SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 26 Agustus, 2022

Cara Membuka Usaha Franchise Minuman Hingga Sukses

Franchise pada bidang kuliner, baik itu makanan atau minuman telah terbukti menjadi menjadi banyak sekali incaran investor Indonesia. Sebab, franchsie ini cenderung lebih mudah terkenal serta memiliki target pasar yang jauh lebih luas. Sehingga, anda yang ingin mencoba untuk memulai usaha ini tidak perlu lagi dengan strategi promosi yang rumit dan bercabang cabang. Memang benar, franchise sendiri mempunyai banyak manfaat untuk pihak mitra atau franchisee. Akan tetapi, bagaimana kira kira cara membuka usaha franchise minuman?

Sebelumnya, telah kita bahas bahwa franchise minuman ini merupakan salah satu jenis franchise yang resiko rugi nya cukup kecil. Karena umumnya usaha franchsie ini menyediakan berbagai macam minuman kekinian yang baru baru ini viral pada kalangan warga Indonesia. Sehingga, anda tentunya tidak boleh melewatkan peluang usaha ini, dengan mencoba untuk mendirikan usaha franchise minuman sendiri. Terlebih lagi franchise ini terbilang jauh lebih mudah ekspansi nya daripada anda harus membuka cabang lain sendirian.

Jika kita bandingkan franchise dengan membuka cabang tersebut secara langsung, tentunya usaha franchsie ini akan jauh lebih unggul. Sayangnya, anda juga harus memahami bahwa cara membuka usaha franchise minuman itu tidak mudah dan membutuhkan beberapa proses juga. Misalnya saja anda harus membangun sebuah brand yang benar benar melekat pada hati masyarakat Indonesia. Serta sudah bertahan minimal 3 tahun dengan brand usaha minuman yang sama.

Jika dalam kurun waktu tersebut ternyata brand usaha anda dapat bertahan pada persaingan pasar serta memiliki komunitas konsumen yang menjanjikan. Maka anda mungkin harus mempertimbangkan untuk mengembangkan usaha tersebut dengan menerapkan sistem franchise ini. Memang benar bahwa membangun sebuah franchise ini tidak mudah. Namun, ada beberapa cara membuka usaha franchise minuman yang dapat anda terapkan. Seperti:

Ingin Ekspansi Bisnis Inilah Cara Membuka Usaha Franchise Minuman!

Ingin Ekspansi Bisnis? Inilah Cara Membuka Usaha Franchise Minuman!

1. Tentukan Terlebih Dahulu, Jenis Minuman Apa yang Ingin Anda Jual

Pertama, hal yang paling pokok dalam cara membuka usaha franchise minuman adalah dengan menentukan jenis minuman yang akan anda jual. Perlu anda catat bahwa perkembangan zaman sekarang ini telah mengubah banyak sekali gaya hidup masyarakat Indonesia sekaligus mempengaruhi selera mereka. Sehingga, anda harus mencoba untuk meneliti, kira kira jenis minuman apa yang dapat mendatangkan keuntungan untuk usaha anda.

Untuk zaman sekarang ini ada beberapa jenis minuman yang cukup viral dan berpeluang besar untuk sukses. Mulai dari minuman cokelat, thai tea, kopi susu, boba, cheese tea, dan lain lain. Namun, anda juga harus memberikan beberapa inovasi lain pada jenis minuman tersebut karena saat ini juga sudah banyak sekali orang yang menjual jenis minuman sama.

Faktanya, orang orang tidak harus mencari sesuatu jika pada tempat tinggal mereka sudah tersedia jawaban atas pencarian mereka. Karenanya, anda juga harus menentukan jenis rasa apa yang sekiranya menjadi favorit dari warga sekitar tempat julana anda. Sehingga, anda nantinya akan memiliki peluang yang besar untuk mempertahankan usaha tersebut.

2. Menciptakan Desain Kios yang Menarik

Kedua, cara membuka bisnis franchise minuman yakni dengan desain kios menarik. Untuk meringankan biaya dan menarik konsumen, banyak sekali usaha franchise yang menerapkan sistem penjualan dengan menggunakan kios. Kios ini berperan sebagai tempat jualan yang dapat menarik perhatian konsumen namun tidak membutuhkan biaya yang tinggi untuk membuatnya. Dengan begitu, calon investor atau mitra usaha franchise anda pun akan lebih tertarik dengan desain kios yang unik dan berbeda.

