SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 25 Mei, 2024

Franchise Tahu Bakso Tawarkan Peluang Bisnis Potensial

Franchise Tahu Bakso – Tahu bakso merupakan salah satu kuliner yang sudah lama popular di kalangan warga Indonesia. Perpaduan antara tahu yang terisi dengan daging bakso yang lezat membuat kuliner ini banyak sekali diminati oleh warga Indonesia. Bahkan, kuliner ini pun juga sempat viral lagi di sosial media berkat inovasi baru yang dihadirkan oleh para penjualnya.

Karenanya, ada beberapa pelaku bisnis yang melihat potensi tersembunyi dari camilan yang satu ini, dan memutuskan untuk menawarkan peluang kemitraan atau franchise tahu bakso. Dengan konsep bisnis franchise tahu bakso, para pelaku bisnis dapat memanfaatkan popularitas yang sangat tinggi dari makanan ini, dan mencoba untuk meraih keuntungan sebanyak mungkin.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis dari camilan tahu bakso, berikut ini adalah beberapa rekomendasi franchise tahu bakso menjanjikan. Serta beberapa Langkah awal yang bisa Anda terapkan sebelum memutuskan untuk menjalin kerja sama bisnis dengan salah satu franchise tersebut. Penasaran? Inilah pembahasannya.

Rekomendasi Franchise Tahu Bakso Pilihan yang Bisa Anda Pertimbangkan

1. Tahu Baso Wow

Pertama, adalah franchise Tahu Bakso Wow. Brand yang satu ini menawarkan camilan tahu bakso yang lengkap dengan berbagai pilihan saus. Dengan mempersiapkan modal investasi senilai Rp 6.5 juta, Anda akan memperoleh fasilitas usaha yang sangat lengkap. Seperti halnya:

  1. Booth dengan branding khusus franchise Tahu Bakso Wow;
  2. Standing banner;
  3. Kompor dan tabung gas;
  4. Peralatan masak lengkap (wajan, saringan, japit, mangkuk aluminium, dan sodet);
  5. Bahan baku untuk 100 pcs berupa tahu bakso, adonan kulit, minyak goreng, dan saus.

Serta nantinya mitra akan memperoleh training dan panduan dalam menjalankan bisnis camilan tahu bakso.

2. Tahu Bakso GORENGANEWS

Kedua, yaitu franchise tahu bakso GORENGANEWS. Brand ini menawarkan camilan tahu bakso krispi yang dibuat dengan resep rahasia. Menjadikan tahu bakso dari GORENGANEWS memiliki cita rasa yang sangat bervariasi dan tidak monoton. Seperti halnya dua bumbu yang popular dari waralaba tahu bakso GORENGANEWS yakni balado dan bumbu keju.

Tak hanya itu, waralaba tahu bakso ini juga menyediakan varian menu bakar yang dibalut dengan olesan kecap dan sambal special dari Gorenganews. Tahu bakso mereka pun tidak hanya dapat dinikmati sebagai camilan saja, namun juga dapat dinikmati bersamaan dengan nasi dengan tambahan topping khusus.

Bagi Anda yang tertarik dengan peluang bisnis tersebut, waralaba tahu bakso GORENGANEWS menghadirkan beberapa pilihan paket usaha yang bisa Anda pertimbangkan. Yakni:

  1. Paket Mantap dengan harga Rp 3 juta;
  2. Paket Maknyus dengan harga Rp 8 juta;
  3. Paket Mukbang dengan harga Rp 10 juta;
  4. Paket Mantul dengan harga Rp 12 juta.

Perlu Anda ketahui juga bahwa harga tersebut adalah harga promo 50 persen selama periode waktu tertentu. Sehingga, harga tersebut dapat berubah lagi menjadi harga normal Ketika waktu promo telah mencapai batas akhir.  

