SupportStartup

Terakhir Diperbarui Pada 22 Mei, 2024

Ingin Berbisnis? 5 Franchise Spa dan Refleksi Ini Wajib Anda Coba

Kecantikan memang menjadi banyak keinginan dari seluruh Wanita Indonesia. Terlebih lagi untuk mereka yang tinggal pada area perkotaan yang padat akan kegiatan dan aktivitas. Adanya kegiatan relaksasi bahkan sehari saja pun akan menjadi sebuah kenyamanan tersendiri setelah melakukan aktivitas yang sangat padat seharian penuh. Hal inilah yang menjadi salah satu peluang menjanjikan bagi anda yang tertarik menjadi mitra dari franchise spa dan refleksi.

Karena, spa sendiri merupakan salah satu pelayanan menyehatkan bagi tubuh yang banyak menjadi incaran bagi warga kota di Indonesia. Dengan mengunjungi spa, mereka pun dapat melakukan perawatan tubuh, menjaga Kesehatan, serta melakukan relaksasi secara penuh.

Karena itulah, untuk anda yang tertarik dalam membangun bisnis spa namun tidak memiliki pengalaman yang memadahi. Bekerja sama dengan franchise spa dan refleksi pun dapat anda jadikan sebagai pilihan yang sangat tepat. Karena, semua persiapan dalam pembangunan bisnis akan menjadi tanggung jawab dari franchise spa dan refleksi. Mulai dari SOP, branding, peralatan bisnis, dan lain lain. Nantinya, anda hanya perlu membayar paket usaha saja kepada franchise spa dan refleksi yang akan anda jadikan sebagia mitra. Nah, ada beberapa daftar rekomendasi franchise spa dan refleksi yang wajib anda pertimbangkan untuk menjadi mitra. Yakni:

Jangan Takut Gagal, 5 Franchise Spa dan Refleksi Ini Akan Membantu Anda Hingga Sukses

1. Bambu Spa

Pertama, adalah franchise spa dan refleksi Bambu Spa. Untuk franchise spa dan refleksi yang pertama ini, mereka pertama kali berdiri sejak 8 Agustus tahun 2008 lalu. Saat ini, sudah berdiri sebanyak 18 outlet yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Mulai dari Bali, hingga Jakarta. Bahkan, franchise spa dan refleksi ini pun sudah berhasil mendirikan outlet di Manila, Filipina juga.

Berbeda dari beragam brand spa dan refleksi lainnya, Bambu Spa sendiri menawarkan konsep perawatan yang unik. Yakni, mereka menggunakan bambu untuk melayani berbagai pengunjungnya. Hal yang tidak dapat anda temukan jika berkunjung pada brand spa & refleksi lainnya. Trisya, pendiri dari Bambu Spa sendiri berpendapat bahwa bambu merupakan media yang baik untuk pemijatan, karena jauh lebih stabil daripada tangan.

Selain dengan treatmen yang unik, franchise spa dan refleksi ini juga memiliki sertifikasi tingkat nasional. Yang tentunya dapat meyakinkan pengunjung yang ingin melakukan perawatan tubuh. Untuk modal investasi sendiri, franchise spa dan refleksi ini menawarkan paket usaha senilai Rp 150 juta, hingga Rp 500 juta. Sesuai dengan paket usaha yang anda pilih nantinya. Modal investasi tersebut nantinya sudah termasuk dengan sewa tempat, renovasi interior, izin usaha, perlengkapan, pajak, serta royalty fee 10 persen setiap bulan.

2. DeWave

Kedua, franchise spa dan refleksi yakni DeWave. DeWave sendiri sudah sangat terkenal luas sebagai salah satu brand Spa, Massage, dan Reflexology Nasional. Bahkan, waralaba spa dan refleksi ini sudah memiliki hingga lebih dari 35 ribu member di seluruh wilayah Indonesia. Nah, penghasilan yang dapat anda terima jika bekerja sama dengan waralaba spa dan refleksi ini pun dapat mencapai puluhan juta rupiah per bulannya.

Saat ini, waralaba spa dan refleksi ini sudah memiliki hingga lebih dari 15 outlet di seluruh Indonesia. Mulai dari Kudus, Pangandaran, Makassar, Jakarta, dan lain lain. Sayangnya, DeWave sendiri tidak memberikan informasi yang cukup lengkap mengenai harga paket usaha mereka. Sehingga, anda pun harus menghubungi pihak pusat secara langsung untuk memperoleh informasi tersebut.

3. Taman Sari Royal Heritage Spa

Ketiga, franchise spa dan refleksi yaitu Taman Sari Royal Heritage Spa. Brand yang satu ini merupakan anak peruahaan dari PT Mustika Ratu. Yakni sebuah perusahaan besar yang sudah dari sulu terjun dalam industri kecantikan Tanah Air. Lalu, pada tahun 2000 an lalu, PT Mustika Ratu pun berusaha melebarkan sayap mereka dengan menyediakan waralaba spa dan refleksi.

Yang membedakan Taman Sari Royal Heritage dengan beberapa brand spa lainnya adalah mereka menerapkan konsep budaya Jawa yang lebih terlihat jelas. Sehingga, program pelayanan relaksasi pun cenderung lebih mengarah kepada pelayanan spa tradisional daripada spa modern. Hingga saat ini, Taman Sari Royal Heritage sudah mendirikan hingga lebih dari 27 outlet di berbagai wilayah Indonesia. Bahkan, kabarnya mereka memiliki rencana untuk mendirikan 5 cabang baru lagi.

