SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 16 Agustus, 2022

Cara Membuat Usaha Tour dan Travel, Apa Saja yang Harus Siap?

Sayangnya, dengan adanya pandemi COVID 19 yang sangat mengancam pada tahun 2020 hingga 2021 lalu. Usaha tour dan travel sendiri merupakan salah satu bidang usaha yang terkena dampak yang sangat besar. Terlebih lagi dengan himbauan agar masyarakat Indonesia ini harus diam pada rumah mereka untuk menghindari serangan COVID 19 ini. Pastinya, hal ini pun akan sangat merugikan pada bidang usaha tersebut. Terlebih lagi pada mereka yang tidak terlalu memiliki cara membuat usaha tour and travel untuk mempertahankan bisnis mereka.

Beruntungnya, dengan mulai memudarnya COVID 19 ini pada wilayah Indonesia sendiri, banyak sekali pelaku usaha tour dan travel ini berlomba untuk memulihkan usaha mereka. Bahkan, banyak sekali spekulasi yang beredar bahwa usaha ini akan menjadi salah satu usaha yang ramai akan peminat karena keinginan masyarakat Indonesia untuk meninggalkan rumah mereka pada masa pandemi COVID 19 lalu. Tak hanya itu, pemerintah pun pastinya akan menyambut baik juga akan pulihnya usaha ini sebagai salah satu usaha. Yang dapat meningkatkan perekonomian negara Indonesia.

Nah, apabila anda sendiri menaruh minat pada usaha tour dan travel karena peluangnya yang sangat menjanjikan setelah COVID 19 ini. Maka, anda pun pastinya akan membutuhkan juga cara membuat usaha tour and travel ini. Karena itulah, agar impian anda dalam mempunyai usaha ini dapat sukses dan menjadi kenyataan. Artikel ini akan membantu anda dalam memahami berbagai macam cara membuat usaha tour and travel untuk meningkatkan peluang sukses dari bisnis anda. Sehingga, anda pun akan memiliki peluang sukses yang cukup besar walaupun tidak menggunakan jasa konsultan digital marketing. Nah, apa saja kira kira caranya?

Berbagai Cara Membuat Usaha Tour dan Travel Untuk Meningkatkan Peluang Sukses Anda!

Berbagai Cara Membuat Usaha Tour dan Travel Untuk Meningkatkan Peluang Sukses Anda!

Pastikan Usaha Tour dan Travel Anda Sudah Berbentuk PT

Sebelumnya, sebagai salah satu cara membuat usaha tour and travel ini, usaha anda pun harus mempunyai bentuk PT agar terlihat terpercaya. Terlebih lagi pengurusan izin ini pun dapat anda lakukan dengan cukup mudah pada Dinas Perizinan Daerah. Karena itulah, dengan memiliki sebuah bentuk PT dalam usaha anda. Pengurusan perizinan pun nantinya akan menjadi lebih mudah lagi bukan?

Terlebih lagi dengan adanya undang undang yang berlaku tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Perjalanan Wisata. Peraturan tersebut menyebutkan bahwa usaha ini sendiri harus mempunyai bentuk PT atau Perseoran Terbatas. Sehingga, usaha tersebut akan terlihat jelas akan harta pribadi dan juga harta perusahaan dalam bentuk PT tersebut.

Pastikan Anda Mempunyai Akta Pendirian Perusahaan Travel

Kemudian, apabila anda telah mempunyai sebuah perusahaan tour dan travel dalam bentuk PT. Maka, cara membuat usaha tour and travel selanjutnya adalah anda harus mempunyai akta pendirian dari perushaaan tersebut. Kemudian, dalam akta pendirian ini pastikan juga bahwa anda tidak menambahkan bidang usaha lain yang sekiranya tidak memiliki hubungan langsung dengan industri pariwisata ini. Tak hanya itu, dalam akta pendirian ini pun anda juga harus menyantumkan modal juga dengan nominal paling tidak Rp300 juta.ang memutuskan untuk mencari pekerjaan langsung yang sesuai dengan pendidikan mereka. Karena, mereka merasa hal tersebut lebih mudah daripada harus repot repot membangun kerajaan bisnis dari nol ini. Memang benar, hal tersebut sendiri pastinya akan terdengar lebih ringkas lagi daripada mereka bersusah payah membangun bisnis dari nol. Namun, apakah anda tidak ingin mencoba melakukan lompatan besar ini pada karir bisnis anda?

Nah, apabila anda merupakan salah satu orang yang berani dalam mengambil langsung tindakan hebat ini. Maka, anda pun juga harus mempersiapkan juga berbagai macam strategi maupun cara membangun kerajaan bisnis dari nol ini. Karena, peluang dari kesuksesan bisnis yang baru berdiri ini, akan jauh lebih kecil loh apabila anda bandingkan dengan peluang anda menerima pekerjaan dari perusahaan besar. Jadi, tetap siap siaga ya dengan cara membangun kerajaan bisnis dari nol anda!