3. Arta Baso Tahu Spesial

Terakhir namun bukan akhir, yakni franchise Arta Baso Tahu Spesial. Bagi Anda yang ingin menjalin kemitraan dengan franchise tahu bakso ketiga ini, Anda dapat mempersiapkan modal investasi senilai Rp 15 juta terlebih dahulu. Nantinya, Anda akan memperoleh paket usaha lengkap dan siap langsung berjualan.

Beberapa fasilitas yang akan Anda terima dari waralaba tahu bakso ini adalah: gerobak eksklusif; peralatan usaha lengkap; kemasan; kaos & topi; spanduk; bahan baku awal untuk 500 pcs; banner; dan lain lain. Sehingga, mitra hanya perlu menyediakan tempat usaha saja, tanpa perlu menyediakan peralatan apapun.

Untuk menu makanan sendiri, waralaba tahu bakso ini menawarkan harga Rp 3 ribu untuk satu buah bakso, namun mitra memiliki kebebasan untuk menentukan harga jual masing masing. Namun, mereka menganjurkan bahwa harga jual tersebut berada di kisaran harga Rp 2.5 ribu, hingga Rp 3.5 ribu saja. Mitra juga dapat menjual bakso dalam bentuk paket, dengan satu paket yang dapat berisi 10 hingga 12 bakso tahu.

Dalam satu hari, waralaba tahu bakso Arta Spesial dapat menjual mulai dari 150, hingga 200 pcs tahu bakso. Sehingga, mitra dapat memperoleh omset sekitar Rp 14 juta, hingga Rp 16 juta per bulan. Dengan laba bersih yang dapat mencapai angka 40 persen. Melalui perhitungan tersebut, Anda pun dapat memperoleh balik modal dalam kurun waktu 4 bulan saja.

Hebatnya lagi, pihak waralaba tahu bakso Arta Spesial juga tidak memungut royalty fee dari mitra mereka. Namun, mitra memiliki kewajiban untuk membeli supply bahan baku langsung dari pihak pusat. Tahu bakso nantinya akan dikirim dalam bentuk frozen food, yang dapat disimpan dalam freezer hingga 1 bulan lamanya.

Langkah Awal yang Bisa Anda Terapkan Sebelum Memilih Franchise Tahu Bakso

Setelah kita membahas beberapa rekomendasi brand franchise tahu bakso, maka selanjutnya adalah langah yang harus Anda pertimbangkan. Adapun Langkah awal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih waralaba tahu bakso yakni :

1. Penelitian Pasar

Lakukan penelitian pasar dalam skala besar untuk membantu Anda dalam memahami potensi pasar dan popularitas tahu bakso di tempat yang akan Anda gunakan untuk berjualan. Analisa beberapa hal seperti persaingan pasar, permintaan konsumen, dan juga preferensi warga sekitar akan tahu bakso.

2. Evaluasi Franchise

Jangan lupa juga untuk mencari berbagai pilihan alternatif dari franchise tahu bakso, periksa seluruh informasi yang tersedia dari franchise tersebut. Mulai dari latar belakang, reputasi franchisor, dan juga pengalaman serta track record mereka dalam bisnis kuliner. Pastikan juga mereka memiliki sistem operasional yang sudah teruji, standar kualitas yang sesuai, dan kebijakan yang dapat Anda terapkan.

3. Analisis Keuangan

Terapkan juga Analisa keuangan menyeluruh untuk membantu Anda dalam memehamai biaya awal, serta biaya berkelanjutan yang berkaitan dengan franchise tahu bakso. Perhatikan biaya investasi yang Anda perlukan, seperti royalty fee, franchise fee, pengeluaran bulanan, dan juga perkiraan pendapatan.

4. Pelatihan dan Dukungan

Pelajari jenis pelatihan dan dukungan yang diberikan oleh pihak franchise tahu bakso kepada mitra. Pastikan pelatihan tersebut menyangkut seluruh aspek bisnis seperti manajemen dan operasonal. Tak hanya itu, pastikan juga bahwa pihak franchisor dapat membantu Anda dapat aspek pemasaran, supply bahan baku, dan perencanaan menu.