Popularitas dari waralaba spa dan refleksi ini dapat terlihat jelas dari persebaran outlet yang mereka miliki. Karena, selain di berbagai wilayah Indonesia mulai dari Jawa hingga Papua. Waralaba spa dan refleksi ini juga memiliki outlet yang tersedia di negara Malaysia, Ceko, Jepang, Kanada, serta Bulgaria. Untuk anda yang berminat, anda dapat mempersiapkan modal investasi sebesar Rp 1.73 milliar terlebih dahulu. Nantinya, akan ada royalty fee bulanan sebesar 5 persen untuk para mitra mereka.

4. Martha Tilaar Spa

Keempat, franchise spa dan refleksi yakni Martha Tilaar Spa. Brand yang satu ini juga sudah lama terjun dalam industri kecantikan di Indonesia. Yakni, waralaba spa dan refleksi yang berada pada naungan dari PT Cantika Puspa Pesona ini sudah berdiri sejak tahun 2005 lalu.

Salah satu kelebihan yang paling penting dari waralaba spa dan refleksi Martha Tilaar Spa adalah konsep perawatan mereka yang tidak hanya berasal dari budaya Jawa. Namun, mereka pun juga memadukan beragam budaya dari negara lainnya. Seperti India, ataupun juga Cina. Untuk pelayanan dengan Teknik dari India, mereka menerapkan Teknik ayuverda. Sedangkan untuk negara China, mereka menerapkan coin therapy, pijat tui na, kuai zi, akupuntur, serta acupressure.

Untuk sekarang, waralaba spa dan refleksi ini sudah memiliki hingga lebih dari 75 outlet di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk anda yang tertarik mendaftarkan diri sebagai mitra, ada dua pilihan paket usaha yang dapat anda pilih. Yakni paket Martha Tilaar Salon Day seharga Rp 420 juta. Serta Paket Martha Tilaar Express dengan modal investasi sebesar Rp 340 juta.

5. Royal Garden Spa

Terakhir namun bukan akhir, adalah franchise spa dan refleksi Royal Garden Spa. Brand spa dan refleksi yang sudah berdiri sejak tahun 2009 lalu ini, cenderung mengutamakan layanan spa untuk keluarga. Berada pada naungan Anita Feng, pendiri dari Royal Garden Spa, mereka berhasil mendirikan hingga lebih dari 40 outlet di berbagai wilayah Indonesia.

Anita Feng pun juga mengatakan bahwa saat ini, franchise spa dan refleksi Royal Garden Spa berhasil meraih profit hingga Rp 30 juta setiap bulannya. Profit yang menjanjikan tersebut, juga ternyata datang dengan modal investasi yang cukup bershabat untuk para mitra mereka. Yakni, berkisar antara Rp 266 juta, hingga Rp 386 juta.

Analisa Usaha dari Kemitraan Franchise Spa dan Refleksi

Memulai bisnis waralaba spa dan refleksi bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin terjun dalam industri kecantikan dan kesehatan. Berikut adalah informasi umum mengenai beberapa waralaba spa dan refleksi yang potensial, dengan rincian mengenai BEP, potensi penghasilan, fasilitas yang diperoleh, syarat pendaftaran, dan harga paket usaha.

Harga Paket Usaha

Modal Investasi: Paket usaha untuk waralaba spa dan refleksi bervariasi dari Rp 150 juta hingga Rp 1,73 miliar, tergantung pada skala dan fasilitas yang ditawarkan. Ada juga pilihan paket dengan modal investasi mulai dari Rp 266 juta hingga Rp 500 juta untuk beberapa brand.

Fasilitas atau Perlengkapan Usaha

Mitra akan mendapatkan berbagai fasilitas untuk memulai bisnis spa dan refleksi, seperti:

  • Sewa tempat dan renovasi interior.
  • Perlengkapan spa dan peralatan pijat.
  • Izin usaha dan pajak.
  • Royalty fee yang berkisar antara 5% hingga 10% dari pendapatan bulanan.
  • Dukungan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan operasional.
  • Bahan baku dan produk berkualitas untuk layanan spa.

Syarat Mendaftar

Untuk menjadi mitra waralaba spa dan refleksi, calon mitra biasanya harus:

  • Mempersiapkan modal investasi sesuai dengan paket yang dipilih.
  • Menghubungi pihak franchisor untuk mendiskusikan detail kemitraan dan menyesuaikan fasilitas yang akan diperoleh.
  • Menyediakan lokasi usaha yang strategis dan memenuhi persyaratan luas tempat usaha.
  • Mengikuti pelatihan yang disediakan oleh pihak franchisor untuk menjaga standar layanan.

Potensi Penghasilan dan BEP

Potensi Penghasilan: Penghasilan yang bisa diperoleh dari waralaba spa dan refleksi sangat bervariasi tergantung pada lokasi, strategi pemasaran, dan kualitas layanan. Beberapa mitra dilaporkan bisa meraih penghasilan hingga puluhan juta rupiah per bulan.

Kisaran BEP: Waktu untuk mencapai Break Even Point (BEP) atau balik modal umumnya berkisar antara 1 hingga 2 tahun, tergantung pada kinerja operasional dan strategi bisnis yang diterapkan.

Produk dan Variasi Layanan

Waralaba spa dan refleksi menawarkan berbagai layanan dan produk unik, seperti:

  • Perawatan tubuh menggunakan bambu, yang memberikan stabilitas lebih baik dibanding tangan.
  • Konsep spa tradisional Jawa dengan sentuhan modern.
  • Perawatan yang menggabungkan teknik dari berbagai budaya, seperti Ayurveda dari India dan terapi akupuntur dari China.
  • Fokus pada layanan spa keluarga dengan fasilitas lengkap untuk semua anggota keluarga.

Ingin Memiliki Sebuah Bisnis? Daftarkan Diri Anda Sebagai Mitra Franchise

Hubungi Sekarang