Dapatkan Juga Izin Domisili Usaha Untuk Usaha Tour dan Travel Anda

Selanjutnya, setelah anda berhasil mendapatkan sebuah akta pendirian ini untuk bisnis anda. Maka, cara membuat usaha tour and travel selanjutnya adalah dengan pengurusan domisili usaha. Sayangnya, banyak sekali usaha UMKM yang gagal memenuhi syarat ini hanya karena modal mereka yang kurang memadahi. Terlebih lagi biaya perizinan ini akan tergantung dengan wilayah tertentu juga. Selain dengan adanya peraturan terhadap larangan menggunakan tempat tinggal pribadi sebagai domisili usaha. Usaha travel agent pun juga harus mempunyai izin gangguan juga yang menyatakan bahwa tempat usaha ini berada pada zonasi usaha.

Memiliki BPJS Tenaga Kerja dan NPWP Perusahaan

Setelah anda mendapatkan domisili usaha ini. Maka, langkah lanjutan dalam cara membuat usaha tour and travel ini adalah dengan BPJS tenaga kerja dan juga NPWP untuk usaha anda. Umumnya, pengurusan perizinan ini pun akan sangat mudah selama anda memenuhi berbagai syarat yang ada pada izin tersebut. Bahkan, anda pun dapat melakukan pengurusan ini melalui media internet juga loh!

Memiliki TDUP BPW Dalam Usaha Tour dan Travel Anda

Lalu, cara membuat usaha tour and travel selanjutnya adalah anda memiliki TDUP BWP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata Biro Perjalanan Wisata). Nah, untuk mendapatkan izin TDUP BPW ini. Pastikan anda mempersiapkan beberapa dokumen. Seperti :

  • Foto Direktur Utama latar belakang merah dengan ukuran 3×4 serta 4×6 masing masing 4 lembar;
  • Undang-Undang Gangguan;
  • Akta pendirian PT;
  • Nomor Pokok Wajib Pajak Badan Usaha;
  • Surat Persetujuan tetangga sekitar;
  • Proposal serta profile PT;
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan;

Perlu anda ketahui juga, TDUP sendiri akan berperan sebagai SIUP usaha tour dan travel anda pada saat pendirian PT atau CV perdagangan umum. Sehingga, TDUP ini pun dapat anda jadikan sebagai pass yang harus ada pada langkah langkah cara membuat usaha tour dan travel anda.

Gabungkan Bisnis Anda Sebagai Anggota ASITA

Terakhir namun bukan akhir, setelah anda memilki semua dokumen perizinan yang lengkap dalam cara membuat usaha tour and travel. Maka, untuk menjadikan usaha travel anda lebih terpercaya lagi. Gabungkan usaha anda ini sebagai anggota dari ASITA atau yang sering dikenal sebagai Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies. Nah, dalam upaya mendaftarkan bisnis sebagai anggota ASITA sendiri. Usaha anda harus memiliki surat izin tetap maupun sementara yang berasal langsung dari Dinas Pariwisata setempat. Kemudian, dalam bergabung menjadi anggota ASITA ini. Maka, anda dapat memilih untuk menjadi anggota penuh (full member), ataupun hanya menjadi peserta saja (associate member). Dengan syarat bergabung yang berbeda beda.

Nah, apabila anda ingin bergabung sebagai full member ASITA. Maka, anda pun harus memiliki sponsor 2 perusahaan yang sudah menjadi full member juga pada organisasi ASITA ini. Selanjutnya, anda dapat mengisi formulir pendafataran dan melengkapi dokumen anda dengan fotokopi dokumen. Mulai dari akta pendirian, izin gangguan, TDUP, serta TDP. Selain itu, anda pun juga harus melengkapi beberapa dokumen tambahan juga. Seperti : sruktur organisasi, status kantor tempat usaha, surat izin tempat usaha, serta daftar riwayat hidup pimpinan maupun tenaga ahli.

Sebaliknya, apabila anda hanya ingin bergabung sebagai anggota peserta saja dalam ASITA ini. Maka, anda pun tidak harus melengkapi persayaratan yang dilakukan oleh full member ASITA. Melainkan, anda pun hanya perlu melengkapi beberapa dokumen saja. Seperti fotokopi akta pendirian, surat izin usaha, dan juga daftar riwayat hidup. Perlu anda ketahui juga, anggota peserta ASITA sendiri pun juga tidak terbentuk dengan usaha tour dan travel saja. Akan tetapi, ada beberapa usaha yang berhubungan namun tidak secara langsung pada industri ini menjadi anggota peserta dalam ASITA. Mulai dari resotran, objek wisata, transportasi, serta pendidikan dan pelatihan yang telah memiliki izin.

Masih Ada Pertanyaan? Hubungi Support Startup

Hubungi Sekarang