5. Perjanjian Franchise

Terakhir, jangan sampai lupa untuk membaca dan memahami seluruh perjanjian franchise yang tersedia sebelum Anda menandatangani kontrak kerja sama. Bahkan, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan badan ahli hukum atau konsultan bisnis. Untuk memastikan seluruh persyaratan, kewajiban, dan hak dari mitra sudah lengkap. Dan tidak ada kecurangan apapun dari pihak franchise tahu bakso.

Analisa Usaha dari Kemitraan Franchise Tahu Bakso

Modal dan Paket Usaha

Waralaba tahu bakso menawarkan beberapa pilihan paket usaha dengan modal investasi yang bervariasi:

  • Paket Rp 3 juta hingga Rp 15 juta: Paket ini mencakup berbagai fasilitas usaha, seperti booth atau gerobak, peralatan masak lengkap, bahan baku awal, dan perlengkapan promosi seperti spanduk dan banner.
  • Harga Promo: Beberapa franchise menawarkan harga promo hingga 50%, sehingga harga paket usaha bisa berubah saat periode promo berakhir.

Fasilitas dan Perlengkapan Usaha

Setiap waralaba tahu bakso memberikan fasilitas usaha yang cukup lengkap untuk mitra mereka, antara lain:

  • Booth atau Gerobak: Dengan branding khusus franchise.
  • Peralatan Masak: Kompor, tabung gas, wajan, saringan, japit, mangkuk aluminium, dan sodet.
  • Bahan Baku Awal: Tahu bakso, adonan kulit, minyak goreng, dan saus untuk jumlah tertentu (misalnya 100 pcs atau 500 pcs).
  • Perlengkapan Promosi: Spanduk, banner, standing banner, dan pakaian seragam (kaos & topi).

Potensi Penghasilan

  • Omset Bulanan: Potensi omset dari bisnis tahu bakso ini dapat mencapai Rp 14 juta hingga Rp 16 juta per bulan, tergantung pada lokasi dan volume penjualan.
  • Laba Bersih: Mitra dapat memperoleh laba bersih sekitar 40% dari omset bulanan.

Kisaran BEP (Break Even Point)

  • Waktu BEP: Waktu untuk mencapai BEP atau balik modal bervariasi antara 4 bulan hingga 1 tahun, tergantung pada kinerja usaha dan strategi pemasaran.
  • Penjualan Harian: Target penjualan harian berkisar antara 150 hingga 200 pcs tahu bakso, yang dapat membantu mitra mencapai omset yang ditargetkan.

Syarat Pendaftaran dan Kewajiban Mitra

  • Modal Investasi: Menyediakan modal investasi sesuai dengan paket yang dipilih.
  • Dokumen Identitas: Menyediakan KTP dan NPWP.
  • Lokasi Usaha: Memiliki atau menyewa lokasi usaha yang strategis.
  • Pelatihan: Mengikuti training dan panduan operasional yang disediakan oleh franchisor.
  • Pembelian Bahan Baku: Membeli supply bahan baku dari pihak pusat, biasanya dalam bentuk frozen food yang bisa disimpan dalam freezer hingga 1 bulan.

Kelebihan Lainnya

  • Training dan Panduan: Franchisor menyediakan pelatihan dan panduan operasional untuk mitra.
  • Variasi Menu: Beberapa franchise menyediakan variasi menu seperti tahu bakso krispi dengan bumbu balado atau keju, serta varian menu bakar dengan olesan kecap dan sambal spesial.
  • Tidak Ada Royalty Fee: Beberapa franchise tidak memungut biaya royalty fee dari mitra, tetapi mitra wajib membeli bahan baku dari pusat.

Ingin Memiliki Sebuah Bisnis? Daftarkan Diri Anda Sebagai Mitra Franchise

Hubungi Sekarang