SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Cara Memulai Bisnis Baju Produksi Sendiri, Pas Buat Sampingan!

Sebelumnya, anda sendiri pastinya sudah sangat familiar bukan dengan istilah bisnis fashion ini. Baik itu konveksi, grosir, butik, dan lain sebagainya. Semuanya pun saat ini dapat anda temukan dengan mudah pada seluruh wilayah Indonesia saat ini. Sekilas, hal ini mungkin akan terdengar bagus bukan, kalau ingin membeli baju baru, anda pun bisa langsung menemukan bisnis baju ini. Namun, bagaimana dengan mereka yang ingin memulai dengan sendiri usaha baju ini? Pastinya persaingan pun akan sangat ketat saat ini. Karena itulah, mereka pun pastinya akan sangat membutuhkan cara tepat memulai bisnis baju produksi sendiri ini.

Sebelum itu, bisnis baju ini merupakan salah satu bidang bisnis, yang peluang nya sangat besar loh pada wilayah Indonesia ini. Katakan saja dengan bentuk usaha baju konveksi ini. Umumnya, anda mungkin berpikir, bahwa konveksi ini adalah usaha baju yang membutuhkan pabrik massal untuk memulainya. Nah, hal tersebut merupakan sebuah hal yang salah besar ya. Karena, saat ini banyak loh usaha koveksi yang berskala rumahan saja.

Sehingga, usaha konveksi ini pun sangat cocok untuk anda jadikan sebagai usaha sampingan untuk menambah penghasilan anda. Kemudian, apabila anda dapat menekuni usaha konveksi ini dengan bermodalkan cara memulai bisnis baju produksi. Maka, usaha yang awalnya rumahan ini, akan bisa naik level loh menjadi usaha pabrikan yang sangat menjanjikan. Apalagi jika anda sudah mempunyai reputasi brand langsung dari konsumen anda.

Nah, Apa Saja Proses Dalam Cara Memulai Bisnis Baju Produksi Sendiri Ini

Nah, Apa Saja Proses Dalam Cara Memulai Bisnis Baju Produksi Sendiri Ini?

Mempelajari Bidang Bisnis

Pertama, cara memulai bisnis baju produksi sendiri adalah mempelajari bidang bisnis fashion. Dunia bisnis, merupakan sebuah dunia yang menuntut para pelakunya agar selalu memiliki persiapan yang matang dalam berkompetisi. Baik itu bisnis kuliner, Kesehatan, pakaian, minuman, hotel, properti, dan lain sebagainya. Nah, pada tahap persiapan ini lah anda nantinya harus mempelajari lagi bidang bisnis pakaian yang akan anda lakukan nantinya. Baik itu peluang pasar, perhitungan modal, Analisa SWOT, dan lain sebagainya. Semua harus anda perhitungkan secara matang pada persiapan bisnis baju saat ini. Sehingga, pembentukan strategi bisnis pun akan lebih mudah lagi dengan adanya persiapan ini.

Perlu anda ketahui juga, bisnis baju ini dinamika nya cukup tinggi juga loh. Sehingga, persiapan ini tidak boleh anda sepelekan fungsi dan perannya. Contohnya saja dengan trend masyarakat ini. Agar bisnis baju anda dapat laku, pastinya anda harus mengikuti seluruh trend yang sedang terjadi bukan? Jika tidak, kompetitor pun pasti akan mengungguli bisnis anda Ketika mereka memanfaat trend yang terjadi saat ini.

Kemudian, ada juga persiapan terhadap tim bisnis dalam usaha baju anda tersebut. Dalam membentuk tim bisnis ini, anda tidak perlu mempunyai sebuah tim yang besar secara langsung. Namun, cobalah untuk memulai dengan tim kecil yang dapat anda pantau langsung perkembangannya. Bukankah akan percuma saja jika anda mempunyai karyawan yang besar namun anda tidak dapat memantau perkembangannya? Hal tersebut akan sangat merugikan bisnis anda bukan?

Persiapkan Peralatan dan Lokasi Untuk Bisnis Anda

Kedua, cara memulai bisnis baju produksi sendiri adalah dengan mempersiapkan alat dan lokasi bisnis. Sebagai cara memulai bisnis baju produksi sendiri, peralatan ini adalah salah satu hal yang wajib ada dalam bisnis baju anda. Karenanya, anda pun harus memastikan juga bahwa anda memiliki alat yang sesuai, untuk jenis bisnis baju yang akan anda mulai nantinya. Kemudian, ada juga lokasi bisnis yang harus anda perhatikan juga. Pastikan bahwa lokasi anda dapat menarik perhatian para konsumen anda saat mereka mengunjungi bisnis baju anda tersebut.