Pastikan anda menciptakan sebuah kios dengan desain sebaik mungkin agar konsumen lebih tertarik untuk mengunjungi kios tersebut. Tak hanya itu, desain kios ini juga dapat membantu agar konsumen lebih mengenal brand usaha anda meskipun mereka baru pertama melihat kios tersebut. Tak hanya itu, kios ini juga harus menunjang seluruh kegiatan penjualan. Mulai dari, memudahkan proses penyajian minuman, menyimpan barang, menempatkan bahan baku, dan lain lain.

3. Membangun SOP

Ketiga, cara membuka usaha franchise minuman yaitu membangun SOP. Usaha franchise ini sangat mengandalkan adanya SOP agar pihak franchisee dapat mengerti apa yang anda inginkan dalam usaha tersebut. Bahkan, SOP sendiri sudah terbilang menjadi salah satu ciri khas yang selalu ada dalam jenis usaha franchsie ini.

Nantinya SOP ini akan memudahkan pihak franchisee hal apa saja yang harus mereka lakukan untuk memperoleh penjualan yang maksimal. Jadi, SOP ini mempunyai banyak variasi dengan arahan yang berbeda beda. Mulai dari SOP pelayanan, penyajian, produksi, penjualan, pengelolaan usaha, dan lain lain.

4. Memiliki Supply Bahan Baku Berkualitas Tinggi

Keempat, cara membuka usaha franchise minuman adalah memiliki bahan baku berkualitas. Dalam usaha franchise minuman, anda harus benar benar memberikan cita rasa yang khas, agar konsumen dapat tertarik untuk mengunjungi usaha anda lagi. Sehingga, anda tentunya harus menemukan supplier bahan baku minuman dengan kualitas yang tinggi. Agar anda berhasil memberikan cita rasa tersebut dan menarik perhatian konsumen. Namun, jangan lupa juga untuk memperhatikan harga bahan baku tersebut agar biaya yang anda berikan kepada pihak franchisee tidak terlalu mahal.

5. Memeprsiapkan Peralatan Lengkap dan Siap Untuk Penjualan

Kelima, cara membuka usaha franchise minuman yakni mempersiapkan peralatan. Peralatan sendiri menjadi salah satu aspek penting untuk menarik perhatian investor dalam berinvestasi dalam usaha franchise anda. Karena, setiap mitra yang bekerja sama pastinya akan menerima berbagai fasilitas, seperti halnya bahan baku serta peralatan produksi atau penjualan. Karena itulah, dalam cara membuka usaha franchise minuman ini, anda harus mempersiapkan seluruh peralatan berkualitas namun dengan harga yang cukup terjangkau.

Jika anda hanya memperhatikan kualitas saja. Ada kemungkinan besar bahwa usaha franchise ini tidak dapat menarik minat dari investor karena harganya yang mahal. Tak hanya itu, jika anda hanya memperhatikan harga saja. Akan ada masalah lain misalnya saja dengan peralatan yang tiba tiba rusak, atau cita rasa yang kurang sesuai dengan standar kualitas yang telah anda tetapkan. Itulah cara membuka usaha franchise minuman ini bukanlah hal yang mudah dan harus anda perhatikan sebaik mungkin.

6. Membantu Mempromosikan Usaha Mitra

Selanjutnya, cara membuka usaha franchise minuman adalah membantu promosi pihak franchisee. Salah satu daya Tarik franchise adalah mitra usaha dapat terbantu penjualannya karena pihak pusat sering membantu mereka. Dengan berbagai macam promosi sehingga banyak konsumen yang mengetahui usaha mitra tersebut. Karena itulah, anda harus selalu membantu mitra franchsie anda agar mereka dapat memperoleh banyak penjualan dengan melakukan proses promosi ini.

7. Evaluasi Strategi

Terakhir, dalam cara membuka usaha franchise minuman ini adalah dengan melakukan evaluasi strategi. Tak jarang juga beberapa mitra dalam usaha franchise ini akan berhadapan dengan berbagai macam masalah yang dapat menghambat produktifitas mereka. Karena itulah, anda harus selalu berkomunikasi dengan mereka langsung untuk menemukan jalan keluar yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tak hanya itu, anda pun juga dapat menjadikan permasalahan ini sebagai pedoman anda dalam membangun strategi. Agar kedepannya, anda tidak terkendala dengan masalah yang sama 2 kali dalam cara membuka usaha franchise minuman ini.

Ingin Memiliki Sebuah Bisnis? Daftarkan Diri Anda Sebagai Mitra Franchise

Hubungi Sekarang