari Tebu Jojo Cup

Pertama, adalah franchise modal 300 juta Sari Tebu Jojo Cup. Brand yang telah berdiri pada tahun 2008 lalu ini telah mendirikan lebih dari 20 outlet, di beberapa kota besar di Indonesia. Dalam kemitraannya, franchise modal 300 juta ini menjanjikan mitra balik modal hanya dalam kurun waktu 5 bulan saja.

Bagi mitra yang tertarik dengan franchise modal 300 juta ini, mereka dapat memilih paket usaha senilai Rp 30 juta untuk kontrak 2 tahun. Lalu ada juga Paket Premium dengan harga senilai Rp 60 juta untuk kontrak selama 5 tahun.

Melalui dua paket usaha tersebut, franchise modal 300 juta Sari Tebu Jojo akan memperoleh berbagai macam fasilitas. Mulai dari media promosi, booth, cup sealer, pelatihan dan pendampingan, hingga mesin giling tebu. Yang membedakan adalah desain booth, dimana Paket Reguler merupakan booth untuk minimarket, dan Paket Premium adalah booth untuk Foodcourt.

2. Nasi Uduk Dulie

Dua, yaitu franchise modal 300 juta Nasi Uduk Dulie. Brand yang berasal dari kota Tangerang ini mematok harga investasi untuk calon mitra di angka Rp 70 juta, hingga mencapai Rp 125 juta. Nantinya, bersama dengan franchise modal 300 juta ini mitra akan memperoleh peralatan operasional lengkap, bahan baku awal untuk 100 porsi, pelatihan, dan fasilitas usaha lainnya.

Perlu Anda ketahui juga, franchise modal 300 juta ini telah memulai kemitraan mereka sejak tahun 2014 yang lalu, dan hingga saat ini. Mereka telah memiliki sekitar 5 outlet yang tersebar di wilayah Tangerang, Jawa Barat. Untuk paket senilai Rp 70 juta, Anda akan menerima Paket Mini Resto yang cocok untuk lahan seluas 60 meter. Dan untuk paket usaha senilai Rp 125 juta sendiri, Anda akan menerima Paket Resto Besar yang cocok untuk lahan seluas 90 meter.

3. Nasi Uduk Bu Jamal

Ketiga, franchise modal 300 juta yakni Nasi Uduk Bu Jamal. Brand ini memiliki keuntungannya sendiri, yang mana mitra akan bebas dari franchise fee, ataupun royalty fee agar lebih cepat dalam memperoleh balik modal. Selain itu, mitra pun juga akan memperoleh fasilitas usaha yang sangat lengkap, mulai dari bahan baku, strategi & marketing bisnis, peralatan operasional, dan lain lain.

Untuk paket usaha dari franchise modal 300 juta ini sendiri, mereka menyediakan paket usaha Cloud Kitchen Express dengan harga senilai Rp 29 juta. Nantinya, mitra akan memperoleh fasilitas seperti gerobak, cooler box, akrilik, bahan baku awal, dan lain lain. Kemudian, ada juga paket usaha lengkap dengan harga senilai Rp 168 juta. Dengan fasilitas yang sama dengan paket sebelumnya, ditambah dengan warmer ayam, renovasi kitchen, freezer, chiler showcase, dan lain lain.

4. Franchise Alfamart

Keempat, adalah franchise modal 300 juta Alfamart. Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan franchise Alfamart bukan? Terlebih lagi outlet mereka sudah tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, bisa dibilang bahwa hampir di setiap ujung jalan, Anda akan bertemu dengan salah satu outlet dari waralaba modal 300 juta yang satu ini.

Telah berdiri sejak tahun 1999 yang lalu, kini waralaba modal 300 juta ini telah memiliki lebih dari 11 ribu jaringan bisnis yang terus berkembang setiap saat. Namun, bagi Anda yang ingin menjalin kemitraan dengan franchise Alfamart sendiri, Anda harus memiliki lahan atau tempat usaha. Dengan luas paling tidak menyentuh angka 800 meter persegi.

Terakhir, untuk paket usahanya sendiri franchise Alfamart memiliki beragam pilihan bagi Anda yang ingin menjadi mitra. Mulai dari paket usaha tipe 9 rak dengan harga senilai Rp 300 juta, paket usaha jenis 18 rak dengan harga Rp 350 juta, jenis 36 rak dengan harga senilai Rp 450 juta, dan yang terakhir adalah paket usaha jenis 45 rak yang bisa Anda miliki dengan harga senilai Rp 500 juta. Bagaimana? Tertarik untuk menjadi mitra dari waralaba modal 300 juta yang satu ini?

5. Franchise OMI

Selanjutnya, franchise modal 300 juta yaitu OMI. Bagi Anda yang ingin memiliki minimarket sendiri namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau, maka waralaba modal 300 juta ini bisa jadi pilihan tepat. Bermula dari grup Indogrosir di tahun 2001 lalu, dan mulai menawarkan kerja sama franchise di tahun 2003. Mereka lebih mengincar Masyarakat umum yang ingin memiliki minimarket dengan modal bersahabat.

Uniknya lagi, setiap outlet dari waralaba modal 300 juta ini, mitra memiliki hak untuk menggunakan nama toko mereka masing masing, sesuai dengan keinginan. Tak hanya itu, pihak pusat pun tidak akan ikut campur dengan mitra dalam kegiatan operasional mereka. Adapun untuk menjalin kemitraan dengan franchise OMI, Anda dapat mempersiapkan modal investasi senilai Rp 213 juta, hingga mencapai Rp 333 juta.

6. Pertamina

Terakhir namun bukan akhir, yakni franchise modal 300 juta Pertamina. Brand ini bisa dibilang sebagai salah satu franchise yang sangat menjanjikan. Terlebih lagi dengan semakin tingginya penggunaan kendaraan bermotor di Indonesia, serta harga BBM yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Untuk menjalin kemitraan bersama dengan franchise modal 300 juta ini, Anda membutuhkan banyak persiapan terlebih dahulu. Mulai dari fasilitas, peralatan, tenaga kerja, lahan, dan lain lain. Sehingga, untuk paket Regular sendiri Anda harus mempersiapkan modal investasi senilai Rp 5 miliar, hingga Rp 8 miliar.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika memang benar benar bermitra dengan franchise Pertamina namun dengan modal yang bersahabat. Karena mereka juga memiliki paket Pom Bensin Mini dengan harga mulai dari Rp 250 juta, hingga Rp 500 juta. Walaupun begitu, ada syarat tersendiri bagi Anda yang ingin membeli paket tersebut. Yang mana Anda harus tinggal dan mengoperasikan SPBU tersebut di wilayah terpencil yang belum ada SPBU di sekitarnya.

Analisa Usaha dari Kemitraan Franchise 300 Juta

Perkiraan Break-Even Point (BEP)

Kisaran BEP: Franchise dengan modal 300 juta biasanya menjanjikan BEP dalam waktu sekitar 5 bulan hingga 1 tahun. BEP dapat bervariasi tergantung pada jenis usaha, lokasi, dan strategi pemasaran.

Potensi Penghasilan

Estimasi Penghasilan: Potensi penghasilan dari franchise dengan modal 300 juta bisa bervariasi. Misalnya, franchise makanan dan minuman dapat menghasilkan omset sekitar Rp 90 juta per bulan dengan laba bersih sekitar 27%. Minimarket dan bisnis sejenis juga memiliki potensi penghasilan tinggi tergantung pada lokasi dan trafik pelanggan.

Fasilitas atau Perlengkapan Usaha

Mitra franchise dengan modal 300 juta biasanya mendapatkan berbagai fasilitas dan perlengkapan usaha, antara lain:

  • Peralatan Dapur dan Operasional: Peralatan lengkap seperti booth, cup sealer, mesin giling, cooler box, gerobak, dan lain-lain. Juga termasuk bahan baku awal dan sistem POS kasir.
  • Dukungan Manajemen: Dukungan dari pihak franchisor dalam bentuk pelatihan, pendampingan bisnis, dan strategi pemasaran.
  • Media Promosi: Materi promosi seperti banner, spanduk, dan media sosial.
  • Desain Booth: Berbeda tergantung pada paket yang dipilih, seperti desain booth untuk minimarket atau food court

Syarat Pendaftaran Mitra

Untuk menjadi mitra franchise dengan modal 300 juta, calon mitra harus memenuhi beberapa syarat, yaitu:

  • Tempat Usaha: Memiliki tempat usaha dengan luas yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan franchise, misalnya sekitar 60 hingga 800 meter persegi.
  • Fasilitas Pendukung: Tempat usaha harus memiliki aliran air dan sumber daya listrik yang memadai.
  • Operasional: Menjalankan usaha sesuai dengan jam operasional yang ditentukan oleh pihak franchisor, misalnya dari pukul 11 siang hingga pukul 11 malam.
  • Biaya Join Fee: Membayar biaya join fee yang telah ditentukan oleh franchisor.
  • Proposal Bisnis: Menyiapkan proposal bisnis dan rencana usaha yang akan diajukan kepada pihak franchisor.

Harga Paket Usaha

Franchise dengan modal 300 juta biasanya menyediakan beberapa pilihan paket usaha, seperti:

  • Paket Usaha Kecil: Mulai dari Rp 29 juta hingga Rp 70 juta, termasuk franchise fee dan perlengkapan usaha dasar.
  • Paket Usaha Menengah: Mulai dari Rp 125 juta hingga Rp 213 juta untuk kontrak selama beberapa tahun, termasuk perlengkapan usaha lebih lengkap.
  • Paket Usaha Besar: Mulai dari Rp 250 juta hingga Rp 333 juta untuk kontrak lebih lama dengan fasilitas yang sangat lengkap, seperti renovasi kitchen, freezer, chiller showcase, dan lain-lain.

Keuntungan Bermitra

Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan bermitra dalam franchise dengan modal 300 juta meliputi:

  1. Produk yang Populer dan Berbeda: Produk yang menarik dan berbeda dari kebanyakan, seperti ukuran besar atau variasi topping.
  2. Inovasi dan Varian Produk: Kemampuan untuk memberikan banyak pilihan produk kepada pelanggan, menciptakan pengalaman yang lebih personal.
  3. Kualitas Bahan Baku yang Terjamin: Penggunaan bahan baku berkualitas tinggi untuk menjaga cita rasa dan kualitas produk.
  4. Dukungan dari Pihak Franchisor: Dukungan penuh dalam pelatihan, pemasaran, dan manajemen bisnis.
  5. Pasar yang Teruji: Popularitas yang tinggi di wilayah tertentu yang membuktikan keberhasilan dan kemudahan dalam menjalankan bisnis.
  6. Potensi Keuntungan Menjanjikan: Potensi keuntungan yang tinggi dengan dukungan pemasaran dan nama brand yang sudah dikenal luas.

Ingin Memiliki Sebuah Bisnis? Daftarkan Diri Anda Sebagai Mitra Franchise

Hubungi Sekarang