Nah, Apa Saja Alat Dalam Bisnis Baju Ini?

Umumnya, usaha baju sendiri akan memiliki beberapa alat yang akan berbeda beda juga sesuai dengan jenis bisnis anda. Namun, ada beberapa mesin yang harus ada sebagai persiapan dalam cara memulai bisnis baju produksi sendiri. Seperti :

  • Overdeck yang berguna untuk menjahit bagian bawah dan lengan kaos;
  • Neci untuk membuat kerudung;
  • Jahit rantai untuk membuat kaos dan jeans;
  • Bordir untuk membuat bordir pada baju anda;
  • Barteks yang berguna untuk mematikan jahitan;
  • Steam untuk memastikan kualitas dari baju produksi;
  • Potong untuk memotong kain dalam proses pembuatan baju;

Mendapatkan Supplier Bahan

Ketiga, cara memulai bisnis baju produksi sendiri adalah mencari supplier bahan baku. Dalam usaha baju, tentunya anda akan membutuhkan banyak sekali kain dan benang untuk menunjang proses produksi anda. Karenanya, mendapatkan supplier ini adalah salah satu cara memulai bisnis baju produksi sendiri penting untuk bisnis anda tersebut. Dalam hal ini, pastikan bahwa anda menemukan seorang supplier, yang memiliki bahan baku berkualitas untuk usaha anda ya!

Selain itu, pastikan juga bahwa supplier tersebut juga dapat anda percayai, serta harga bahan baku mereka yang cukup terjangkau. Kemudian, lokasi supplier dan bisnis anda pun juga cukup penting juga karena akan langsung berdampak pada biaya pengiriman bahan baku tersebut.

Bagaimana Anda Akan Memasarkan Bisnis Baju Anda Nanti

Keempat, cara memulai bisnis baju produksi sendiri adalah memperhatikan cara memasarkan bisnis. Kemudian, apabila seluruh persiapan sebelumnya ini sudah siap dalam cara memulai bisnis baju produksi sendiri anda. Maka, proses akhirnya adalah dengan menentukan teknik pemasaran dari bisnis baju anda ini nantinya. Perlu anda ketahui, penentuan teknik pemasaran ini akan terasa cukup sulit ya. Terlebih lagi apabila anda benar benar memulai bisnis baju ini dari nol tanpa adanya orang yang mengetahui usaha baju anda tersebut.

Lalu, Tips Berikut Ini Juga Dapat Memudahkan Bisnis Baju Anda Loh!

Selain dengan cara memulai bisnis baju produksi sendiri telah kita bahas sebelumnya, anda pun juga pastinya akan membutuhkan beberapa tips juga. Agar cara memulai bisnis baju produksi sendiri anda ini dapat lengkap. Nah, apa saja tips memulai bisnis baju ini? Berikut penjelasannya!

Buat Konsumen Anda Lebih Percaya Dengan Branding

Seperti halnya dengan berbagai macam bisnis lainnya, seperti halnya konsultan digital marketing. Bisnis baju ini pun juga nantinya akan bergantung kepada kepercayaan konsumen terhadap bisnis anda tersebut. Sehingga, reputasi bisnis baju anda pun nantinya akan meningkat juga dengan semakin banyaknya konsumen yang sudah percaya dengan brand bisnis anda. Nah, dalam proses meningkatkan kepercayaan atau branding ini, anda dapat memulai beberapa hal. Seperti membuat post sosial media, melakukan kerja sama dengan perusahaan terkenal, memberikan informasi terhadap produk baju anda, memberikan testimoni, dan lain sebagainya.

Persiapkan Modal Anda

Modal merupakan salah satu hal penting dalam setiap bisnis, termasuk juga dengan modal bisnis baju ini. Jadi, anda pun harus memperhitungkan lagi bagaimana anda mempersiapkan, dan menggunakan modal anda ini nantinya. Terlebih lagi, modal dari bisnis baju ini umumnya akan sangat besar pada proses produksi dan pemasaran.

Sesuaikan Jenis Produk Bisnis

Sebelumnya, anda sudah mengetahui trend yang sedang terjadi saat ini dalam proses Analisa bisnis. Nah, dengan memperhatikan trend tersebut, anda dapat menyesuaikan lagi jenis produk apa yang akan anda hasilkan dalam bisnis baju ini. Apakah itu baju formal, dress, perayaan, seragam, casual, baju takwa, dan lain sebagainya.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang